Pengertian Analogy Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Selamat pagi sobat, dalam kesempatan kali ini kita akan mempelajari bersama pengertian Analogy yang merupakan salah satu dari sekian banyak rhetorical device dalam Bahasa Inggris beserta beberapa contohnya. Pemahaman akan konsep Analogy menurut saya sangatlah penting bagi semua orang, karena berdasarkan sifat nya, sebuah Analogy bisa membantu kita dalam menyederhanakan konsep yang sulit atau terlalu kompleks untuk dipahami.

Selama ini, saya yakin kita pasti sudah pernah mendengar istilah Analogy dalam keseharian kita. Tapi, apa kita sudah benar-benar tau seperti apa sih yang dimaksud dengan Analogy itu? Dan seperti apa contohnya. Nah, untuk mengawali pembahasan materi kita kali ini, saya akan berikan sebuah contoh Analogy yang saya yakin kita semua sudah pernah mendengarnya. Analogy yang saya maksud adalah “Life is like a Race” atau dalam Bahasa Indonesia nya kita terjemahkan dengan “Hidup itu layaknya sebuah perlombaan”. Bagaimana sobat? Sudah pernah kan mendengar contoh Analogy di atas? Saya yakin sekarang kamu sudah mulai memiliki gambaran sendiri ya di pikiranmu tentang seperti apa Analogy itu sebenarnya. Kalau begitu, yuk langsung saja kita baca penjelasan singkat tentang Analogy dan contohnya berikut ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Analogy

Pengertian Analogy Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Analogy

Analogy adalah perbandingan antara dua hal dengan tujuan untuk memperlihatkan persamaan antara keduanya. Biasanya yang dibandingkan dalam sebuah Analogy adalah konsep yang dianggap sulit untuk dipahami dengan sebuah konsep lain yang dianggap lebih mudah dipahami, karena sesuai dengan tujuan atau fungsinya, sebuah Analogy digunakan untuk “menyederhanakan” hal yang bersifat kompleks.

Related: Pengertian Dan Penggunaan To Be Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Analogy ternyata sering kali dianggap sama dengan dua figurative language lainnya dalam Bahasa Inggris yang juga bersifat membandingkan yaitu Simile dan Metaphor. Pendapat ini menurut saya tidak salah, namun bagi yang menganggap ketiganya sebagai hal yang berbeda, menurut saya pedapat tersebut juga sangat beralasan, karena ternyata pembetukan sebuah Analogy tidak terlepas dari penggunaan Simile ataupun Metaphor. Mengutip definisi Analogy pada website literarydevices(dot)net yang menyatakan bahwa “Metaphors and Similes are tools used to draw an Analogy”, hal ini menunjukkan bahwa cakupan Analogy itu lebih luas jika dibandingkan dengan Metaphor ataupun Simile, namun keduanya merupakan unsur yang digunakan dalam proses pembentukan Analogy tersebut.

Hal yang penting untuk kita ingat saat sedang membahas Analogy adalah: 1. Analogy membandingkan dua hal atau konsep yang sangat jauh berbeda, dan 2. Tujuan dari sebuah Analogy adalah “explanation” atau penjelasan terhadap suatu konsep agar konsep tersebut bisa dipahami dengan lebih mudah dengan cara membandingkannya dengan suatu hal yang lebih familiar atau lebih dikenal oleh pembaca.

Contoh Analogy Dalam Bahasa Inggris

Beberapa Analogy berikut ini saya ambil dari Analogy dalam Bahasa Indonesia. Saya harap hal ini akan mempermudah sobat semua dalam memahami konsep Analogy lebih dalam.

“Finding the right person is like finding a Needle in a Haystack.”

(Menemukan orang yang tepat itu bagaikan mencari sebuah jarum di tumpukan jerami.)

“as useless as throwing salt into the ocean.”

(Sama tak berguna nya dengan menabur garam di lautan.)

“Just as the night comes when it is the time, everything will happen on the right time.”

(Seperti malam yang tiba pada waktunya, semua hal akan terjadi pada waktunya.”

“The tongue is as sharp as a sword”

(Lidah itu setajam pedang.)

“Just like the water ended up in the ocean, life will always find its way.”

(Seperti air yang berakhir di lautan, kehidupan akan selalu menemukan jalannya.)

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas penjelasan tentang pengertian Analogy dan contohnya dalam Bahasa Inggris, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini hingga akhir, sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya. Jika masih ada waktu luang, silahkan baca juga Pengertian Allusion Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Analogy Examples – http://examples.yourdictionary.com/analogy-ex.html – Diakses tanggal 22 Oktober 2018
  2. 10 Analogy Examples – https://www.examples.com/education/analogy-examples.html – Diakses tanggal 22 Oktober 2018
  3. Analogy – Examples and Definition of Analogy – https://literarydevices.net/analogy/ – Diakses tanggal 22 Oktober 2018
  4. What is an Analogy? Definition, Examples of Analogies in Literature – https://writingexplained.org/grammar-dictionary/analogy – Diakses tanggal 22 Oktober 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *