Pengertian Allusion Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Allusion adalah figure of speech atau “majas” yang tidak mudah untuk dipahami. Dibutuhkan pengetahuan yang luas bagi seorang pembaca untuk bisa memahami contoh Allusion yang digunakan oleh seorang penulis dalam karya tulisannya. Namun, bukan berarti hal ini akan menjadi hal yang begitu berat dan sulit untuk dipelajari, karena tidak sedikit juga contoh Allusion yang ternyata masih berkaitan dengan informasi umum dari keseharian kita yang tentunya bisa kita tangkap maknanya denga mudah.

Sebelum membahas lebih jauh, kita perlu tau terlebih dahulu apa pengertian dari Allusion ini. Karena, meski setiap figure of speech atau majas akan berkaitan dengan “makna” tersirat, namun sudah pasti masing-masing majas bekerja dengan cara yang berbeda. Misalnya saja Oxymoron yang merupakan penggabungan dari dua hal yang memiliki makna kontradiktif atau berlawanan. Lalu, seperti apa ya yang dimaksud dengan Allusion itu? Jadi penasaran kan? Yuk langsung saja simak penjelasan singkatnya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Definition and Examples of Allusion

Pengertian Allusion Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Allusion

Allusion adalah rhetorical device yang berbentuk rujukan (reference) terhadap suatu tempat, seseorang, maupun suatu kejadian yang terkenal dan dianggap sebagai sebuah pengetahuan umum dan dipahami oleh banyak orang. Dalam penggunaannya, seorang penulis ataupun pembicara sering sekali merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan peristiwa sejarah, keagamaan, kebudayaan, bahkan hingga termasuk hal yang bersifat fiksi, seperti folklore yang terkenal dan masih banyak lagi.

Related: Penjelasan Lengkap Tentang Intensifier Dalam Bahasa Inggris

Biasanya, Allusion ini digunakan oleh penulis atau pembicara untuk menyampaikan suatu pemikiran tanpa harus menggunakan kalimat atau penjelasan yang terlalu panjang. Misalnya saja dalam kalimat berikut ini “Ya maaf lho, aku ini bukan Superman!” Dalam ucapan di atas, yang kita sebut sebagai Allusion adalah kata “Superman” yang merujuk pada tokoh fiksi pahlawan super yang memiliki kekuatan dan kecepatan yang sangat tinggi. Dengan mendengar atau membaca ucapan yang mengandung Allusion di atas, maka pembaca ataupun pendengar akan langsung menangkap bahwa yang ingin diungkapkan adalah “betapa terbatasnya kemampuan yang aku miliki”.

Bagaimana sobat, sekarang sudah semakin jelas kana pa yang dimaksud dengan Allusion itu. Nah contoh yang saya berikan di atas, sengaja saya buat dalam Bahasa Indonesia, dengan tujuan memudahkan sobat untuk memahami konsepnya terlebih dulu. Oh ya, seperti yang sudah diterangkan di atas bahwa manfaat Allusion bagi penulis adalah efisiensi. Sedangkan untuk pembaca, manfaatnya adalah memperluas pengetahuan si pembaca tersebut serta memperkuat ingatannya akan pengetahuan umum yang sudah dimilikinya selama ini, karena seperti yang kita ketahui bersama, untuk memahami makna sebuah Allusion yang digunakan dalam sebuah kalimat, pembaca haruslah memiliki pengetahuan akan hal yang sedang di rujuk tersebut. Bayangkan saja jika kita adalah orang yang sama sekali tidak mengenal tokoh “Superman” tentu kita tidak bisa menangkap makna dari kalimat yang saya jadikan contoh di atas.

Itulah tadi pengertian Allusion, saya harap penjelasan singkat ini bisa dipahami dengan mudah ya sobat. Sekarang saatnya kita mengamati beberapa contoh Allusion dalam Bahasa Inggris. Yuk kita uji, seberapa banyak contoh Allusion yang bisa kamu identifikasi dalam kumpulan contoh di bawah ini dan seberapa banyak yang bisa langsung kamu pahami maksudnya tanpa harus mencari penjelasannya di Google search engine.

Contoh Allusion Dalam Bahasa Inggris

“I wish that I can recover from my injury just like Wolverine.”

Allusion: Wolverine – A Marvel Comics character in X-Men who has super regeneration ability.

“Your house is just like Disneyland.”

Allusion: Disneyland – An amusement park designed based on the scenery in Disney’s stories.

“Well, It’s like the aftermath of World War II.”

Allusion: World War II – A condition after the World War II where everything is chaotic.

“A hit man won’t take a Prius.”

Allusion: Prius – A brand of car from Toyota which considered to be a family man’s tipical.

“His brain is using Core i7.”

Allusion: Core i7 – Currently the fastest computer processor by Intel Corporation.

Oke deh sobat, itulah sekilas contoh Allusion dalam Bahasa Inggris yang bisa saya sajikan, saya harap beberapa contoh ini bisa membantumu untuk lebih memahami pengertian Allusion. Jika kamu merasa contoh yang say sajikan masih terlalu sedikit, kamu bisa mencoba membuat contoh Allusion sendiri dan bisa kamu tambahkan lewat kolom komentar di bawah. Atau kamu bisa juga mencarinya di internet. Terimakasih atas waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca tulisan kali ini hingga selesai, semoga artikel ini bermanfaat. Sampai ketemu lagi dan jangan lupa baca Pengertian Alliteration Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Examples of Allusion – http://examples.yourdictionary.com/examples-of-allusion.html – Diakses tanggal 21 Oktober 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *