Pengertian Alliteration Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Halo sobat, dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas pengertian serta contoh Alliteration dalam Bahasa Inggris. Sebelum kita masuk ke pambahasan materi, saya ingin bertanya, apakah sobat tau apa yang dimaksud dengan Alliteration itu? Mungkin sebagian orang masih tidak familiar dengan istilah ini ya, padahal sebenarnya, kita semua mungkin sudah pernah menjumpai salah satu contoh Alliteration lho dalam keseharian kita, terutama jika kita adalah penggemar film Hollywood.

Alliteration selama ini lebih kita kenal dengan sebutan “Tongue Twisters”. Bagi guru Bahasa Inggris di Indonesia, istilah Tongue Twisters bisa dibilang lebih popular ketimbang Alliteration. Dan saya yakin sekali bahwa hampir semua guru Bahasa Inggris pasti pernah menggunakan Alliteration atau Tongue Twister ini sebagai game di kelas. Setelah mendengar nama lainnya ini, saya yakin sekarang sobat sudah ada gambaran ya tentang apa yang akan kita bahas dalam artikel kali ini, kalau begitu yuk kita langsung pelajari bersama pengertian Alliteration dan contohnya dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Examples Of Alliteration

Pengertian Alliteration Dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Alliteration

Alliteration adalah serangkaian kata-kata dengan bunyi konsonan yang sama di bagian awalnya. Salah satu contoh yang mungkin sudah pernah kita dengar misalnya “She sells seashells by the sea-shore” yang merupakan pengulangan dari bunyi “S”. Nama “Alliteration” ini berasal dari sebuah kata dalam Bahasa Latin yaitu “littera”  yang artinya “huruf dalam alphabet”. Alliteration juga merupakan salah satu dari sekian banyak rhetorical device yang sering digunakan dalam tulisan oleh para penulis, terutama para penulis ahli dan terkenal, untuk menambahkan efek tertentu dalam tulisannya. Salah satu efek yang mungkin ingin dicapai oleh seorang penulis dengan menggunakan Alliteration atau Tongue Twister ini adalah memberikan hiburan bagi pembaca, karena pada saat menemui serangkaian kata dengan awal yang sama, secara naluriah tentu pembaca akan tertantang untuk menyuarakan atau mengucapkannya.

Related: Direct Dan Indirect Questions Dalam Bahasa Inggris

Meski selama ini Alliteration kita kenal sebagai Tongue Twister dan terkesan seperti permainan, tapi ternyata bagi seorang penulis, Alliteration bisa digunakan untuk menekankan sesuatu yang penting yang ingin ia sampaikan pada pembaca dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, Alliteration juga ternyata bisa digunakan untuk membentuk sebuah nama merek (Brand Name) yang “catchy” atau menarik.

Jika kita ingin megetahui apakah sebuah kalimat itu merupakan Alliteration atau bukan, maka cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mencoba mengucapkannya. Jika rangkaian kata tersebut diawali dengan bunyi konsonan yang sama dan berulang, maka ia merupakan Alliteration. Ada hal yang perlu kita ketahui terkait dengan proses mengidentifikasi Alliteration:

Yang pertama, perlu kita ketahui bahwa dalam sebuah rangkaian kata yang kita kategorikan kedalam Alliteration, tidak semua kosakata yang muncul harus bersifat alliterative. Ini artinya, meski dalam rangkaian kata tersebut muncul kosakata dengan bunyi yang berbeda, seperti misalnya dalam rangkaian kata tersebut muncul pronoun, preposition atau bahkan noun yang berbeda bunyi di bagian awal, kalimat atau rangkaian kata tersebut masih tetap bisa mempertahankan efek alliterative nya.

Yang kedua, perlu kita ingat bahwa Alliteration adalah tentang pengulangan bunyi konsonan dan bukan pengulangan huruf. Hal ini berarti, sebuah kata tidak harus diawali dengan huruf yang sama untuk menjadi Alliterative dengan kata lainnya, asalkan bunyi yang dihasilkan sama, maka dia bisa bersifat alliterative. Contohnya: Yale University, karena Huruf “U” dalam “University” akan menghasilkan bunyi “Y” atau yang disimbolkan dengan “j”. Contoh lain misalnya : “Finn fell for Phoebe”.

Yang Ketiga, seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa Alliteration juga sering digunakan dalam membentuk Brand Name, maka sebuah Alliteration tidak harus selalu berbentuk kalimat yang panjang, frasa yang terdiri dari dua kata pun bisa menjadi Alliteration.

Contoh Alliteration Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa contoh Alliteration dalam Bahasa Inggris, baik dalam bentuk kalimat, maupun dalam nama merek (Brand Name) dan nama terkenal (Famous Name). Silahkan baca dan perhatikan satu persatu.

Contoh Alliteration Panjang

Fred Fed Ted Bread And Ted Fed Fred Bread

Peter Piper picked a peck of pickled peppers

Stellar students synthesize sweet sentences

When I do count the clock that tells the time

But a better butter makes a batter better

A big bully beats a baby boy

Contoh Alliteration Dalam Bentuk Phrase dan Quote

Busy as a bee

Dead as a doornail

Get your goat

Give up the ghost

Good as gold

Home sweet home

Last laugh

Leave in the lurch

Mad as a March hare

Make a mountain out of a molehill

Method to the madness

Moaning Minnie

Neck and neck

Not on your nelly

Out of order

Pleased as punch

Pooh-pooh

Primrose-path

Right as rain

Ride roughsod

Contoh Alliteration Dalam Bentuk Nama Merek (Brand Name)

American Airlines

Best Buy

Coca-Cola

Dunkin’ Donuts

Krispy Kreme

Paypal

Contoh Alliteration Dalam Bentuk Nama Terkenal

Donald Duck

Fred Flintstone

Kim Kardashian

Lois Lane

Luna Lovegood

Marilyn Monroe

Mickey Mouse

Peter Parker

Ryan Reynolds

Spongebob Squarepants

Oke deh sobat, sampai disini pembahasan tentang pengertian dan contoh Alliteration dalam Bahasa Inggris, mudah-mudahan penjelasan serta contoh yang ada di artikel kali ini bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih atas waktu yang telah kamu luangkan untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Sampai ketemu lagi dalam artikel menarik lainnya dan jangan lupa untuk membaca artikel yang berjudul Oxymoron Dan Berbagai Contohnya Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Alliteration Examples – http://examples.yourdictionary.com/alliteration-examples.html – Diakses tanggal 18 Oktober 2018
  2. Alliteration – https://en.wikipedia.org/wiki/Alliteration – Diakses tanggal 18 Oktober 2018
  3. Definition of Alliteration by Merriam-Webster – https://www.merriam-webster.com/dictionary/alliteration – Diakses tanggal 18 Oktober 2018
  4. Alliteration – Examples and Definition of Alliteration – https://literarydevices.net/alliteration/ – Diakses tanggal 18 Oktober 2018
  5. Alliteration – https://www.vocabulary.com/dictionary/alliteration – Diakses tanggal 18 Oktober 2018
  6. Tongue Twisters – https://www.ecenglish.com/en/social/blog/ec-central/2015/12/01/tongue-twisters – Diakses tanggal 18 Oktober 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *