Pembentukan Adverb Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya


Pembentukan adverb atau yang dalam istilah Bahasa Inggris nya lebih dikenal dengan sebutan Forming Adverbs merupakan suatu proses pengubahan kata kata dalam Bahasa Inggris yang menghasilkan kata baru berupa adverb (kata keterangan) dengan menerapkan aturan tertentu. Dengan mengingat aturan dalam pembentukan suatu adverb, maka kita akan lebih mudah nantinya untuk mengenali jika di dalam suatu teks bacaan yang kita temui terdapat kosakata adverb.

Dengan mempelajari cara pembentukan suatu adverb dalam Bahasa Inggris, kita akan mengenal lebih banyak contoh adverb, dan menurut kami hal ini sangat penting lho bagi kita. Jika kita bisa menghapalkan lebih banyak contoh kosakata adverb, maka kita akan bisa memberi variasi dalam kalimat yang kita gunakan. Hal ini sejalan dengan fungsi dari adverb itu sendiri, yaitu untuk menerangkan adjective (kata sifat), verb (kata kerja) serta adverb lainnya. Jadi, ayoo kita pelajari bagaimana sebenarnya cara pembentukan adverb dalam Bahasa Inggris itu. – Bigbanktheories.com

Cara Membentuk Adverb Dalam Bahasa Inggris

Pembentukan Adverb Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Pembentukan Adverb

Mengenali sebuah adverb dalam kalimat ternyata tidak semudah yang kita kira, karena kosakata yang tergolong kedalam adverb cenderung memiliki kemiripan dengan adjective, dan memang umumnya sebuah adverb diperoleh dari proses pembentukan yang kata dasar nya merupakan adjective dengan penambahan affix (imbuhan) tertentu. Berikut ini adalah langkah yang bisa kita lakukan untuk membentuk sebuah adverb.

Related: Memahami Dan Menggunakan Sentence Variety Dalam Tulisan

Langkah Pertama

Cara pembentukan adverb yang paling sering kita jumpai adalah dengan menambahkan suffix (akhiran) berupa –ly kepada sebuah adjective. Saking banyak nya contoh adverb yang dibentuk dengan cara ini, kami pun memutuskan untuk membahasnya secara khusus dalam sebuah artikel yang berjudul Contoh Adverb Berakhiran –ly Dan Proses Pembentukannya.

Adjective + -ly

Berikut ini adalah beberapa contoh adverb yang dibentuk dari adjective berakhiran –ly.

Bad – Badly

Brief – Briefly

Correct – Correctly

Deep – Deeply

Quick – Quickly

Langkah Kedua

Cara pembentukan adverb yang satu ini sebenarnya masih mirip dengan yang di atas yaitu menggunakan suffix -ly, namun dengan sedikit modifikasi. Jika sebuah adjective berakhiran huruf “Y” maka gantikan huruf “Y” tersebut dengan huruf “I” kemudian baru tambahkan akhiran –ly.

Adjective (berakhiran “y” menjadi “i”) + -ly

Berikut ini adalah beberapa contohnya:

Angry – Angrily

Easy – Easily

Happy – Happily

Hungry – Hungrily

Ready – Readily

Langkah Ketiga

Cara pembentukan adverb kali ini juga melibatkan modifikasi pada kata dasarnya. Jika sebuah adjective berakhiran “-le”, maka gantikan huruf “e” pada akhir kata tersebut dengan huruf “y”.

Adjective (berakhiran –le, gantikan “e” dengan “y”)

Gentle – Gently

Possible – Possibly

Probable – Probably

Terrible – Terribly

Understandable – Understandably

Langkah Keempat

Cara pembentukan adverb selanjutnya adalah dengan menambahkan “-ally” kepada adjective yang berakhiran “-ic”.

Adjective (berakhiran –ic) + -ally

Berikut ini adalah beberapa contohnya:

Academic – Academically

Basic – Basically

Dramatic – Dramatically

Economic – Economically

Tragic – Tragically

Khusus untuk cara ini, ada pengecualian untuk kata “Public” yang berubah menjadi “Publicly” dan bukan “Publically”.

Langkah Kelima

Pada bagian ini kami ingin memberitahukan bahwa ada beberapa adjective yang memiliki bentuk yang sama dengan adverb nya, tanpa melalui proses modifikasi apa apa. Beberapa contohnya adalah: Fast, Hard, Straight, Tight, Near.

Langkah Keenam

Bagian ini juga merupakan tambahan yang perlu sobat ketahui. Bentuk adverb dari kata “Good” adalah “Well”. Perhatikan contoh di bawah ini agar kamu paham perbedaannya.

He is a good guitarist.

He plays the guitar well.

Dalam contoh kalimat pertama kata “Good” merupakan adjective yang menerangkan noun (kata benda) berupa “guitarist”. Sedangkan dalam kalimat kedua kata “Well” merupakan adverb yang menerangkan verb (kata kerja) berupa “plays”.

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan penjelasan singkat tentang pembentukan adverb dalam Bahasa Inggris yang kami bagikan kali ini? Kami harap begitu ya. Oh ya, selain materi tentang adverb, kami juga sudah menyediakan pembahasan tentang part of speech yang lainnya juga lho, silahkan dibaca ya. Dan jangan lupa, pelajari juga artikel kami tentang Perbedaan For dan During dalam Bahasa Inggris. Terimakasih banyak kunjungannya, sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Forming Adverbs From Adjectives – http://www.englishleap.com/grammar/forming-adverbs-from-adjectives – Diakses tanggal 11 Juni 2017
  2. Forming Adverbs From Adjectives – http://www.ef.com/english-resources/english-grammar/forming-adverbs-adjectives/ – Diakses tanggal 11 Juni 2017
  3. Forming Adverbs (Membentuk Kata Keterangan Bahasa Inggris) – https://www.wordsmile.com/forming-adverbs-membentuk-kata-keterangan – Diakses tanggal 11 Juni 2017
  4. Adjectives Ending in -ic and -ical – https://www.englishpractice.com/words/adjectives-ic-ical/ – Diakses tanggal 11 Juni 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *