Pembahasan Test Bahasa Inggris Jobstreet Bagian Conversation


Temen-temen yang udah pernah mencari kerja lewat website JobStreet pasti sudah tau tentang test Bahasa Inggris JobStreet yang dikenal dengan istilah JobStreet ELA atau JobStreet English Language Assessment. Test Bahasa Inggris di JobStreet ini akan dijadikan tolak ukur tentang penguasaan Bahasa Inggris dari seorang pencari kerja di JobStreet. Naah, dengan nilai yang baik, tentunya temen-temen sebagai pencari kerja akan mendapat nilai plus dimata perusahaan-perusahaan pencari tenaga kerja professional.

Sulit nggak sih test Bahasa Inggris di Jobstreet? Nah kalau ditanya begini saya juga bingung mau jawab apa temen-temen, hehe. Karena soal test Bahasa Inggris Jobstreet ini bisa jadi mudah bagi sebagian orang, dan bisa juga jadi sulit bagi sebagian orang yang lain. Daripada mikirin tentang sulit atau nggak nya, lebih baik kita mempersiapkan diri kita aja deh hehe. Sebenernya, website JobStreet sendiri sudah menyediakan soal-soal latihan untuk menghadapi test Bahasa Inggris JobStreet yang sesungguhnya. Namun pihak JobStreet tidak menyediakan pembahasan mengenai soal-soal tersebut. Oleh karena itulah temen-temen, pada artikel kali ini, saya akan memberikan pembahasan tentang test Bahasa Inggris JobStreet Bagian Conversation.

Wah, kok ada bagian conversation nya? Memangnya test Bahasa Inggris di JobStreet terbagi menjadi berapa bagian? Perlu kita ketahui ya temen-temen, test Bahasa Inggris di JobStreet dibagi menjadi 4 bagian. Bagian conversation adalah bagian pertama yang akan temen-temen temui pada test Bahasa Inggris JobStreet. Itulah sebabnya, bagian conversation dari test JobStreet jadi pembahasan pertama kita. Bagian-bagian test Bahasa Inggris JobStreet yang lain akan kita bahas pada artikel-artikel selanjutnya.

Related: Pembahasan Test Bahasa Inggris JobStreet Bagian Vocabulary

Oke temen temen, ayo kita mulai mempelajari pembahasan tentang test Bahasa Inggris JobStreet bagian conversation. – Bigbanktheories.com

Jobstreet Icon

Jobstreet logo

Kunci Jawaban Dan Pembahasan Test Bahasa Inggris Di JobStreet Bagian Conversation

Temen-temen, nanti saat temen-temen mau mencoba mengikuti test Bahasa Inggris JobStreet ELA, temen-temen akan masuk ke dalam tampilan seperti gambar dibawah ini. Bisa kita lihat ya temen-temen, ada dua kotak disana. Kotak yang sebelah kanan bertuliskan “Practice” berisi soal-soal untuk latihan mengerjakan test Bahasa Inggris di JobStreet. Sedangkan kotak disebelah kiri adalah untuk test nya. Jika temen-temen sudah yakin bisa dan ingin langsung mengerjakan test JobStreet ELA, langsung saja kebagian kotak yang disebelah kanan, lalu klik tulisan “Take Assessment now” yang berwarna kuning untuk memulai test. Namun perlu temen-temen ingat ya, hasil test atau skor dari JobStreet ELA akan langsung terpasang pada akun JobStreet temen-temen dan test tersebut hanya bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali, jadi bila hasil test temen-temen kurang memuaskan, temen-temen harus menunggu 3 bulan lagi untuk memperbaikinya.

Sebenarnya 3 bulan tidak terlalu lama ya temen-temen, tapi akan jauh labih baik jika kita memang sudah bener-bener siap sebelum mengambil test Bahasa Inggris JobStreet yang sesungguhnya. Untuk itu, saya sarankan temen-temen mencoba mengerjakan contoh-contoh soal latihan test Bahasa Inggris JobStreet yang sudah disediakan atau yang lebih gampang lagi deh, baca saja pembahasan test Bahasa Inggris JobStreet di sini hehe.

Pembahasan test Bahasa Inggris JobStreet pada artikel kali ini adalah untuk bagian Conversation atau percakapan. Jadi nantinya pada bagian ini, temen-temen akan menemui soal dalam bentuk percakapan yang tidak lengkap, dan tugas temen-temen adalah melengkapi percakapan tersebut dengan jawaban yang tepat. Jadi pada bagian ini ada beberapa hal yang harus temen-temen perhatikan yaitu : 1. Bahasa yang digunakan dalam Conversation atau percakapan adalah bahasa lisan dan bukan bahasa tulis, jadi tidak akan kaku bahasanya. 2. Perhatikan konteks percakapan, karena makna dari suatu kalimat dapat berubah mengikuti konteksnya. 3. Perhatikan juga, kapan, dimana dan antara siapa percakapan tersebut terjadi.

Kunci Jawaban Test Bahasa Inggris Di Jobstreet

Jawaban Test Bahasa Inggris Di Jobstreet

Contoh Soal Dan Pembahasan Test Bahasa Inggris Di JobStreet Bagian Conversation

Temen-temen, berikut ini saya tampilkan contoh soal test Bahasa Inggris di JobStreet untuk bagian Conversation.

1. Sally           : I am an English major who graduated in June 2005 with a first-class honours. I have also been on the Dean’s list for three semesters in a row.

Interviewer : . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

a) My condolences

b) What a shame !

c) Wonderful !

d) So?

Jawaban : C. Wonderful!

Penjelasan : Pembicara 1 (Sally) sedang membicarakan kelebihan dan prestasi yang telah dicapainya. Respon yang tepat bagi pembicaraan diatas tentunya dengan tanggapan yang positif juga, yaitu Wonderful = Sangat bagus. Sedangkan pilihan lainnya sangat tidak cocok dengan konteks pembicaraan, My condolences = Turut berduka cita, What a shame = Sangat memalukan, So? = Jadi?

2. Yaowalak : Did you go to the exhibition today?

Budi : . . . . . . . . . .

a) I did not

b) Of course, you can

c) No, I cannot

d) Why not?

Jawaban : A. I did not

Penjelasan : Pembicara 1 (Yaowalak) mengutarakan sebuah kalimat tanya yang termasuk kedalam “Yes/No Question”. Pertanyaan seperti ini mengharapkan respon atau jawaban berupa pernyataan “Iya” atau “Tidak” nya akan sesuatu. Jadi jawaban yang tepat adalah “I did not” = “Saya tidak”.

3. Din : Nor, can you do me a favour, please?

Nor : . . . . . . . . . .

a) Thank you

b) Can you?

c) It is a great day

d) Sure, why not?

Jawaban : D. Sure, why not?

Penjelasan : Pembicara 1 (Din) dalam kalimatnya sedang meminta bantuan kepada pembicara 2 (Nor). Respon yang tepat tentunya adalah yang memberikan jawaban bisa atau tidaknya pembicara 2 (Nor) memberikan bantuan kepada pembicara 1 (Din), itulah sebabnya jawaban yang tepat adalah “Sure, why not? = tentu saja, kenapa tidak”.

4. Linda : Do you think you are always punctual, Agus?

Agus : . . . . . . . . . .

a) It depends

b) What do you think?

c) I beg your pardon too

d) Really !

Jawaban : A. It depends

Penjelasan : Pembicara 1 (Linda) sedang menanyakan opini atau pendapat dari pembicara 2 (Agus). Sebenarnya, jika berhubungan dengan opini, maka kemungkinan jawaban yang menjadi respon yang baik bagi pertanyaan seperti diatas cukup banyak kemungkinannya. Namun dari opsi jawaban diatas, yang paling tepat untuk menjadi respon terhadap pertanyaan adalah “It depends = tergantung”.

5. Rajesh : Can you assist me with this, Donna?

Donna : . . . . . . . . . .

a) Thank you for helping

b) Sorry but I am busy now

c) Yes, You can help me anytime

d) Nice of you to help me

Jawaban : B. Sorry but I am busy now.

Penjelasan : Pembicara 1 (Rajesh) menanyakan kepada pembicara 2 (Donna) apakah pembicara 2 bisa membantu pembicara 1. Respon yang mungkin muncul adalah pernyataan yang bermakna “Bisa” atau “Tidak” nya pembicara 2 (Donna) memberikan bantuan pada Pembicara 1 (Rajesh). Jadi jawaban yang tepat adalah “Sorry but I am busy now = Maaf tapi saya sedang sibuk sekarang”. Walaupun tidak terdapat pernyataan jelas yang tertera dalam kalimat, namun jawaban dari pembicara 2 ini sudah menyiratkan bahwa pembicara 2 tidak bisa membantu pembicara 1.

6. Gina : Have you ever taken a summer course?

Mimi : . . . . . . . . . .

a) Did you ?

b) Never

c) No, thank you

d) No problem

Jawaban : B. Never

Penjelasan : Pembicara 1 (Gina) menanyakan tentang “Pernah” atau “Tidak pernah” pembicara 2 (Mimi) melakukan sesuatu. Respon yang tepat, tentunya yang menyatakan tentang “Pernah” atau “Tidak pernah” nya sesuatu tersebut dilakukan, yaitu “Never = Tidak pernah”.

7. Willy : Excuse me, isn’t it a little warm in here? Can I open the windows?

Mary : . . . . . . . . . .

a) You are excused

b) Why?

c) Yes, please

d) When is it?

Jawaban : C. Yes, please

Penjelasan : Pembicara 1 (Willy) meminta izin dari pembicara 2 (Mary) untuk membuka jendela. Ada dua kemungkinan jawaban yang mungkin cocok menjadi jawaban untuk pertanyaan ini yaitu A. You are excused = Kamu diizinkan, dan C. Yes please = Ya, silahkan. Diantara 2 pilihan ini, yang lebih cocok menempati posisi sebagai jawaban adalah C. Yes, please, karena soal diatas adalah bentuk conversation atau percakapan, jadi tidak akan menggunakan bentuk yang kaku.

8. George : Did you ask for clarification from your boss?

Wong : . . . . . . . . . .

a) It is certainly

b) A million thanks

c) Nice to hear that

d) Yes, I did

Jawaban : D. Yes, I did

Penjelasan : Pertanyaan seperti diatas juga termasuk kedalam bentuk “Yes/No Question”, yakni pertanyaan yang jawaban nya adalah berisi pernyataan tentang “Iya” atau “Tidak” akan sesuatu. Itulah sebabnya jawaban yang tepat adalah “Yes, I did = Ya, saya lakukan”

9. Annie : How do you get to School, Ram?

Ram : . . . . . . . . . .

a) Fine, thanks

b) At 9 am

c) In a day

d) By bicycle

Jawaban : D. By bicycle

Penjelasan : Arti dari pertanyaan pembicara 1 (Annie) adalah “Bagaimana kamu berangkat ke sekolah, ram?”. Pertanyaan seperti ini mananyakan tentang cara sesuatu dilakukan atau diselesaikan. Jawaban yang tepat tentunya mengandung penjelasan tentang bagaimana melakukan sesuatu atau menyelesaikannya, itulah sebabnya jawaban yang tepat adalah “By bicycle = dengan menggunakan sepeda”.

10. Claire : Did you go to the book fair yesterday?

Joseph : . . . . . . . . . .

a) Why?

b) Of course, I cannot

c) I managed to

d) It’s a lovely day, Today.

Jawaban : C. I managed to

Penjelasan : Pembicara 1 (Claire) menanyakan kepada pembicara 2 (Joseph) apakah dia pergi ke pameran buku kemarin. Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut sebenarnya bisa bermacam-macam. Namun dari opsi atau pilihan jawaban yang ada, yang paling tepat untuk menjadi jawabannya adalah “I managed to = saya sempat kesana”.

Temen-temen, itulah tadi Pembahasan Test Bahasa Inggris JobStreet Bagian Conversation, semoga penjelasan dalam artikel ini bisa dipahami dengan mudah dan bisa membantu temen-temen agar lebih siap jika ingin mengikuti test Bahasa Inggris di JobStreet nantinya. Jangan lupa baca juga artikel tentang Penjelasan Test Bahasa Inggris JobStreet Bagian Grammar. Sampai disini dulu artikel kali ini, terimakasih sudah berkunjung lagi ke bigbanktheories.com, mohon maaf untuk keterlambatan update materi ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *