Pelajarilah Perbedaan Dalam Penggunaan Kata Less Dan Fewer


Less dan Fewer sama sama kita gunakan untuk menyatakan “lebih sedikit”. Namun ada aturan tersendiri yang membedakan penggunaan kedua kata ini dalam kalimat. Agar kamu mengerti cara penggunaan yang tepat, pelajarilah pengertian serta penggunaan kata less dan fewer dalam penjelasan materi berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Kata Less Dan Fewer Dalam Kalimat

Penggunaan Kata Less Dan Fewer

Penggunaan Kata Less dan Fewer

Tidak sedikit yang masih bingung kapan harus menggunakan kata Less dan kapan harus menggunakan kata Fewer dalam kalimat. Perhatikan penjelasan singkat berikut agar kamu bisa menggunakan kata Less dan Fewer dengan tepat.

Gunakan kata Less untuk uncountable noun.

Related: Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Comparative Degree

Gunakan kata Fewer untuk countable noun.

Bagaimana sobat? Ternyata mudah untuk diingat ya. Oh ya, sedikit tambahan tentang countable dan uncountable noun, kata benda seperti “glasses of water” dianggap bisa dihitung dan tergolong countable noun, sedangkan kata benda seperti “water” dianggap tidak bisa dihitung dan termasuk uncountable noun. Sekarang coba kita perhatikan beberapa contoh kalimat berikut ini:

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Less dan Fewer

She consumes less sugar than I do.

(Dia mengkonsumsi lebih sedikit gula dibandingkan saya.)

This cow produces less milk than that one.

(Sapi ini menghasilkan lebih sedikit susu dibandingkan yang satu itu.)

There are fewer books in my bedroom than in my library.

(Ada lebih sedikit buku di kamar tidurku dibandingkan di perpustakaan.)

The Zoo has fewer animals than I expected.

(Kebun binatang ini memiliki lebih sedikit hewan dari yang saya harapkan.)

Bagaimana sobat, cukup mudah ya untuk dipahami. Nah ternyata penggunaan Less dan Fewer tidak hanya dipengaruhi  oleh bentuk countable dan uncountable noun saja, namun juga dipengaruhi oleh bentuk singular dan plural noun juga. Caranya adalah seperti berikut:

Gunakan kata Less untuk singular noun.

Gunakan kata Fewer untuk plural noun.

Kami yakin tentunya cukup mudah bagimu untuk menentukan singular dan plural noun, sehingga kamu pun tidak akan kesulitan dalam membuat contoh nya.

Penggunaan Kata Less untuk Time, Money, Distance dan Weight

Untuk noun yang berhubungan dengan time, money, distance dan weight kita anggap sebagai singular sehingga yang digunakan adalah kata Less. Contohnya:

He return to the office in less than 2 hours.

My sister and I had less than Rp.500.000 in the bank.

Penggunaan Less dan Fewer dengan Of

Preposition “of” bisa kita tambahkan setelah kata Less dan Fewer, dengan syarat yang muncul setelah “of” adalah berupa: article (a, an, the), demonstrative (this, that), possessive (our, his, its), dan pronoun (them, his, us).

Contoh Kalimat Less of dan Fewer of

That was less of a success than I’d hope.

I saw fewer of this products displayed at the store.

Itulah tadi sobat penjelasan tentang berbagai penggunaan kata Less dan Fewer dalam kalimat, semoga bisa dimengerti dengan mudah ya. Oh ya, sebelum kami akhiri artikel ini, kami juga ingin memberitahukan satu hal menarik tentang kata Less dan Fewer ini, yaitu: dalam conversation (percakapan) kata Less lebih sering digantikan dengan “not as much”, dan kata Fewer sering digantikan dengan “not as many”. Hal ini cukup berguna lho untuk kamu ketahui, supaya bahasamu nggak kaku gitu loh hehe.

Demikianlah pembahasan materi Bahasa Inggris tentang penggunaan kata Less dan Fewer yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan dalam materi yang kami sampaikan, kami minta maaf dan harap agar bisa dimaklumi. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Less dan Fewer – http://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-less-fewer – Diakses tanggal 1 Februari 2017
  2. Less versus Fewer – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/less-versus-fewer – Diakses tanggal 1 Februari 2017
  3. Fewer or Less? – http://englishplus.com/grammar/00000214.htm – Diakses tanggal 1 Februari 2017
  4. Less or Fewer – https://en.oxforddictionaries.com/usage/less-or-fewer – Diakses tanggal 1 Februari 2017
  5. Definition of ‘Less of’ – https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/less-of – Diakses tanggal 1 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *