Pelajari Secara Lengkap Pengertian Dan Contoh Main Clause


Apa kamu sedang mencari materi Bahasa Inggris tentang main clause? Jika iya, wah kebetulan sekali sobat, ini dia penjelasan lengkap tentang pengertian dan contoh main clause yang wajib kamu baca. Di dalam artikel ini, kami telah berusaha mengumpulkan informasi penting dari berbagai sumber yang membahas tentang main clause, yang kemudian kami susun secara rapih dan kami kemas dengan bahasa penjelasan yang bisa sobat pahami dengan mudah. Karena itu kamipun percaya bahwa setelah membaca artikel ini sobat akan semakin mantep pemahaman tentang pengertian dan juga contoh main clause dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Contoh Main Clause Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Dan Contoh Main Clause

Pengertian Main Clause

Dalam Bahasa Indonesia, main clause artinya induk kalimat. Sobat tentunya sudah tidak asing dong dengan istilah induk kalimat. Jika ada induk, berarti juga ada anak kalimat dong ya? Ya bener banget sobat, itulah sebabnya dalam Bahasa Inggris kita juga mengenal main clause dan subordinate clause.

Sebuah main clause sudah memiliki subject dan predicate di dalamnya, dengan begini sebenarnya main clause sudah memenuhi syarat untuk berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat (sentence), karena dianggap sudah mengandung sebuah gagasan pikiran yang utuh. Tapi selama kita masih menggunakan istilah main clause, maka kita dianggap masih menantikan clause yang lain untuk melengkapi kalimat tersebut. Karena jika kita memang ingin menjadikannya sebuah kalimat maka kita tidak akan menyebutnya dengan istilah “main clause” lagi, tapi “sentence”.

Related: Double Negatives Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Sebuah main clause atau terkadang disebut juga dengan independent clause bisa digabungkan dengan clause lain dalam membentuk sentence. Jika main clause digabungkan dengan main clause lainnya, maka yang terbentuk adalah compound sentence. Dan jika main clause digabungkan dengan subordinate clause (atau disebut juga dengan dependent clause), maka yang terbentuk adalah complex sentence.

Sekali lagi kami ingin menegaskan bahwa main clause / independent clause / superordinate clause / base clause adalah hal yang sama, dan merupakan jenis clause yang bisa berdiri sendiri sebagai sebuah sentence. Sedangkan subordinate clause / dependent clause / subsidiary clause merupakan jenis clause yang tidak bisa berdiri sendiri. Subordinate clause ini nantinya akan melengkapi main clause dengan cara memberi keterangan terhadap main clause yang diikutinya. Subordinate clause bisa berupa adjective clause, adverb clause, noun clause dan sebagainya. Sekarang, saatnya kita lihat contoh kalimat yang terdiri dari main clause beserta subordinate clause nya.

Contoh Kalimat Main Clause dan Subordinate Clause

Oh ya, sebelum melihat contoh kalimat di bawah ini, perlu kami beritahukan dulu sobat, rumus main clause sangat mudah untuk diingat dan sebenarnya sudah kami sebutkan diatas yaitu : subject + predicate. Mungkin yang kamu perlu tau adalah tentang predicate ya, predicate ini maksudnya adalah aksi atau tindakan atau verb dalam clause tersebut. Sedangkan untuk rumus subordinate clause nya, tentunya akan bergantung pada jenis clause apa yang menjadi subordinate clause dalam kalimat.

(Bagian bercetak tebal adalah main clause.)

I need the note book that you borrowed yesterday.

Let’s go back to the café where we had our first date.

She is the girl that I have told you yesterday.

Because the pizza was cold, I heated it in the oven.

I didn’t want to go there because it was too dark.

Bagaimana sobat, terlihat jelas kan mana yang merupakan main clause dalam contoh kalimat di atas. Nah, sampai disini ya pembahasan materi tentang pengertian dan contoh main clause dalam Bahasa Inggris. Semoga apa yang kami tampilkan dalam artikel ini sudah mencakup hal hal yang perlu kamu ketahui tentang main clause. Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam artikel kali ini, kami minta maaf. Sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Main Clause – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-main-clause – Diakses tanggal 30 Januari 2017
  2. main clause (grammar) – http://grammar.about.com/od/pq/g/participterm.htm – Diakses tanggal 30 Januari 2017
  3. Arti dan Contoh Main Clause dan Subclause – http://www.fabelia.com/contoh-main-clause-dan-subclause/ – Diakses tanggal 30 Januari 2017
  4. Complex Sentence Examples – http://examples.yourdictionary.com/complex-sentence-examples.html – Diakses tanggal 30 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *