Pelajari Perbedaan Dan Penggunaan Than Dan Then Yang Tepat


Mempelajari perbedaan dan juga cara penggunaan kata “Than” dan “Then” ternyata sangat penting. Mengapa begitu ? Hal ini karena jika kita tidak mengerti dan tidak berhati hati maka kita bisa saja melakukan kesalahan penggunaan kata “Than” dan “Then” ini. Tapi sebenarnya hal ini sangat wajar dan sering terjadi, karena kedua kata ini memang sering menimbulkan kebingungan, bahkan bagi orang yang sudah menggunakan Bahasa Inggris dalam aktivitasnya sehari hari.

Salah satu penyebabnya mungkin karena kemiripan dalam pengucapan kedua kata itu. Coba deh kamu baca judul artikel ini, kedua kata tersebut memang terdengar mirip ya ternyata dalam pengucapannya. Penyebab lainnya mungkin juga karena sebenarnya memang kita belum tau perbedaan antara keduanya, atau bahkan kita tidak sadar kalau kata “Than” dan “Then” adalah dua kata yang berbeda. Lalu apa sebenarnya perbedaan antara “Than” dan “Then” ? Dan bagaimana juga cara menggunakan kata “Than” dan “Then” yang tepat ? Nah semua pertanyaan ini akan kita bahas melalui artikel hari ini. – Bigbanktheories.com

Kesalahan Penggunaan Kata Than Dan Then

Penggunaan Than Dan Then

Cara Menggunakan Than Dan Then Dengan Benar

Untuk mengingat perbedaan “Than” dan “Then” agar kamu bisa menggunakannya dengan benar, kamu bisa mengingat cara mudah berikut ini :

Related: Tortuous Atau Torturous Pelajari Cara Penggunaan Keduanya

Kata “Then” berhubungan dengan waktu atau urutan kejadian.

Kata “Than” berhubungan dengan suatu perbandingan (comparison).

Nah, setelah kamu mengetahui perbedaannya pastinya sekarang kamu lebih mudah mengingat kedua kata tersebut. Selanjutnya, ayo kita pelajari lebih jauh tentang cara menggunakan kata “Than” dan “Then” ini.

Then

Kata then umumnya berhubungan dengan waktu. Biasanya kata ini digunakan sebagai Adverb dalam sebuah kalimat. Berikut ini beberapa pengertian then yang bisa kita gunakan.

Then sebagai kata “Subsequently”, “Next” atau “Afterwards”

Kata subsequently, next dan juga afterwards memiliki makna yang sama yaitu “sesudah itu / kemudian / selanjutnya”. Nah, kita bisa juga menggunakan kata “Then” untuk mengungkapkan makna yang sama. Perhatikan contoh berikut ini :

Go straight to Sudirman street, then turn left.

(Jalan lurus kearah Jl. Sudirman, setelah itu belok kiri.)

I read the novel and then I wrote the summary.

(Saya membaca novel itu dan selanjutnya saya menulis ringkasannya.)

Then sebagai kata “At that time”

Ingatlah bahwa kata “Then” berhubungan dengan waktu atau urutan kejadian, inilah sebabnya kata “Then” bisa juga bermakna “At that time = pada masa itu”. Ayo kita lihat contoh berikut ini :

A car was so expensive back then.

(Sebuah mobil sangat mahal pada masa itu.)

Then sebagai “Consequence” atau “In that case”

Kata then ternyata bisa juga digunakan untuk menunjukkan akibat (consequence) atas sesuatu, dan juga bisa bermakna “In that case = jika seperti itu”. Berikut contoh kalimatnya :

If you had finished your homework, then you wouldn’t be in this trouble.

(Kalau saja kamu sudah menyelesaikan PR mu, maka kamu tidak akan berada dalam masalah seperti ini.)

If you don’t love me anymore, let me go then.

(Jika kamu tidak mencintaiku lagi, biarkan aku pergi kalau begitu.)

Than

Kata “Than” berfungsi sebagai conjunction atau preposition dan digunakan untuk menunjukkan perbandingan, inilah sebabnya kata ini sering muncul bersama dengan bentuk bentuk Comparative. Kata than ini bisa diartikan sebagai “daripada”. Berikut ini contohnya :

Mojako is taller than Kojiro.

(Mojako lebih tinggi daripada Kojiro.)

Kumpulan Contoh Kalimat Than Dan Then

There are more cars than motorcycles in our parking area.

The girl is smarter than Einstein.

This building is higher than the one next to it.

I was no body back then.

Pour some water to the bowl and then stir the mixture.

Tidak sulit kan ternyata membedakan penggunaan Than dan Then dalam kalimat. Nah kalau kamu sudah memahami perbedaan antara kedua kata tersebut, sekarang kamu tidak perlu khawatir akan melakukan kesalahan saat ingin menggunakan kata itu. Oh ya, supaya ingatanmu lebih oke, coba sekarang buatlah beberapa kalimat menggunakan kata than dan then, jika kamu termasuk orang yang super kreatif, kamu bahkan bisa menggunakan keduanya dalam satu kalimat saja lho, hehe selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *