Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Complex Sentence


Seperti dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris pun memiliki banyak tipe-tipe kalimat, salah satunya adalah yang akan kita pelajari dalam materi kali ini yaitu complex sentence. Beberapa jenis kalimat yang lainnya adalah simple sentence, compound sentence dan complex-compound sentence.

Nah teman teman, complex sentence memiliki tingkat kesulitan menengah yaitu lebih sulit daripada compund sentence namun lebih mudah jika dibandingkan dengan complex-compund sentence. Penjelasan tentang jenis-jenis kalimat yang lain akan Bigbanktheories.com bahas di materi-materi selanjutnya ya. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Complex Sentence

Pengertian Complex Sentence

Inilah Pengertian Complex Sentence

Complex sentence merupakan salah satu jenis kalimat yang memiliki independent clause (pikiran utama) dan dependent clause (tambahan). Biasanya dalam jenis kalimat ini terdiri dari satu atau lebih dari satu dependent clause namun hanya memiliki satu independent clause.

Related: Verb Patterns Dalam Kalimat Bahasa Inggris Dan Contohnya

Pikiran utama atau disebut dengan independent clause merupakan unsur yang paling penting dalam jenis kalimat ini sedangkan dependent clause hanya berupa informasi tambahan yang melengkapi independent clause. Meskipun demikian dalam sebuah complex sentence, dependent clause juga merupakan unsur penting yang harus ada karena inilah yang membedakannya dengan jenis kalimat lain.

Contoh:

Independent clause : I need the dictionary. (Saya membutuhkan kamus)

Dependent clause : That you borrowed last week. (Yang kamu pinjam minggu lalu)

Complex sentence : I need the dictionary that you borrowed last week. (Saya membutuhkan kamus yang kamu pinjam kemarin)

Tidak seperti independent clause yang dapat berdiri sendiri menjadi sebuah kalimat (simple sentence), dependent clause selalu membutuhkan independent clause untuk dapat menjadi sebuah kalimat yang kita sebut sebagai kalimat kompleks atau complex sentence.

Dependent clause dalam kalimat bisanya diawali dengan conjunction (kata hubung), relative pronoun, question word dan sebagainya. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Adverbial Clause

Apabila dependent clausenya berupa adverbial clause, maka yang digunakan adalah subordinate conjuction: after, since, when, although, because.

Contoh:

He was calling someone when I came to his house. (Dia sedang menelepon seseorang saat saya datang kerumahnya)

  • Adjective Clause

Apabila dependent clausenya berupa adjective clause, maka yang digunakan adalah relative pronoun: who, which, whose, whom, that.

Contoh:

She is the red hair girl that I have told to you yesterday. (Ini adalah gadis berambut merah yang saya bicarakan denganmu kemarin)

  • Noun Clause

Apabila dependent clausenya berupa noun clause, maka digunakan question word,if, weather dan that.

Contoh:

What you wear today is a white dress that is very beautiful. (Apa yang kamu kenakan hari hari ini adalah gaun putih yang sangat cantik)

Posisi Tanda Baca Pada Kalimat Complex Sentence

  • Adverbial Clause

Apabila adverbial clausenya terdapat di awal kalimat, maka diikuti oleh independent clause dan diberikan tanda koma (,) sebagai pemisah antara independent clause dan adverbial clausenya dan begitu pula sebaliknya.

Contoh;

  1. Adverbial clause berada di awal kalimat

When I see your face, my heart is beating. (Ketika saya memandang wajahmu, hati saya berdebar)

  1. Adverbial clause berada di akhir kalimat

My heart is beating when I see your face. (Hati saya berdebar ketika memandang wajahmu)

  • Adjective Clause

Adjective clause biasanya terletak ditengah-tengah sebuah complex sentence. Fungsinya adalah menerangkan sebuah noun maupun pronoun. Penggunaanya bisa diberikan penambahan dua buah tanda koma (,) yang mengapit adjective clause tersebut, namun tanda koma (,) bisa saja tidak diberikan, tergantung pada penting atau tidaknya.

Apabila adjective clausenya dinilai penting dan bila dihilangkan akan mengubah arti kalimat tersebut, maka tanda koma (,) tidak perlu digunakan. Sebaliknya, jika dinilai informasinya tidak begitu penting, maka perlu diberikan tanda koma (,).

Contoh:

  1. Adjective clausenya bersifat penting:

Dino is a sheep which is very cute. (Dino adalah domba yang sangat lucu)

  1. Adjective clausenya bersifat tidak penting:

Titi, who lives next door, is my sister in law. (Titi, yang tinggal disebelah, adalah saudara ipar perempuanku).

Contoh Kalimat Complex Sentence Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat kompleks (complex sentence) yang dapat teman-teman pelajari agar lebih memahami materi kali ini.

Because I had free time last monday, I baked strawberry cake. (Karena saya meiliki waktu luang senin kemarin, Saya membuat kue stroberi)

I didn’t want to go there because it was to dark and spooky. (Saya tidak ingin pergi kesana karena terlalu gelap dan menyeramkan)

Though she is so desperated, she doesn’t show it in front of her children. (Meskipin dia sangat depresi, dia tidak menunjukkannya di depan anak-anaknya)

When the sun set, the children is going home. (Saat matahari terbenam, anak-anak pulang ke rumah)

The zoo, which is located in Surabaya, has rare animals. (Kebun binatang, yang letaknya di Surabaya mempunyai binatang langka)

Because her husband is rich and wealthy, she doesn’t worry about the future of their kids. (Karena suaminya kaya dan makmur, dia tidak khawatir tentang masa depan anak-anak mereka)

I didn’t like the korean drama although many people did. (Saya tidak suka drama korea walaupun banyak orang yang suka)

I have to say that I am so lucky to have you in my life. (saya harus mengatakan bahwa saya sangat beruntung memiliki kamu di hidup saya)

Everyone cheer at him when he is singing. (Semua orang bersorak saat dia menyanyi)

This is the campus where we met at the first time. (Ini adalah kampus dimana kita bertemu untuk pertama kalinya)

Nah sekarang coba teman-teman kelompokkan kalimat-kalimat diatas, manakah kalimat yang memiliki dependent clause berupa adverbial clause, adjective clause maupun noun clause di dalamnya. Jika teman-teman sudah bisa menglompokkannya berati sudah paham dengan materi dari Bigbaktheories.com kali ini. Selanjutnya tinggal berlatih untuk menggunakannya dalam berkomunikasi ya. Semangat!

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *