Past Perfect Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya


Hai sobat! Materi kali ini membahas tentang Past Perfect Tense beserta rumus dan contoh kalimatnya. Jika kamu saat ini sudah berada di tingkat SMA, menurut saya memahami tenses ini sangatlah penting. Mengapa begitu? Hal ini karena contoh soal Past Perfect Tense sering muncul dalam ujian nasional dan sekolah. Saya yakin sobat semua tentu ingin kan bisa menjawab ujian dengan benar, oleh karena itu, pelajarilah selengkapnya tentang Past Perfect Tense melalui artikel kali ini.

Past Perfect Tense definition adalah hal yang akan menjadi fokus utama dalam pembahasan kita kali ini. Alasannya karena konsep Past Perfect Tense memiliki kemiripan dengan konsep past tense lainnya dan memang agak rumit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Inilah sebabnya tidak sedikit orang yang menganggap kalau Past Perfect Tense itu sulit. Rumus dan contoh kalimat Past Perfect Tense itu akan mudah kita pahami jika kita sudah benar-benar mantap dengan konsep dasar yang membedakan tenses ini dengan yang lainnya. Oleh karena itu, yuk langsung kita mulai saja pembahasannya. – Bigbanktheories.com

Past Perfect Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Past Perfect Tense

Past Perfect Tense adalah pola kalimat yang kita gunakan saat kita ingin membicarakan suatu aksi atau suatu kejadian yang telah selesai atau telah terjadi sebelum suatu kejadian yang lain terjadi pada satu titik waktu di masa lalu. Waduh panjang banget ya definisi Past Perfect Tense ini hehe, mungkin kalau baru pertama kali membaca pengertian ini beberapa orang akan bingung dan tidak menangkap konsepnya, tapi itu sangat wajar, jadi jangan khawatir hehe.

Related: Kapan Past Future Perfect Continuous Tense Itu Digunakan?

Ayo kita sama-sama coba pahami pengertian di atas sobat. Ilustrasinya seperti ini, tadi malam saya mengadakan acara makan malam bersama di rumah saya. Saya mengundang dua keluarga, yaitu keluarga Andi dan keluarga kamu sobat. Sayangnya, karena ada keperluan penting, kamu dan keluargamu tidak datang ke acara makan malam itu. Keesokan paginya (hari ini) saat kita bertemu di kantor kamu menyapa saya dan meminta maaf karena semalam tidak bisa hadir, lalu kamu menanyakan bagaimana jalannya acara makan malam semalam.

STOP! Silahkan berhenti sebentar dan baca ulang prolog di atas jika kamu belum bisa membayangkan ceritanya. Jika sudah mantap, silahkan lanjutkan.

Ingat! Apapun yang akan saya ceritakan merupakan kejadian di masa lampau, mengapa? Ya, karena kan yang diceritakan kejadian makan malam tadi malam. Ini artinya semua sudah terjadi di masa lalu. Sepakat ya!

Untuk menjawab pertanyaanmu, saya pun menceritakan tentang acara makan malam itu. Saya menceritakan kalau Andi dan keluarganya datang terlambat semalam karena kebetulan jalanan ke arah rumah saya macet. Akhirnya pada saat mereka datang, saya sudah selesai memasak semua makanan. Andi dan keluarganya yang baru saja datang langsung saya ajak makan karena semua makanan sudah siap di meja.

Ucapan saya sewaktu saya menceritakan bahwa “saya sudah selesai memasak semua makanan sebelum Andi dan keluarganya datang” inilah yang kita ekspresikan dalam bentuk Past Perfect Tense sobat. Mengapa? Karena sesuai definisi nya tadi sobat, bahwa tenses ini kita gunakan saat kita ingin menceritakan suatu aksi yang telah selesai (saya sudah selesai memasak) sebelum suatu kejadian yang lain terjadi pada satu titik waktu di masa lalu (Andi datang). Saya yakin sekarang semuanya sudah semakin jelas ya sobat.

Contoh: I had finished cooking before Andi and his family arrived.

Perlu sobat perhatikan juga bahwa Past Perfect Tense fokusnya adalah pada kata “sudah” atau dengan kata lain, hanya bagian yang menceritakan kejadianyang telah terjadi” nya yang kita ekspresikan dengan pola Past Perfect Tense, sedangkan kejadian yang satunya lagi (yang menjadi parameter bahwa keduanya terjadi di masa lalu) kita nyatakan dalam bentuk Simple Past Tense.

Rumus Past Perfect Tense

Inilah rincian rumus Past Perfect Tense. Silahkan pelajari dan coba gunakan pola kalimat di bawah ini untuk berlatih membuat contoh kalimat Past Perfect Tense.

(+) Subject + had + Past Participle (Verb 3)

Contoh: Mirana had cleaned the floor before her father went home.

(-) Subject + had + not + Past Participle (Verb 3)

Contoh: Keiren and Abbot had not finished the assignment when Tina came.

(?) Had + Subject + Past Participle (Verb 3)

Contoh: Had the driver picked your sister on his way home?

Begitulah rumus Past Perfect Tense dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Silahkan diamati dengan teliti dan coba gunakan untuk membuat contoh kalimat baru. Silahkan kunjungi tautan berikut untuk menemukan lebih banyak variasi contoh Past Perfect Tense.

Conjunction Dalam Past Perfect Tense

Di dalam Past Perfect Tense, ada beberapa conjunction yang sering digunakan untuk menghubungkan dua klausa yang ada. Berikut ini adalah beberapa conjunction tersebut dengan pola yang mungkin dibentuknya:

Conjunction: After

Pola: Simple Past Tense +  after + Past Perfect Tense

Conjunction: Before

Pola: Past Perfect Tense + before + Simple Past Tense

Conjunction: When

Pola: Past Perfect Tense + when + Simple Past Tense

Conjunction: Because

Pola: Simple Past Tense + because + Past Perfect Tense

Conjunction: by the time

Pola: Past Perfect Tense + by the time + Simple Past Tense

Contoh Kalimat Past Perfect Tense

Ini merupakah bagian terakhir dari materi kali ini. Di sini, sobat akan bisa mengamati beberapa contoh kalimat Past Perfect Tense yang sudah saya sertai dengan terjemahannya. Silahkan dipelajari, semoga bermanfaat.

I had taken some martial art classes before I enrolled to the army.

(Saya sudah mengikuti beberapa kelas seni beladiri sebelum saya mendaftar jadi tentara.)

Sarah had departed to the airport when Billy arrived in her house.

(Sarah sudah berangkat ke bandara saat Billy tiba di rumahnya.)

Mike and Dustin didn’t have money to buy new toys because they had not saved any.

(Mike dan Dustin tidak punya uang untuk membeli mainan baru karena mereka belum menabung.)

Had you considered your decision before you came to me?

(Sudahkah kamu mempertimbangkan keputusanmu sebelum kamu datang padaku?)

Sally had not believed in magic before she saw it by herself.

(Sally tidak pernah percaya pada sihir sebelum dia melihatnya sendiri.)

Nelroy had never tasted anything so delicious until he ate my uncle’s Pizza.

(Nelroy belum pernah mencicipi sesuatu yang begitu lezat sampai dia makan Pizza paman saya.)

Oke deh sobat, itulah tadi pembahasan singkat tentang Past Perfect Tense dalam Bahasa Inggris, semoga bisa membantumu dalam memahami tenses ini. Saya akhiri sampai di sini, terimakasih banyak untuk kunjungannya. Setelah ini, coba pelajari juga materi Past Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. Past Perfect Tense – https://www.grammarly.com/blog/past-perfect/ – Diakses tanggal 5 Agustus 2019
  2. Past Perfect Tense – https://www.ef.co.id/panduan-bahasa-inggris/tata-bahasa-inggris/past-perfect-tense/ – Diakses tanggal 5 Agustus 2019
  3. Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-past-perfect-tense – Diakses tanggal 5 Agustus 2019
  4. Past Perfect Tense – https://www.englishpage.com/verbpage/pastperfect.html – Diakses tanggal 5 Agustus 2019
  5. Verb 1-2-3 – http://verb123.com/ – Diakses tanggal 5 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *