Past Perfect Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contohnya


Mempelajari tenses dalam Bahasa Inggris adalah satu hal yang tidak bisa kita hindari. Misalnya saja Past Perfect Continuous Tense ini, jika saya tanya, kapan kira-kira kamu akan menggunakannya dalam percakapan? Rasanya sulit untuk menemukan contoh penggunaannya ya. Meskipun begitu contoh soal Past Perfect Continuous Tense sering muncul dalam berbagai tes Bahasa Inggris penting. Inilah sebabnya, meski contoh kalimat Past Perfect Continuous Tense sebenarnya tidak sering kita gunakan dalam keseharian kita, memahami konsep dari tenses ini tetaplah sangat penting bagi kita.

Past Perfect Continuous Tense bisa kita sebut sebagai level terakhir dari keempat variasi past tense dalam Bahasa Inggris. Dari namanya saja kita sudah bisa melihat bahwa tenses ini menggabungkan unsur dua tenses, sangat wajar jika pembahasannya menjadi lebih kompleks dibanding tenses lainnya. Oleh karena itu, kita akan membahasnya secara bertahap mulai dari definisi atau pengertian Past Perfect Continuous Tense, kemudian rumus atau pola kalimatnya, dan yang terakhir contoh penggunaan Past Perfect Continuous Tense dalam kalimat. Sekarang, siapkan buku catatanmu, karena kita akan segera memulai pembahasannya. – Bigbanktheories.com

Past Perfect Continuous Tense Beserta Rumus Dan Contohnya

Past Perfect Continuous Tense

Past Perfect Continuous Tense adalah pola kalimat yang berfungsi untuk membicarakan suatu hal yang dimulai di masa lalu dan berlanjut hingga berakhir pada titik tertentu di masa lalu. Perhatikan contoh berikut ini untuk membantumu memahami pengertian Past Perfect Continuous Tense di atas:

Related: 100 Contoh Kalimat Present Continuous Tense Terbaru Lengkap

Contoh: Calia had been working at the hospital for fifteen years when the board of management decided to fire her.

Kalimat di atas adalah contoh penggunaan Past Perfect Continuous Tense. Penjelasannya seperti ini sobat, anggap saja pihak manajemen rumah sakit itu memutuskan untuk memberhentikan Calia di suatu titik waktu di tahun 2018. Ini artinya, Calia mulai bekerja di rumah sakit itu sejak pada suatu waktu di tahun 2003. Mengapa begitu? Hal ini karena ukuran durasi 15 tahun dia bekerja di rumah sakit itu kita ukur dari sejak waktu awal dia bekerja, hingga titik dimana dia diberhentikan (bukan hingga titik masa kini atau present time).

Nah, hari ini (sudah bukan tahun 2018 lagi) anggap saja kita sebagai orang-orang yang mengenal Calia sedang membicarakannya karena kita merasa penasaran mengapa pihak rumah sakit memberhentikan Calia yang telah bekerja selama bertahun-tahun di sana. Anggap saja saya mengatakan kalimat ini “saya heran deh, kenapa ya Calia diberhentikan dari rumah sakit itu. Padahal, dia itu udah lima belas tahun lho kerja di sana waktu dia diberhentikan itu”.

Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa hal yang kita bicarakan itu dimulai di masa lalu dan berlanjut atau berjalan hingga ia berakhir di suatu titik di masa lalu. Intinya memang kejadian ini sudah selesai semua dan tidak ada efeknya pada masa kini, namun yang membuat kejadian ini diungkapkan dalam bentuk Past Perfect Continuous Tense dan bukan Simple Past Tense adalah karena fokus kita atau penekanan kita yaitu pada informasi tentang durasi dari suatu kejadian dan bukan pada aksinya.

Bagaimana sobat, bisa dipahami kan penjelasan yang saya sajikan? Kalau sudah paham akan penjelasan di atas, sekarang kita akan membahas rumus Past Perfect Continuous Tense.

Rumus Past Perfect Continuous Tense

Berikut ini adalah rumus Past Perfect Continuous Tense beserta contoh kalimatnya. Perhatikanlah dengan teliti agar kamu bisa langsung menggunakannya setelah ini.

(+) Subject + had + been + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: I had been watching the movie for an hour when my sister came and turn the TV off.

(-) Subject + had + not + been + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Kirana had not been waiting for more than an hour when the driver finally arrived.

(?) Had + Subject + been + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Had he been playing video games all day long yesterday?

Seperti itulah rumus dan contoh kalimat Past Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris. Tidak sulit kan ternyata jika kita jabarkan seperti ini. Sekarang saya yakin sobat pasti sudah bisa membuat contoh kalimat dengan rumus di atas. Tapi sebelum itu, yuk lihat beberapa contoh Past Perfect Continuous Tense tambahan yang sudah saya buat berikut ini.

Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense

Setelah sobat memahami konsep Past Perfect Continuous Tense, kini saatnya sobat menambah wawasan dengan memperhatikan berbagai contoh kalimat yang sudah saya siapkan di bawah ini.

Katya and Alexei had been standing in front of my house for fifteen minutes when I came.

(Katya dan Alexei telah berdiri di depan rumahku selama lima belas menit ketika aku datang.)

My daughter had not been studying with her friends since one of them passed away.

(Putri saya sudah tidak belajar bersama teman-temannya lagi semenjak salah satu dari mereka meninggal.)

Had Mr. Birman been exercising lately?

(Apakah Mr. Birman telah berolahraga belakangan ini?)

I was really tired last night because I had been teaching for hours.

(Saya sangat kelelahan semalam karena saya telah mengajar selama berjam-jam.)

Forina had been travelling around the world before she decided to stay in Pakistan.

(Forina telah berkeliling dunia sebelum dia memutuskan untuk tinggal di Pakistan.)

Sobat, seperti itulah sekilas contoh Past Perfect Continuous Tense, semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kamu untuk membuat lebih banyak contoh kalimat baru. Terimakasih banyak atas perhatiannya, saya harap kamu menyukai artikel kali ini. Sampai jumpa lagi. Janga lupa baca penjelasan tentang Past Perfect Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya.

Referensi:

  1. Past Perfect Continuous Tense – https://www.grammarly.com/blog/past-perfect-continuous-tense/ – Diakses tanggal 6 Agustus 2019
  2. Past Perfect Continuous Tense – https://www.englishpage.com/verbpage/pastperfectcontinuous.html – Diakses tanggal 6 Agustus 2019
  3. Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-past-perfect-continuous-tense – Diakses tanggal 6 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *