Past Future Tense Itu Sulitnya Minta Ampun, Nggak Percaya?


Past future tense itu ternyata sulitnya minta ampun deh, hehe. Ya mungkin benar sobat, tenses ini akan terasa sulit dan membingungkan bagi yang belum begitu menguasai materi tenses dasar seperti simple present dan simple past, apa lagi bagi yang belum mengenal future tense, waah bisa bisa nyerah duluan deh hehe. Saya bisa bicara seperti ini karena sayapun mengalaminya sobat. Dan memang jika kita benar benar ingin menguasai Bahasa Inggris, kita harus mempelajarinya secara bertahap, memulainya dari materi yang gampang dulu, dan tentunya prosesnya tidak sebentar.

Kembali ke topik pembahasan artikel kita kali ini yaitu past future tense, melalui artikel ini kami akan mencoba memberikan penjelasan materi ini, mulai dari pengertian, rumus, fungsi, hingga contoh kalimat past future tense. Silahkan dibaca dan diperhatikan dengan baik supaya sobat bisa memahami materi ini dengan mudah. – Bigbanktheories.com

ContohKalimat Past Future Tense Positif Negatif Interogatif

Pengertian Dan Contoh Kalimat Past Future Tense

Pengertian Past Future Tense

Past future tense adalah tenses yang kita gunakan untuk mengungkapkan suatu tindakan yang akan atau ingin kita lakukan namun di masa lalu. Lho kok bisa? Kalau sesuatu yang akan dilakukan, berarti kan belum terjadi, seharusnya di masa depan dong dan tenses yang digunakan seharusnya future tense. Nah disinilah sobat bedanya, jadi past future tense ini mengungkapkan sesuatu yang kita ingin lakukan di masa lalu, dalam artian sudah tidak bisa terjadi lagi, atau katakanlah kita berandai andai melakukan sesuatu di masa lampau.

Related: 10 Soal Present Perfect Tense Terbaik Yang Bikin Kamu Jago

Izinkan kami member sedikit ilustrasi untuk menggambarkan kondisi yang dikemas dalam past future tense ini. Bagini ceritanya, waktu itu saya dan beberapa rekan tim bigbanktheories mengikuti kegiatan jalan sehat berhadiah yang diadakan oleh salah satu perusahaan waralaba minimarket terkenal di Indonesia. Diakhir kegiatan jalan tersebut diadakan pengundian hadiah, dan hadiah utamanya adalah uang tunai senilai sepuluh juta rupiah. Tentunya kami semua pengen banget jadi orang beruntung yang mendapatkan uang itu, terutama saya hehe. Dan hasilnya, jeng jeng tidak ada satupun dari kami yang menang. Lalu saya bilang ke temen temen saya “kalau tadi saya menang, saya bakal traktir makan pizza”. Nah beginilah kira kira kondisi yang digambarkan dalampast future tense sobat, saya berniat mentraktir teman teman saya makan, tapi tidak jadi saya lakukan karena saya tidak memenangkan uang itu.

Owh begitu ya, kalau ternyata past future tense membicarakan tentang kondisi dimana kita berandai melakukan sesuatu di masa lampau, apa tenses ini ada hubungannya dengan kalimat pengandaian? Ya, benar sekali sobat, bentuk tenses ini memang berhubungan dengan conditional sentence atau kalimat pengandaian, kalau kamu bisa memahami materi kali ini, wah pastinya materi conditional akan jadi mudah untukmu. Oh ya sobat, selain berhubungan dengan conditional sentence, karena membicarakan tentang kejadian di masa lampau, maka past future tense ini juga sering digunakan dalam reported speech lho.

Rumus Past Future Tense

Untuk membuat sebuah kalimat past future tense, ikutilah pola atau rumus berikut:

Rumus Kalimat Positive Past Future Tense

Subject + would + bare infinitive (V1)

Subject + was/were + going to + bare infinitive (V1)

Rumus Kalimat Negative Past Future Tense

Subject + would + not + bare infinitive (V1)

Subject + was/were + not + going to + bare infinitive (V1)

Rumus Kalimat Interogative Past Future Tense

Would + Subject + bare infinitive (V1) + ?

Was/were + Subject + going to + bare infinitive (V1) + ?

Setelah mengetahui rumusnya, sekarang saatnya kita melihat contoh kalimat past future tense dalam bentuk positif, negative dan juga interogatif.

Contoh Kalimat Past Future Tense Positif, Negatif, Interogatif

I would return it. (Positif)

I was going to buy a mini robot from my friend. (Positif)

She would not believe you. (Negatif)

She was not going to give you the ticket. (Negatif)

Would she believe you? (Interogatif)

Was she going to give you the ticket? (Interogative)

Seperti yang telah kami sebtkan di atas bahwa ada fungsi fungsi tertentu yang bisa dilakukan oleh past future tense ini, yaitu sebagai berikut: yang pertama adalah untuk menunjukkan suatu tindakan yang dilakukan secara sukarela. Kemudian bisa juga digunakan untuk menyatakan tindakan yang direncanakan (biasanya ditandai dengan penggunaan was/were + going to). Bisa juga digunakan untuk membuat janji dan yang terakhir, past future tense ini bisa juga kita gunakan untuk membuat prediksi.

Terakhir, sebagai penutup, perlu kami beritahukan juga bahwa past future tense juga memiliki bentuk pasif. Berikut penjelasannya.

Bentuk Pasif Past Future Tense

Untuk membuat sebuah kalimat pasif dari kalimat yang menggunakan past future tense ikutilah rumus berikut ini:

Rumus Kalimat Pasif Untuk Past Future Tense

Subject + would + be + Verb 3 (past participle)

Subject + was/were + going to + be + Verb 3 (past participle)

Kedua rumus ini bisa sama sama digunakan untuk mengubah kalimat past future tense kedalam bentuk pasif,kita hanya perlu memilih rumus yang sesuai dengan kalimat awalnya. Yuk kita lihat contoh perubahan dari kalimat aktif ke kalimat pasif  dari past future tense berikut ini.

Contoh Kalimat Active Past Future Tense

I thought Andika was going to make a sword.

Contoh Kalimat Passive Past Future Tense

I thought a sword was going to be made by Andika.

Selesai deh akhirnya pembahasan materi kali ini. Bagaimana sobat? Sudah mengerti kan tentang past future tense? Siip deh, kalau begitu sekarang sudah nggak perlu pusing dan ngerasa materi ini sulitnya minta ampun ya hehe. Oh ya, kalau ada yang ingin ditanyakan, langsung lewat kolom komentar ya sobat. Terimakasih banyak untuk kunjunganmu hari ini, semoga apa yang kami tampilkan bisa bermanfaat bagimu, sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Pengertian, Rumus dan Contoh Kalimat Past Future Tense – http://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-simple-past-future-tense – Diakses tanggal 11 Januari 2017
  2. Rumus Past Future Tense Fungsi dan Contoh Kalimatnya – http://inggrisonline.com/pengertian-rumus-past-future-tense-fungsi-dan-contoh-kalimat/ – Diakses tanggal 11 Januari 2017
  3. Past Future Tense – http://tensesbahasainggris.com/past-future-tense – Diakses tanggal 11 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *