Past Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya


Hai sobat, selamat datang di Bigbanktheories. Kali ini kita akan mempelajari materi yang berhubungan dengan tata bahasa atau Grammar dalam Bahasa Inggris. Pelajaran kita kali ini akan membahas secara rinci tentang salah satu tenses Bahasa Inggris yaitu Past Continuous Tense. Karena sekarang sobat sedang membaca artikel ini, saya yakin sekali sobat saat ini sedang mencari penjelasan lengkap tentang Past Continuous Tense, dan menurut saya, kamu berada di tempat yang tepat.

Dalam tulisan kali ini, saya akan menjelaskan pengertian Past Continuous Tense yang mencakup definisi nya secara umum dan sekilas ilustrasi yang mungkin akan mempermudah sobat untuk memahami konsepnya. Kemudian, saya juga akan menampilkan struktur kalimat atau rumus Past Continuous Tense dengan rinci dan disertai contohnya supaya sobat bisa langsung mengamati seperti apa sebenarnya contoh penggunaan Past Continuous Tense dalam kalimat. Di bagian akhir artikel ini, saya juga akan menampilkan beberapa contoh kalimat Past Continuous Tense yang bisa sobat jadikan panduan untuk membuat lebih banyak kalimat lagi dengan menggunakan pola tenses ini. Tanpa menunggu lebih lama, yuk kita simak selengkapnya. – Bigbanktheories.com

Past Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Past Continuous Tense

Past Continuous Tense adalah tenses dalam Bahasa Inggris yang kita gunakan untuk membicarakan aksi atau kejadian yang sedang berlangsung di suatu titik di masa lalu. Konsep ini mirip dengan Present Continuous Tense yang juga membicarakan suatu kejadian yang sedang terjadi pada saat kejadian itu dibicarakan, namun bedanya dalam Present Continuous Tense hal itu terjadi di masa kini (present) sedangkan untuk Past Continuous Tense kejadiannya terjadi di masa lalu (past). Jika kita ringkas, Past Continuous Tense adalah pola kalimat yang mengekspresikan kejadian masa lampau yang sedang terjadi saat penuturan.

Related: 25 Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense Terbaru

Ilustrasi sederhananya seperti ini sobat, tadi malam temanmu si Andi menelponmu karena ingin menanyakan tugas. Saat Andi menelpon kamu tidak langsung mengangkatnya karena saat itu kamu sedang makan malam bersama keluargamu. Setelah mendengar handphone mu berdering beberapa kali, kamu pun berlari ke kamar dan mengangkat telpon itu. Kemudian kamu menjelaskan tentang tugas yang ditanyakan Andi lewat telepon. Malam pun berlalu dan kamu tidur. Keesokan harinya (pagi ini) kamu berangkat ke sekolah, waktu sampai di gerbang sekolah kamu bertemu Andi dan dia menyapamu, lalu dia bertanyaTadi malem kemana sih? Kok lama angkat telpon nya?” lalu kamu pun menjawab “Owh, tadi malam waktu kamu telepon, saya sedang makan malam sama keluarga”.

Ucapanmu yang menyatakan bahwa “saya sedang makan malam bersama keluarga” inilah yang kita ekspresikan dalam bentuk Past Continuous Tense sobat. Mengapa begitu? Karena hal ini kan terjadimalam kemarin” yang artinya di masa lampau (past), namun saat si Andi menelpon tadi malam, kegiatan “makan malam” itu memang “sedang berlangsung (continuous)”. Penggabungan kejadian masa lalu (past) dengan yang sedang terjadi (continuous) akhirnya membentuk Past Continuous Tense.

Bagaimana sobat? Bisa dipahami kan? Saya harap begitu ya. Nah, jika ilustrasi di atas kita tuliskan, maka akan jadi seperti berikut ini:

Contoh: I was having dinner with my family when you called me last night.

Saat memperhatikan ilustrasi dan contoh di atas, mungkin sobat berpikir bahwa di dalam Past Continuous Tense harus ada dua kejadian yang dibicarakan, dimana satu kejadian merupakan kejadian yang sedang berlangsung (past continuous) sedangkan satu kejadian lagi menjadi tolak ukur bahwa keduanya terjadi di masa lalu (simple past tense). Padahal kenyataannya tidak begitu sobat. Pola seperti pada contoh di atas merupakan salah satu fungsi atau kegunaan dari Past Continuous Tense. Ini artinya, masih ada cara lain untuk menggunakan Past Continuous Tense dalam Bahasa Inggris.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari Past Continuous Tense:

Yang pertama, untuk membicarakan suatu kejadian yang sedang terjadi di masa lalu kemudian diganggu atau diinterupsi oleh kejadian lain. Salah satu contohnya adalah seperti dalam ilustrasi kita di atas sobat, dimana makan malam sedang berlangsung lalu tiba-tiba ada telepon. Perhatikan contoh lainnya berikut ini:

Contoh: Jimmy and I were studying when the car crashed my front door.

Yang kedua, untuk membicarakan perubahan pikiran yang terjadi dalam benak seseorang. Misalnya saja saat kamu awalnya ingin jalan-jalan ke mall tapi karena melihat cuaca mendung dan sepertinya akan hujan, kamu pun berubah pikiran dan lebih memilih untuk tetap tinggal di rumah saja.

Contoh: I was going to go to the shopping mall but I’ve decided to stay at home instead because of the weather.

Yang ketiga, untuk membuat permintaan dengan cara yang sangat sopan (polite request). Dalam hal ini kita akan menggunakan kata “wondering” yang artinya “bertanya-tanya dalam hati”. Dengan menggunakan pola ini, orang yang kita mintai pertolongan tidak akan merasa terpaksa dalam membantu kita, karena pola ini membuat kita terlihat lebih sopan dan tidak secara gamblang meminta bantuan.

Contoh: I was wondering if you could stay and help me with my work.

Yang keempat, untuk menunjukkan bahwa ada dua kejadian yang sedang sama-sama berlangsung di suatu titik di masa lampau. Intinya, kedua kejadian itu akan kita ekspresikan dalam bentuk Past Continuous Tense.

Contoh: My father was washing the car while I was cleaning the bathroom.

Yang kelima, digunakan untuk membahas hal yang dulu berulang kali dilakukan (menjadi kebiasaan di masa lampau).

Contoh: My little brother was always running towards me when I got home.

Yang keenam, digunakan untuk menggambarkan setting dalam suatu cerita (seperti dongeng atau teks berjenis narrative).

Contoh: Some people were enjoying the scenery when the meteorite fell down from the sky.

Yang ketujuh, untuk membicarakan bahwa suatu hal sedang terjadi di suatu titik tertentu di masa lampau.

Contoh: I was sleeping in my bedroom at this time yesterday.

Nah, seperti itulah beberapa fungsi Past Continuous Tense sobat. Saya rasa masih banyak lagi kegunaan lainnya dari tenses ini, namun saya belum bisa merangkum semuanya. Mudah-mudahan yang saya sajikan sudah cukup untuk membantumu memahami konsep Past Continuous Tense dalam Bahasa Inggris.

Rumus Past Continuous Tense

Sekarang saatnya bagi kita untuk membahas rumus Past Continuous Tense. Setelah melihat berbagai contoh kalimat yang saya sajikan di atas, saya rasa sobat sudah bisa menduga apa saja unsur yang akan muncul dalam pola kalimat di bawah ini ya. Kalau begitu tanpa menunggu lebih lama lagi, ini dia penjelasan lengkapnya.

(+) Subject + to be (was / were) + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: I was walking in the park when I ran into him

(-) Subject + to be (was / were) + not + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: She was not crying at that moment.

(?) To be (was / were) + Subject + Present Participle (Verb-ing)

Contoh: Were you lying to me?

Seperti inilah sobat rumus Past Continuous Tense dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Perlu sobat perhatikan bahwa rumus di atas hanya fokus pada bagian yang kita ekspresikan dalam bentuk Past Continuous Tense saja. Di bawah ini, kita akan mempelajari pola tambahan saat ada klausa lain pada kalimat tersebut seperti pada contoh kalimat pertama di atas yang menggunakan conjunctionWhen”.

Penggunaan When dan While dalam Past Continuous Tense

Jika kita perhatikan dari awal, sepertinya ada begitu banyak contoh kalimat Past Continuous Tense yang mengandung dua kejadian di dalamnya ya. Dua kejadian itu terpisah menjadi dua klausa dan dalam hal ini, ada dua subordinate conjunction yang sering kita gunakan yaitu: When dan While.

Pada bagian ini, kita akan mempelajari apa perbedaan dalam penggunaan When dan While dalam kalimat Past Continuous Tense.

Secara singkat, When dan While sama-sama digunakan untuk menunjukkan waktu terjadinya suatu aksi atau tindakan. Dalam Past Continuous Tense, keduanya memegang peranan yang berbeda, yaitu:

Gunakan “When” saat kejadian dalam dua klausa yang muncul memiliki bentuk waktu yang berbeda atau dengan kata lain diungkapkan dalam tenses yang berbeda.

Contoh: I was practicing my speech when the Mayor called me yesterday.

Rumus: Past Continuous Tense + when + Simple Past Tense

Gunakan “While” jika dua kejadian dalam kedua klausa dianggap sejajar dan kita ungkapkan dalam tenses yang sama.

Contoh: Cynthia was reading a novel while Monique was painting.

Rumus: Past Continuous Tense + while + Past Continuous Tense

Catatan Penting! Kita bisa tetap menggunakan “While” meski dua kejadian yang muncul memiliki bentuk waktu berbeda, dengan syarat penempatan “While” berada tepat di depan klausa berbentuk Past Continuous Tense.

Contoh: While I was watching the TV, Tina fell of the stairs.

Itulah tadi sobat perbedaan When dan While dalam Past Continuous Tense. Sekarang, setelah sobat memahami keseluruhan konsep tenses yang satu ini, kini saatnya saya menampilkan beberapa contoh kalimat untuk sobat amati.

Contoh Kalimat Past Continuous Tense

I was listening to the radio when the lightning struck the antenna.

(Saya sedang mendengarkan radio saat petir itu menyambar antenna.)

Allura wasn’t cooking around that time last night.

(Dia tidak sedang memasak pada sekitaran waktu itu semalam.)

Were Barney and Hugo playing video game when the electricity went off last night?

(Apakah Barney dan Hugo sedang bermain video game saat listrik padam semalam?)

Shakila was swimming at the pool at this time yesterday.

(Shakila sedang berenang di kolam renang pada jam segini kemarin.)

I was going to give the money to my friend but then I realized that my sister also needed it.

(Aku tadinya akan memberikan uang itu pada temanku namun aku kemudian menyadari bahwa kakak ku juga membutuhkannya.)

Junio was always looking at my answer during examination.

(Junia selalu mencontek jawabanku saat ujian.)

I was wondering if you could lend me your wheelbarrow.

(Saya bertanya-tanya apakah kamu bisa meminjamkan kereta sorong milikmu.)

Baca Juga: 100 Contoh Kalimat Past Continuous Tense Baru Dan Variatif

Selesai sudah pembahasan materi kita kali ini tentang Past Continuous Tense. Semoga penjelasan yang saya sajikan bisa dipahami dengan mudah dan bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih banyak untuk kunjunganmu hari ini, silahkan lanjutkan dengan mempelajari Simple Past Tense Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya.

Referensi:

  1. Past Continuous Tense – https://www.ef.com/ca/english-resources/english-grammar/past-continuous-tense/ – Diakses tanggal 4 Agustus 2019
  2. Past Continuous Tense – https://www.englishpage.com/verbpage/pastcontinuous.html – Diakses tanggal 4 Agustus 2019
  3. Pengertian, Rumus, Fungsi dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense – https://www.wordsmile.com/pengertian-rumus-contoh-kalimat-past-continuous-tense – Diakses tanggal 4 Agustus 2019
  4. Penggunaan Past Continuous Tense – https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/penggunaan-past-continuous-tense.aspx – Diakses tanggal 4 Agustus 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *