Participle Dalam Bahasa Inggris: Present Dan Past Participle


Sering sekali kita melihat penggunaan participle dalam rumus tenses ataupun pola kalimat. Dan mungkin dari seringnya kita memperhatikan pola kalimat yang kita temui, kita tau bahwa ada dua jenis participle yaitu present participle dan juga past participle. Perlu kita ketahui juga bahwa kedua jenis participle ini merupakan dua dari lima bentuk verb (baik regular maupun irregular) dalam Bahasa Inggris. Bentuk verb (verb form) selain present dan past participle adalah: base form, simple present dan simple past. Tapi pernahkah kita bertanya tanya, apa sebenarnya yang dimaksud dengan participle dalam Bahasa Inggris itu? Mungkin saja pertanyaan ini sempat terlintas ya di pikiranmu sobat.

Melalui artikel ini, kami ingin memberikan sedikit ulasan yang kami ketahui tentang participle dalam Bahasa Inggris. Mudah mudahan setelah membaca artikel ini nantinya sobat akan paham pengertian dari participle, penjelasan tentang kedua jenis participle yang telah kita sebutkan di atas, serta apa yang membuat present participle berbeda dengan past participle. Di bagian akhir kami juga akan menampilkan beberapa contoh penggunaan participle ini dalam kalimat, jadi mudah mudahan artikel ini akan mencakup hal hal yang perlu sobat ketahui tentang participle dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Present dan Past Participle

Participle Dalam Bahasa Inggris: Present Dan Past Participle

Pengertian Participle

Participle adalah kata yang dibentuk dari verb yang bisa digunakan sebagai verb dan adjective (verbal). Dalam present participle, proses pembentukannya adalah dengan menambahkan suffix (akhiran) “–ing” pada verb, atau biasa ita sebut Verb-ing. Sedangkan dalam past participle, proses pembentukannya ada dua, yaitu mengikuti apakah verb dasarnya berupa regular verb atau irregular verb. Dalam irregular verb bentuk past participle nya juga tidak beraturan, namun dalam regular verb biasanya verb akan diberi suffix berikut ini: -ed, -d, -t, -en, -n. Bentuk past participle ini mungkin lebih kita kenal dengan sebutan bentuk verb ketiga (verb 3), jadi jika kamu ingin melihat bentuk participle dari sebuah irregular verb, buka saja daftar verb 3 yang kamu punya.

Related: Pengertian Phrasal-Prepositional Verb Dan Contoh Kalimatnya

Berikut ini kami contohkan perubahan verb kedalam berbagai verb form termasuk kedalam present participle dan past participle.

Base FormSimple PresentSimple PastPresent ParticiplePast Participle
HelpHelp (s)HelpedHelpingHelped
JumpJump (s)JumpedJumpingJumped
BringBring (s)BroughtBringingBrought
SingSing (s)SangSingingSung

Contoh Penggunaan Participle

Seperti yang telah kami sampaikan di atas bahwa participle bisa digunakan sebagai verb ataupun verbal (berfungsi sebagai adjective). Pertama tama kita akan membahas penggunaan participle sebagai verb.

Penggunaan Participle Sebagai Verb

Saat digunakan sebagai verb, baik present participle maupun past participle sama sama akan digunakan dengan auxiliary verb. Namun terdapat perbedaan, yaitu present participle bersama auxiliary verb akan membentuk progressive atau continuous dan juga perfect continuous tense. Sedangkan past participle bersama auxiliary verb akan membentuk perfect tense dan passive voice.

Contoh Penggunaan Participle Sebagai Verb

I am working.

Auxiliary: am

Present Participle: working

He has watched.

Auxiliary: has

Past Participle : watched

Penggunaan Participle Sebagai Adjective (Verbal)

Participle juga bisa berfungsi sebagai adjective atau kadang juga disebut sebagai verbal. Dikatakan verbal karena participle dibentuk dari sebuah verb namun digunakan sebagai part of speech lain. Saat digunakan sebagai adjective participle ini disebut dengan participial adjective. Sama halnya dengan adjective pada umumnya, participle sebagai verbal juga berfungsi menerangkan noun (kata benda). Bentuk verbal ini akan sering kita jumpai dalam noun phrase dan juga reduced adjective clause.

Contoh Penggunaan Participle Sebagai Adjective (Verbal)

Present Participle: amazing film, burning house, disturbing news, tiring activity, crying baby

Past Participle: broken heart, broken home, broken bone, broken ribs, bruised face

Itulah tadi sobat sedikit ulasan dari kami tentang participle dalam Bahasa Inggris. Mudah mudahan bisa dimengerti dengan mudah. Oh ya, selain contoh penggunaan participle sebagai adjective dalam bentuk noun phrase yang sudah kami tampilkan di atas, participle juga sering muncul dalam reduced adjective clause misalnya saja seperti berikut ini: “The girl hiding under the table is my sister”. Semoga bisa dipahami ya sobat. Terimakasih untuk kunjunganmu hari ini, sampai ketemu lagi dalam artikel lain nya.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kalimat Present dan Past Participle – http://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-participle – Diakses tanggal 18 Januari 2017
  2. What are participles? – http://www.grammar-monster.com/glossary/participles.htm – Diakses tanggal 18 Januari 2017
  3. Present Participle – http://www.ef.com/english-resources/english-grammar/present-participle/ – Diakses tanggal 18 Januari 2017
  4. The Participle – http://www.chompchomp.com/terms/participle.htm – Diakses tanggal 18 Januari 2017

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *