Participial Phrase Dalam Grammar Dan Contoh Kalimatnya


Kalau ada yang bertanya tentang participial phrase kamu tau nggak? Hmm mungkin nggak tau ya, tapi kalau yang mereka tanyakan adalah participle phrase gimana? Wah kayaknya bisa kita tebak deh, pasti maksudnya adalah frasa yang berhubungan dengan bentuk participle, ya nggak? Bener banget sobat hehe, nah sobat perlu tau nih participial phrase itu nama lainnya adalah participle phrase, jadi mereka berdua itu sebenarnya adalah satu hal yang sama.

Kali ini kita akan membahas secara singkat tentang pengertian dari participial phrase, serta contoh penggunaannya dalam kalimat. Buat sobat yang sudah pernah membaca artikel kami tentang participle dan juga sudah mengerti apa itu phrase atau frasa, pastinya tidak akan kesulitan deh dalam mempelajari materi Bahasa Inggris tentang participial phrase ini. Sekarang, yuk langsung saja kita simak penjelasan materinya. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Participle Phrase

Participial Phrase Dalam Grammar Dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Participial Phrase

Participial phrase adalah frasa yang ditandai dengan adanya present atau past participle, dan karena syarat sebuah phrase atau frasa adalah harus terdiri dari dua kata atau lebih maka setelah bentuk participle ini kemudian biasanya akan diikuti dengan modifier dan dengan atau tanpa complement untuk melengkapi maknanya.

Related: Penjelasan Lengkap Word Order Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Participial phrase saat digunakan dalam kalimat berfungsi sebagai adjective (kata sifat). Hal ini memiliki kemiripan dengan gerund phrase, sehingga kadang kita agak kebingungan dalam membedakannya. Nah dengan mengingat fungsi dari participial phrase sebagai adjective dalam kalimat, kita akan lebih mudah membedakannya dengan gerund phrase yang berfungsi sebagai noun (kata benda) dalam kalimat.

Karena berfungsi sebagai adjective yang menerangkan kata benda, maka letak participial phrase dalam sebuah kalimat akan berada di dekat noun yang dijelaskannya (bisa berada di depan, di tengah ataupun di belakang kata benda). Dalam penulisannya kita perlu memperhatikan penggunaan tanda baca koma. Jika participial phrase terletak di awal kalimat, maka tanda comma (koma) perlu ditambahkan setelahnya. Jika letaknya ada di tengah kalimat dan mengandung informasi yang bersifat non-restrictive / non-defining / non-essential (bersifat tidak begitu penting), maka participial phrase ini harus di apit oleh comma. Sebaliknya jika informasi yang terkandung di dalamnya bersifat restrictive (penting), maka tanda baca comma tidak digunakan.

Contoh Penggunaan Participial Phrase Dalam Kalimat

The man lifting the box is Mr.Burkman.

Participial phrase: lifting the box (menerangkan the man)

The boy riding bicycle is my son.

Participial phrase: riding bicycle (menerangkan the boy)

The avocado brought by my uncle is rotten.

Participial phrase: brought by my uncle (menerangkan the avocado)

Studying geography, they used the google map.

Participial phrase: Studying geography (Menerangkan alasan penyebab sesuatu terjadi)

Oke deh sobat, itu tadi sekilas materi tentang participial phrase dalam Bahasa Inggris yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Kami minta maaf jika ada kesalahan dalam materi yang kami sampaikan. Terimakasih untuk kunjunganmu hari ini, sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Participial Phrase – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-participial-phrase – Diakses tanggal 19 Januari 2017
  2. What Are Participle Phrases? (with Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/participle_phrases.htm – Diakses tanggal 19 Januari 2017
  3. The Participle Phrase – http://www.chompchomp.com/terms/participlephrase.htm – Diakses tanggal 19 Januari 2017
  4. Pemahaman Mengenai Participial Phrase – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/pemahaman-mengenai-participial-phrase.aspx – Diakses tanggal 19 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *