Participial Adjective Dalam Grammar Dan Contoh Kalimatnya


Masih ingatkah kamu kemarin kita sempat menyinggung sedikit tentang participial adjective dalam artikel yang membahas tentang participle dan penggunaannya? Nah dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas secara lebih rinci mengenai hal itu. Jadi buat sobat yang kemarin sempat penasaran seperti apa participial adjective dalam grammar Bahasa Inggris itu, kami harap artikel kali ini bisa menyediakan jawabannya untuk kamu. Selamat membaca. – Bigbanktheories.com

Participle Adjective ing and ed

Participial Adjective Dalam Grammar Dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Participial Adjective

Participial adjective adalah sebutan lain untuk participle saat digunakan sebagai adjective (verbal). Ini artinya kata sifat yang termasuk kedalam participial adjective pada awalnya atau kata dasarnya bukanlah merupakan sebuah adjective namun berasal dari verb (kata kerja). Tapi meskipun kosakata tersebut bisa dibilang merupakan kata bentukan dari verb, namun dalam beberapa kamus kosakata yang termasuk kedalam participial adjective ini sudah diakui secara sah sebagai sebuah adjective lho, dan dengan begini mereka pun bisa kita gunakan seperti adjective pada umumnya yaitu untuk menerangkan kata benda (noun modifier).

Berbagai Bentuk Participial Adjective

Karena pada dasarnya participial adjective merupakan bentuk participle, maka bentuk bentuk dalam participial adjective pun secara umum sama dengan bentuk dalam participle, yaitu ada yang berakhiran –ing (present participle) dan ada pula yang berakhiran -ed atau bisa dikatakan mengikuti bentuk verb 3 dari verb dasarnya (past participle), terutama untuk kata yang berasal dari irregular verb. Selain dua bentuk tersebut ada juga participial adjective yang terdiri dari compound adjective. Berikut ini contoh nya.

Related: Ini Dia Pengertian Preposition Of Place Beserta Contohnya

Contoh Participial Adjective Berakhiran –ing

Annoying, Amazing, Barking, Burning, Confusing, Crying, Disturbing, Exciting, Frightening, Relaxing, Surprising, Tiring, dan masih banyak yang lainnya.

Contoh Kalimat:

That was an amazing talent show.

(Itu adalah pertunjukan bakat yang mengaggumkan.)

The lecturer gave us a very confusing assignment.

(Dosen itu memberi kami sebuah tugas yang sangat membingungkan.)

Contoh Participial Adjective Mengikuti Bentuk Verb 3 (penambahan suffix: -ed, – d, -t, -en, -n)

Acknowledged, Annoyed, Coded, Destroyed, Excited, Frightened, Tired, Interested, dan masih banyak lagi.

Contoh Kalimat:

We cannot read this coded message.

(Kami tidak bisa membaca pesan bersandi ini.)

The technician cannot recover any data from a destroyed hard drive.

(Teknisi itu tidak bisa mendapatkan data apapun dari perangkat keras yang rusak.)

Contoh Participial Adjective Dalam Bentuk Compound Adjective

Battery-powered, English-speaking, Half-cooked Last-minute, Mouth-watering, Record-breaking, Sun-dried, Well-played

Contoh Kalimat:

The game is well-played by Indonesian team.

(Pertandingan itu dimainkan dengan sangat baik oleh tim Indonesia.)

It is not battery-powered car, it is solar-powered.

(Itu bukanlah mobil bertenaga baterai, tapi bertenaga matahari.)

Itulah tadi sobat berbagai bentuk participial adjective dan juga contohnya. Ingat, khusus pada compound adjective, kita harus menggunakan tanda baca hyphenation (-) agar tidak menyebabkan makna yang ambigu.

Fungsi Participial Adjective

Kita bisa membedakan fungsi participial adjective menjadi dua yaitu fungsi attributive dan juga fungsi predicative. Berikut ini penjelasan untuk masing masing fungsi tersebut.

Fungsi Attributive

Sebuah participial adjective digolongkan kedalam attributive saat letaknya berada tepat sebelum noun (kata benda) yang dijelaskan dan tanpa diselingi dengan linking verb.

Contohnya: amazing talent show, confusing assignment, coded message, destroyed hard drive dan sebagainya.

Fungsi Predicative

Sebuah participial adjective digolongkan kedalam predicative saat letaknya berada setelah noun dan dipisahkan dengan linking verb.

Contohnya:

The car is solar powered.

The assignment is confusing.

The talent show was amazing.

This message is coded.

Berbagai Sifat Dari Participial Adjective

Sama halnya dengan adjective pada umumnya, participial adjective juga bisa dimodifikasi dengan adverb of degree, memiliki bentuk comparative dan superlative, serta dapat berfungsi attributive dan juga predicative. Perhatikan contoh berikut ini.

Contoh Participial Adjective dengan Adverb of Degree:

Very amazing talent show, very confusing assignment, less exciting activity.

Contoh Bentuk Comparative dan Superlative pada Participial Adjective

The exciting activity, more exciting activity, most exciting activity.

Oke deh sobat, itulah tadi ulasan singkat dari kami tentang materi Bahasa Inggris tentang participial adjective dalam grammar serta contoh penggunaannya dalam kalimat. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, semoga artikel yang kamu baca di website kami bisa membawa manfaat bagimu. Kami tunggu kunjunganmu lagi besok ya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Participial Adjective – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-participial-adjective – Diakses tanggal 19 Januari 2017
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Participial Adjective – http://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/2015/06/pengertian-dan-contoh-kalimat-participial-adjective.html – Diakses tanggal 19 Januari 2017
  3. Participial Adjectives – http://catatanbahasainggris.blogspot.co.id/2009/03/participial-adjectives.html – Diakses tanggal 19 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *