Panduan Penggunaan Punctuation Marks Dalam Bahasa Inggris


Saat kita berbicara, mungkin kita bisa berhenti sejenak dan memberikan jeda atau pun merubah nada suara kita sebagai tanda adanya penekanan pada poin poin tertentu. Namun bagaimanakah dengan menulis? Nah inilah pentingnya punctuation marks dalam tulisan kita sobat, saat ingin memberikan penekanan tertentu dalam tulisan kita merekalah yang mengambil peranan tersebut. Artikel kali ini akan memberikan penjelasan serta panduan mengenai kapan dan bagaimana kita harus menggunakan berbagai macam punctuation marks yang ada dalam Bahasa Inggris. Selamat membaca. – Bigbanktheories.com

Macam Macam Punctuation Marks

Panduan Penggunaan Punctuation Marks Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Punctuation Marks

Punctuation marks artinya tanda baca. Baik dalam Bahasa Indonesia maupun dalam Bahasa Inggris kita tentu pernah mengenal beberapa jenis tanda baca yang umum digunakan dalam tulisan. Berikut ini adalah macam macam punctuation yang penting untuk kita ketahui : Full Stop / Period (tanda titik), Question Mark (tanda tanya), Exclamation Point (tanda seru), Comma (tanda koma), Colon (tanda titik dua), Semicolon (tanda titik koma), Dash (tanda garis pisah), Hyphen (tanda sambung), Slash (garis miring), Parentheses (tanda kurung), Brackets (tanda kurung besar), Braces, Apostrophe (tanda apostrof), Quotation Marks (tanda kutip), dan Ellipses.

Nah, sekarang mari kita lihat penjelasan serta panduan penggunaan yang tepat untuk masing masing punctuation marks di atas. Untuk mengawalinya kami akan mengulas tentang beberapa punctuation yang diletakkan di bagian akhir kalimat, mereka adalah : Full Stop / Period ( . ), Question Mark ( ? ), Exclamation Point ( ! ).

Related: Hindari Kesalahan Umum Penggunaan Preposition Berikut Ini

Panduan Penggunaan Punctuation Marks (Tanda Baca)

Full Stop / Period ( . )

Tanda baca full stop / period di letakkan di bagian akhir dari sebuah declarative sentence, indirect question, pernyataan yang dianggap utuh atau lengkap, ataupun setelah singkatan (abbreviations).

Contoh : The plane is at 30.000 ft. above the sea surface.

Question Mark ( ? )

Question mark adalah punctuation yang kita gunakan di bagian akhir direct question dan juga question tag.

Contoh : You are a doctor, aren’t you?

Exclamation Point / Mark ( ! )

Exclamation poin / Mark ini merupakan punctuation yang kita gunakan untuk mengakhiri exclamatory sentence (kalimat seru).

Contoh : Watch out!

Comma ( , )

Comma kita gunakan dalam kalimat untuk menunjukkan pemisahan ide, atau elements yang menjadi bagian penyusun dari sebuah kalimat. Selain itu tanda baca ini juga kita tambahkan setelah salam pembuka dalam penulisan letter.

Contoh : Dear uncle Markibo,

Colon ( : )

Secara umum, colon kita gunakan untuk memisahkan pernyataan umum dengan rinciannya, serta kita gunakan juga dalam penulisan waktu, yakni menjadi pemisah antara jam dan menit.

Contoh : There are three important things we need to prepare before traveling abroad, they are : Map, Dictionary and vitamin.

Semicolon ( ; )

Kita menggunakan semicolon untuk menghubungkan dua independent clause agar menjadi satu kalimat. Penggunaan tanda baca ini juga menunjukkan kedekatan hubungan antar klausa tersebut.

Contoh : I have a final examination tomorrow; I can’t go out with you tonight.

Dash & Hyphen ( – )

Tanda baca dash dan hyphen memiliki symbol yang sama yaitu ( – ). Beda antara keduanya adalah pada fungsi nya, jika tujuannya adalah memisahkan unsure dalam kalimat, maka yang kita gunakan sebenarnya adalah tanda dash. Sedangkan jika tujuannya adalah menghubungkan bagian yang tadinya terpisah, maka yang kita gunakan adalah  hyphen.

Contoh :

1945 – 2010 (dash)

Mr. Booth – Ryan (hyphen)

Slash ( / )

Tanda slash kita gunakan dalam beberapa hal misalnya sebagai pemisah dalam bilangan pecahan, sebagai kata “per”, pemisah baris dalam puisi, menunjukkan periode waktu dan sebagainya.

Contoh : This regulation is for 2010/11 curriculum only.

Parentheses Brackets & Braces ( [ { } ] )

Parentheses ( ), Brackets [ ] dan Braces { }, sama sama bisa disebut sebagai tanda kurung dalam Bahasa Indonesia. Perbedaan antara ketiganya adalah : Parentheses mengandung penjelasan lebih jauh tentan suatu hal.), Brackets umumnya digunakan untuk penjelasan masalah yang bersifat teknis,bisanya digunakan di dalam kamus. Sedangkan braces digunakan untuk mengurung beberapa baris dari tulisan kita, umumnya banyak digunakan dalam bahasa pemrograman computer.

Contoh : A venomous snake usually have distinctive skin (bright and colourful).

Apostrophe ( ‘ )

Tanda apostrophe biasanya kita gunakan saat kita ingin menunjukkan bentuk kepemilikan (possessive form) dari suatu benda.

Contoh : Murjuki’s car.

Quotation Marks ( “ “ )

Tanda quotation marks kita gunakan untuk menampilkan kutipan dalam tulisan kita.

Contoh : Oscorp Technology scientists’ believe that they have found a real life “angel” in the pacific ocean.

Ellipses ( … )

Tanda ellipses ini kita gunakan untuk menunjukkan bahwa adanya penghilangan huruf atau kata dalam penulisan. Biasanya ini sengaja dipakai dalam sebuah quotation untuk memotong dan melompati suatu ide yang di kutip.

Contoh : It is one of an unbelieveable story that “Oscorp Technology scientists’ … found a real life “angel” in the pacific ocean.”

Oke sobat, itulah sedikit ulasan dari kami tentang penggunaan punctuation marks dalam Bahasa Inggris, semoga bisa dimengerti dengan mudah. Kami minta maaf jika ada kekurangan dan juga kesalahan dalam penyampaian materi kali ini, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi :

  1. Punctuation – https://owl.english.purdue.edu/owl/section/1/6/ – Diakses tanggal 1 Desember 2016
  2. Pengertian Dan Macam Punctuation (Tanda Baca Dalam Bahasa Inggris) – http://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-punctuation-tanda-baca – Diakses tanggal 1 Desember 2016
  3. What Are The Fourteen Punctuation Marks In English Grammar? – http://grammar.yourdictionary.com/punctuation/what/Fourteen-Punctuation-Marks.html – Diakses tanggal 1 desember 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *