Pahami Konsep Dasar For Dan Since Ini Agar Tidak Bingung


For dan Since sebenarnya sudah jelas berbeda, baik dari bentuk fisik kata nya dan juga maknanya. Tapi sampai saat ini masih banyak lho yang bingung dalam menentukan perbedaan antara kata For dan Since ini. Sebenarnya kebingungan ini timbul karena penggunaan khusus dari kedua kata tersebut.

Baik kata For maupun kata Since, keduanya ternyata bisa digunakan untuk membicarakan waktu (time). Penggunaan seperti ini biasanya akan kita jumpai dalam penggunaan tenses present perfect atau juga present perfect continuous, yang jelas keduanya digunakan oleh si pembicara untuk membicarakan sesuatu yang bermula di masa lampau (past) dan masih berlanjut hingga saat ini atau hingga suatu masa. Nah, disinilah makna antara For dan Since tersebut menjadi samar sehingga menjadi membingungkan dan sulit dibedakan penggunaannya bagi sebagian orang.

Tapi, taukah kamu bahwa jika kita memahami konsep dasar pengertian dan penggunaan For dan juga Since, maka kedepannya kita tidak akan bingung lagi? Nah, untuk itulah kami sengaja menyajikan artikel ini dihadapan sobat pembaca semua, agar makin banyak orang yang bisa memahami konsep mudah perbedaan For dan Since dalam Bahasa Inggris ini. Penjelasan kali ini tidak akan panjang kok, jadi luangkan waktumu sebentar saja dan bacalah penjelasan tentang penggunaan kata For dan Since berikut ini. – Bigbanktheories.com

Related: Misplaced Modifier Beserta Contoh Dan Cara Mengatasinya
Pahami Konsep Dasar For Dan Since Ini Agar Tidak Bingung

Perbedaan Antara For dan Since Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan For Dan Since

For dan Since saat digunakan dalam present perfect tense ataupun present perfect continuous tense bisa menjelaskan durasi dari suatu tindakan atau kejadian. Namun efek yang ditimbulkan dari penggunaan kedua kata tersebut akan memberi pengaruh yang berbeda terhadap makna kalimat. Mari kita pelajari satu persatu.

Pengertian dan Penggunaan For

For jika diterjemahkan dalam situasi ini atinya adalah “Selama”. Melihat dari pengertiannya, mungkin kita bisa menebak ya bagaimana sebenarnya penggunaan kata For ini dalam kalimat. Perlu kami jelaskan bahwa, kita menggunakan kata For untuk mengukur durasi atau bisa dikatakan dengan menggunakan kata For dalam kalimat, maka kita akan tau seberapa lama sesuatu itu terjadi. Misalnya saja seperti pada contoh berikut ini:

Marina has lived in this house for five years.

(Marina telah tinggal di rumah ini selama lima tahun.)

Karena pola ini, maka sebagian orang ada yang merumuskan penggunaan kata For sebagai berikut:

For + a Period of time

Sampai disini bisa dimengerti kan sobat? Sekarang kita lanjut kepada pembahasan tentang Since.

Pengertian dan Penggunaan Since

Since jika kita terjemahkan maka artinya adalah “Sejak”. Dengan pengertian tersebut, sekarang mungkin kita bisa juga menebak cara penggunan kata Since dalam kalimat seperti yang kita lakukan barusan terhadap kata For ya. Nah, perlu kami sampaikan bahwa penggunaan kata Since dalam kalimat akan memberi keterangan tentang titik mulai suatu kejadian atau suatu tindakan, jadi dengan digunakannya kata Since dalam kalimat, kita akan bisa mengetahui kapan suatu hal itu bermula. Contohnya seperti kalimat di bawah ini:

Marina has lived in this house since 2012.

(Marina telah tinggal di rumah ini sejak tahun 2012.)

Pola ini pun akhirnya dirumuskan oleh beberapa orang menjadi seperti berikut ini:

Since + a point of time

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah apakah jika kita menggunakan Since maka kita tidak bisa mengetahui durasi waktu atas suatu kejadian? Jawabannya ya tentu saja bisa sobat, tapi itu berarti keterangannya berada di luar kalimat tersebut dan merupakan kesimpulan yang kita tarik sendiri, contoh nya pada kalimat di atas “Marina telah tinggal di rumah ini sejak tahun 2012.”, jika kamu ditanya tentang durasi, sudah berapa lama marina tinggal di rumah tersebut? Bisakah kamu menjawab nya? Jika iya, apa jawabanmu? Mungkin kamu akan menjawab “five years” atau “lima tahun”, mengapa? Ya karena sekarang sudah tahun 2017.

Kumpulan Contoh Kalimat Since dan For

I have worked at this company for fifteen years.

(Saya telah bekerja di perusahaan ini selama lima belas tahun.)

Farah has been married for seven months.

(Farah telah menikah selama tujuh bulan.)

Mr.Amirno and his wife have been at the hotel for a month.

(Mr. Amirno dan istrinya telah berada di hotel itu selama satu bulan.)

I’ve had this laptop since 2010.

(Saya telah memiliki laptop ini sejak tahun 2010.)

I’ve been waiting in front of his door since 8 o’clock.

(Saya telah menunggu di depan pintu nya sejak jam 8.)

She has been studying since 5 o’clock.

(Dia telah belajar sejak jam 5.)

Bagaimana sobat mudah kan ternyata penjelasan di atas. Itulah tadi sekilas yang bisa kami sampaikan seputar konsep dasar yang perlu kita pahami agar tidak bingung nanti nya dalam membedakan penggunaan For dan Since. Kalau begitu kami pamit dulu, terimakasih banyak sudah mengunjungi website kami hari ini. Oh ya, pastikan kamu sudah membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul Sebutan Tanda Titik dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya. Oke deh, sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. Present Perfect With For and Since – http://www.ef.com/english-resources/english-grammar/present-perfect-and/ – Diakses tanggal 5 Juni 2017
  2. For – Since – http://www.grammar.cl/Notes/For_Since.htm – Diakses tanggal 5 Juni 2017
  3. For / Since – http://esl.fis.edu/grammar/rules/since.htm – Diakses tanggal 5 Juni 2017
  4. For and Since for Time – https://www.englishclub.com/grammar/verbs-m_for-since.htm – Diakses tanggal 5 Juni 2017
  5. Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kalimat For/Since – https://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-for-since – Diakses tanggal 5 Juni 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *