Oxymoron Dan Berbagai Contohnya Dalam Bahasa Inggris


Hai sobat, pernahkah kamu mendengar istilah Oxymoron sebelumnya? Mungkin ini kali pertama bagimu mendengar kata ini disebutkan ya. Hingga saat ini, sepertinya masih banyak yang belum begitu familiar dengan istilah Oxymoron ini. Padahal, bagi kita yang sudah menggunakan Bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari, kita pasti pernah mendengar atau bahkan menggunakan beberapa contohnya. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Oxymoron itu? Jadi penasaran kan? Yuk simak penjelasan singkatnya berikut ini. – Bigbanktheories.com

Examples Of Oxymoron

Oxymoron Dan Berbagai Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Oxymoron

Oxymoron adalah figure of speech (majas) yang menggabungkan atau menempatkan kata-kata yang memiliki makna yang bersifat kontradiktif atau saling bertolak belakang. Kombinasi kosakata ini sering digunakan untuk berbagai tujuan tertentu, seperti misalnya menampilkan efek drama bagi pembaca, atau bisa juga untuk membuat pembaca berfikir sejenak, atau bisa juga untuk mengundang tawa.

Oxymoron (dalam bentuk plural nya biasa disebut “oxymorons” atau “oxymora”), juga merupakan salah satu Rhetorical Devices dalam writing. Sama halnya dengan rhetorical devices yang lain, Oxymoron juga bisa menjadi salah satu tehnik yang digunakan penulis untuk membangkitkan emosi pembaca atau pendengar.

Related: Sebutan Tanda Titik Dalam Bahasa Inggris Dan Penggunaannya

Hanya dengan membaca pengertiannya, akan sulit bagi kita untuk memahami konsep dari Oxymoron ini. Namun jika sobat sudah memperhatikan beberapa contohnya, saya yakin, pemahaman akan apa itu yang disebut dengan Oxymoron akan muncul di benak sobat semua. Oleh karena itu, yuk kita lihat beberapa contoh Oxymoron dalam Bahasa Inggris berikut ini.

Contoh Oxymoron Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa contoh Oxymoron dalam Bahasa Inggris yang umum digunakan oleh native speaker. Beberapa diantaranya mungkin saja sudah pernah kamu dengar atau bahkan pernah gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Act naturally

Advanced BASIC

Airline food

Almost exactly

Alone together

Amazingly awful

Artificial reality

Bittersweet

Civil war

Clearly confused

Clearly misunderstood

Cruel kindness

Dark light

Deafening silence

Definitely maybe

Exact estimate

Extinct life

Farewell reception

Found missing

Friendly fire

Genuine imitation

Good grief

Government ethics

Government organization

Growing smaller

Holy war

Jumbo shrimp

Legally drunk

Living dead

New classic

Only choice

Open secret

Original copy

Painfully beautiful

Passive aggression

Passive aggressive

Peace force

Perfect reject

Plastic glass

Political science

Pretty ugly

Random order

Resident alien

Same difference

Sanitary landfill

Silent scream

Small crowd

Soft rock

Sweet sorrow

Synthetic natural gas

Taped live

Terribly pleased

Tight slacks

True myth

United nations

Walking dead

Weirdly normal

Working vacation

Oke deh sobat, itulah tadi penjelasan singkat yang bisa saya bagikan seputar pengertian Oxymoron dalam Bahasa Inggris dan beberapa contohnya. Saya harap penjelasan singkat dalam artikel kali ini bisa sobat pahami dengan mudah. Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga akhir, semoga bermanfaat. Saya tunggu kunjunganmu selanjutnya, dan jangan lupa baca juga Pengertian Clause Beserta Jenis Dan Contoh Lengkapnya.

Referensi:

  1. Examples of Oxymorons – http://examples.yourdictionary.com/examples-of-oxymorons.html – Diakses tanggal 2 Oktober 2018
  2. Oxymoron – https://www.merriam-webster.com/dictionary/oxymoron – Diakses tanggal 2 Oktober 2018
  3. Oxymoron – https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Oxymoron – Diakses tanggal 2 Oktober 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *