Negative Adverb Dalam Grammar Beserta Contoh Dan Artinya


Saat pertama mendengar istilah negative adverb, apa yang kamu pikirkan? Kalau saya sih awalnya agak kaget, kenapa begitu? Karena saya fikir adverb kan kata keterangan, masa sih bisa di negatifkan. Misalnya saja nih, keterangan tempat seperti “at school” bagaimana cara merubahnya kedalam bentuk negative adverb ya? Apa kita beri tambahan kata “not”? Nah dengan rasa penasaran inilah akhirnya saya mengumpulkan penjelasan dari beberapa sumber.

Pengertian dan contoh negative adverb yang saya temukan di berbagai sumber ternyata berbeda beda sobat. Namun sobat tentunya tidak perlu kuatir, karena saya sudah mengumpulkan informasi tersebut dan tentunya saya akan berusaha menjelaskannya dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh sobat semua. Sekarang, ayo kita simak penjelasan tentang negative adverb dalam Bahasa Inggris berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Negative Adverb

Negative Adverb Dalam Grammar

Pengertian Negative Adverb

Pengertian negative adverb yang saya temukan di beberapa sumber memiliki sedikit perbedaan antara satu dan lainnya, namun pada dasarnya inilah yang beberapa sumber tersebut coba ungkapkan: negative adverb adalah adverb yang merubah makna dari suatu kata atau keseluruhan kalimat menjadi negative. Yang masih menjadi perdebatan oleh ahli bahasa adalah cakupan negative adverb ini.

Related: Penjelasan Dan Contoh Penggunaan Indefinite Relative Pronoun

Sebagian berpendapat bahwa negative adverb pada umumnya berfungsi untuk menunjukkan seberapa sering suatu verb (tindakan) terjadi, dalam hal ini cakupannya adalah adverb of frequency saja. Namun ada pula yang beranggapan bahwa negative adverb mencakup semuanya, termasuk adverb of place, time dan juga degree, dan dengan begini kata “no” dan “not” pun dianggap termasuk dalam negative adverb.

Maskipun terdapat perbedaan dalam definisi negative adverb, namun yang perlu kita ingat adalah bahwa dengan menggunakan negative adverb dalam kalimat, maka kita akan memberi atau merubah makna kalimat tersebut menjadi makna negative. Daripada bingung, ayo kita lihat beberapa contoh negative adverb berikut ini, siapa tau dengan memperhatikan contoh contohnya, sobat akan bisa menyimpulkan sendiri tentang negative adverb dan kegunaannya, sehingga akan lebih ingat nantinya.

Berbagai Contoh Negative Adverb Dalam Kalimat

Penggunan No dan Not Dalam Negative Adverb

Meski hingga kini masih ada perdebatan tentang kata No dan Not dikategorikan sebagai adverb, namun sebagian memang meyakini bahwa kedua kata tersebut adalah adverb, dan dengan kata lain termasuk dalam bentuk negative adverb, terutama saat digunakan untuk menegatifkan bentuk comparative adjective atau comparative adverb

Contoh:

He is no better than my brother.

He walks no more quickly than his grandfather.

Sebagian orang yang menganggap kata “no” dan “not” sebagai adverb bahkan menganggap bahwa respon terhadap yes/no question juga termasuk dalam contoh penggunaan negative adverb.

Contoh:

Are you Javanese? – No

Do you smoke? – No

Sedangkan untuk kata not, akan sering kita jumpai pada contoh negative statement, misalnya untuk kalimat yang mengandung verb be.

Contoh:

I am not there.

They are not here.

Itulah tadi beberapa penjelasan dan contoh untuk negative adverb yang cakupannya cukup luas yaitu meliputi adverb of place, time dan sebagainya. Berikut ini akan berbeda, karena kita akan membahas negative adverb dari sudut pandang orang orang yang mengangggap bahwa cakupan negative adverb itu terbatas pada adverb of frequency saja.

Berikut ini beberapa adverb yang dianggap telah membawa makna negative di dalamnya: barely, hardly, never, no, not, scarcely, seldom, rarely. Negative adverb yang berupa adverb of frequency ini umumnya digunakan untuk menerangkan verb (kata kerja) atau adjective (kata sifat).

Contoh:

We barely even talk to each other.

I never steal anything from anyone.

Nah itulah tadi sobat penjelasan singkat tentang negative adverb beserta beberapa contohnya. Bagaimana menurutmu? Apa penjelasan dalam artikel ini cukup mudah untuk dipahami? Kami berharap begitu ya. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, semoga kamu bisa mengambil manfaat dari artikel yang kamu baca di website ini, sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Negative Adverb – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-negative-adverb – Diakses tanggal 26 Januari 2017
  2. Negative Adverbs – http://www.thefreedictionary.com/Negative-Adverbs.htm – Diakses tanggal 26 Januari 2017
  3. Negative Adverbs – http://www.elearnenglishlanguage.com/blog/learn-english/grammar/negative-adverbs/ – Diakses tanggal 26 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *