Misplaced Modifier Beserta Contoh Dan Cara Mengatasinya


Misplaced modifier adalah salah satu dari kesalahan umum dalam penggunaan modifier dalam Bahasa Inggris. Kesalahan umum lainnya yaitu dangling modifier dan squinting modifier. Kembali lagi kedalam tema pembahasan materi kali ini yaitu misplaced modifier, mungkin dengan melihat namanya sobat bisa menerka ya kesalahan apa yang terjadi, dan memang ternyata sesuai dengan namanya, misplaced modifier adalah modifier yang salah tempat dalam sebuah kalimat.

Tapi tentunya timbul pertanyaan juga ya, apa yang dimaksud dengan salah tempat disini? Dan tentunya yang ingin kita lihat adalah bagaimana contoh misplaced modifier itu sebenarnya. Sobat akan menemukan penjelasannya dalam artikel ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Misplaced Modifier

Misplaced Modifier Beserta Contoh Dan Cara Mengatasinya

Pengertian Misplaced Modifier

Yang dimaksud dengan misplaced modifier adalah sebuah kata (word), frasa (phrase) atau klausa (clause) yang dipisahkan secara tidak tepat dengan kata atau bagian kalimat yang dimodifikasinya atau diterangkannya. Karena pemisahan atau penempatan yang tidak tepat ini suatu kalimat akan terdengar aneh, membingungkan dan terkadang menjadi tidak logis.

Related: Verb Derivation Dan Contoh Pemakaiannya Dalam Kalimat

Contoh Misplaced Modifier

I found a gold woman’s necklace in front of my house.

(Saya menemukan sebuah kalung milik wanita emas di depan rumah saya.)

Karena penempatan modifier “gold” yang tidak tepat, makna kalimat di atas menjadi aneh. Menurutmu mana yang seharusnya menjadi bagian yang dijelaskan oleh modifier tersebut? Ya, benar sekali kata yang seharusnya dimodifikasi (head) adalah “necklace”, sehingga kalimatnya akan menjadi seperti berikut ini:

Contoh Perbaikan Misplaced Modifier

I found a woman’s gold necklace in front of my house.

(Saya menemukan sebuah kalung emas milik wanita di depan rumah saya.)

Berbagai Jenis Misplaced Modifiers

Terdapat beberapa jenis atau tipe dari misplaced modifier, yaitu sebagai berikut:

Misplaced Adjective

Misplaced adjective artinya suatu adjective yang dipisahkan secara tidak tepat dengan noun (kata benda) yang diterangkannya, dan pada umumnya selalu membuat makna jadi tidak tepat.

Contoh Misplaced Adjective

My mother fried cooked tempe for lunch.

(Ibu saya menggoreng tempe yang telah dimasak untuk makan siang.)

Tentunya kita tau ya, apa yang seharusnya dimodifikasi oleh modifier “fried” dalam kalimat tersebut. Cara mengatasi misplaced modifier dalam bentuk ini adalah dengan memindahkan modifier yang berupa adjective tersebut ke dekat noun yang diterangkannya. Bentuk perbaikannya akan menjadi seperti berikut ini:

Contoh Perbaikan Misplaced Adjective

My mother cooked fried tempe for lunch.

(Ibu saya memasak tempe goreng untuk makan siang.)

Penempatan Adverb Dalam Kalimat

Letak adverb dalam sebuah kalimat bisa mempengaruhi makna dari kalimat tersebut. Tugas kita sebagai penulis adalah memilih penempatan yang tepat agar makna yang ingin kita sampaikan bisa dimengerti dengan jelas.

Perhatikan beberapa kalimat berikut ini:

Just Phil Coulson was assigned to lead the project.

(Hanya Phil Coulson yang ditugaskan untuk memimpin proyek itu.)

Phil Coulson was just assigned to lead the project.

(Phil Coulson baru saja ditugaskan untuk memimpin proyek itu.)

Phil Coulson was assigned to lead just the project.

(Phil Coulson ditugaskan untuk memimpin hanya proyek itu.)

Bagaimana sobat? Luar biasa ternyata ya pengaruh penempatan adverb dalam kalimat. Kesalahan dalam penempatan adverb bisa merubah total makna yang sebenarnya ingin kita sampaikan, jadi pilihlah dengan hati hati. Supaya kamu lebih bisa berhati hati dalam menggunakan adverb, berikut ini adalah beberapa adverb yang perlu kamu perhatikan penggunaannya karena cukup sering menyebabkan kesalahan penempatan, adverb tersebut adalah: only, just, nearly, merely dan almost.

Misplaced Phrases

Kesalahan penempatan modifier dalam bentuk phrase (frasa) juga bisa mengakibatkan arti kalimat tersebut menjadi aneh dan tidak masuk akal. Cara mengatasi hal ini adalah dengan memindahkan phrase tersebut ke dekat noun atau bagian kalimat yang diterangkannya.

Contoh Misplaced Phrase

We saw a fence behind the factory made of barbed wire.

(Kami melihat pagar dibelakang pabrik yang terbuat dari kawat berduri.)

Bagaimana menurutmu sobat? Ada yang aneh tidak? Mungkin muncul pertanyaan di pikiranmu ya saat membaca contoh kalimat itu, yang terbuat dari kawat berduri itu pabriknya atau pagarnya? Nah tentunya contoh misplaced phrase ini perlu perbaikan ya. Caranya adalah dengan memindahkan modifier dalam bentuk phrase ini ke dekat noun yang diterangkannya.

Contoh Perbaikan Misplaced Phrase

We saw a fence made of barbed wire behind the factory.

(Kami melihat pagar terbuat dari kawat berduri di belakang pabrik itu.)

Misplaced Clause

Sama dengan kesalahan penempatan modifier lainnya, misplaced clause juga bisa mengakibatkan makna kalimat berubah dan bahkan jadi sulit untuk dipahami. Cara mengatasinya pun sama, yaitu dengan memindahkan clause tersebut kedekat bagian kalimat yang seharusnya diterangkannya.

Contoh Misplaced Clause

Mr. Kurt Waller gave a leather wallet to the boss that was well polished.

(Tuan Kurt Waller memberikan sebuah dompet kulit kepada atasannya yang telah dipelitur dengan baik.)

Siapa yang dipelitur? Atasannya? Hehe tentu bukan ya, mari kita perbaiki misplaced clause di atas.

Contoh Perbaikan Misplaced Clause

Mr. Kurt Waller gave a leather wallet that was well polished to the boss.

(Tuan Kurt Waller memberikan sebuah dompet kulit yang telah dipelitur dengan baik kepada atasannya.)

Nah, baru deh kalimatnya make sense atau masuk akal.

Bagaimana sobat, setelah membaca penjelasan yang kami berikan tentang misplaced modifier ini apa yang kamu dapatkan? Kami harap kamu bisa mendapat manfaat ya dengan membaca artikel ini. Terimakasih banyak atas kunjungannya, jumpa lagi dalam artikel lainnya, dan jangan lupa kunjungi terus bigbanktheories.com, sampai jumpa.

Referensi:

  1. What is a misplaced modifiers – https://webapps.towson.edu/ows/moduleDangling.htm – Diakses tanggal 29 Januari 2017
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Misplaced Modifier – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-misplaced-modifier – Diakses tanggal 29 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *