Mengenal Double Superlative Dalam Grammar Bahasa Inggris


Double superlative adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada salah satu jenis error dalam tata aturan grammar Bahasa Inggris. Meski saat ini sudah dikategorikan sebagai suatu konstruksi yang salah dan tidak standar, namun ternyata dari dulu hingga sekarang masih saja ada yang menggunakan Double Superlative ini dalam kalimat. Salah satu alasannya adalah karena hal ini dianggap bisa memberi penekanan yang lebih terhadap hal yang ingin di ungkapkan.

Meskipun Double Superlative ini dianggap salah dan sudah pasti tidak akan kita gunakan dalam penulisan, namun memiliki pengetahuan tentang style atau gaya dalam berbahasa dari native speaker menurut saya sangat berguna bagi pembelajar bahasa asing seperti kita. Jadi, baca dan pelajarilah pembahasan tentang Double Superlative kali ini, karena siapa tau saja kan kamu nanti punya kesempatan untuk tinggal di luar negeri dan menemukan penggunaan Double Superlative ini dalam percakapan ringan sehari hari di sana. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Tentang Double Superlative Dalam Bahasa Inggris

Mengenal Double Superlative Dalam Grammar Bahasa Inggris

Double Superlative dalam Bahasa Inggris

Sobat masih ingat apa itu Superlative? Ya, benar sekali, dalam Bahasa Indonesia kita sering menyebutnya dengan “tingkatan paling”. Apa maksudnya? Coba perhatikan kalimat berikut:

Related: Jenis Pronoun Case Dan Penjelasan Lengkapnya

Today is the busiest day in this week.

(Hari ini adalah hari paling sibuk dalam minggu ini.)

Nah, contoh seperti dalam kalimat di atas inilah yang kita sebut dengan Superlative atau “Tingkatan Paling” tadi sobat, tentunya kamu masih ingat dengan materi ini kan. Pelajari selengkapnya tentang pembentukan Superlative di sini.

Kalau kamu masih ingat dengan materi tentang Superlative, tentu kamu juga ingat bahwa ada dua cara dalam membentuk “Tingkatan Paling” ini, yaitu:

Dengan menambahkan akhiran “-est” seperti:

young – youngest

old – oldest

fine – finest

Dengan menambahkan kata “most” seperti:

difficult – most difficult

handsome – most handsome

famous – most famous

Nah, yang dimaksud dengan Double Superlative adalah saat seseorang menggunakan kedua cara pembentukan Superlative di atas secara bersamaan, padahal seharusnya kita hanya menggunakan salah satu saja. Inilah sebabnya Double Superlative dikategorikan sebagai kesalahan atau error. Bagaimana ya contohnya? Perhatikan di bawah ini:

most baddest

most biggest

most dumbest

most fastest

most funniest

most hardest

most loneliest

most poorest

most slowest

most stupidest

Bagaimana sobat, kalau dibaca sekilas sepertinya deretan contoh di atas terdengar oke dan benar ya. Mungkin ini juga yang dirasakan oleh native speaker yang masih menggunakan bentuk Double Superlative ini sobat, bahwa dengan menggunakan dua bentuk “Tingkatan Paling” ini, mereka bisa memberi penekanan yang lebih terhadap sebuah pernyataan, seperti misalnya dalam Bahasa Indonesia saat kita mengucapkan “Hal yang paling paling gue senengin waktu masih kecil itu waktu nonton film kartun hari minggu.” Sebenarnya kita tau bahwa tidak perlu mengucapkan kata “paling” hingga dua kali, namun kita tetap menerima dan menganggap wajar orang yang menggunakan kalimat seperti ini, karena kita merasa bahwa orang tersebut hanya ingin memberi penekanan yang lebih terhadap pernyataannya.

Contoh Double Superlative dalam Bahasa Inggris

Sebagai penutup, kami akan menampilkan beberapa contoh kalimat yang mengandung Double Superlative di dalamnya. Silahkan disimak, namun ingat jangan digunakan dalam situasi resmi ya.

The internet connection in this building is the most slowest in this town.

(Sambungan internet di gedung ini adalah yang paling paling lambat di kota ini.)

It was the most stupidest thing in my life.

(Itu adalah hal yang paling paling bodoh dalam hidupku.)

It was the most funniest accident I ever saw.

(Itu adalah kecelakaan yang paling paling lucu yang pernah saya saksikan.)

Last night was the most loneliest night in my life.

(Malam kemarin adalah malam yang paling paling kesepian dalam hidupku.)

Oke deh sobat, sekian yang bisa saya sajikan seputar istilah Double Superlative dalam Bahasa Inggris, semoga kamu menyukainya dan semoga informasi yang ada di dalamnya bermanfaat. Sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya, terimakasih sudah berkunjung ke website kami hari ini dan jangan lupa baca artikel kami yang berjudul Inilah Perbedaan During dan While Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Double Superlative – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-double-superlatives – Diakses tanggal 14 September 2017
  2. Double Superlative – https://forum.wordreference.com/threads/double-superlative.2493593/ – Diakses tanggal 14 September 2017
  3. Double Superlative (grammar) – https://www.thoughtco.com/double-superlative-grammar-1690476 – Diakses tanggal 14 September 2017
  4. Use of The Double Superlative – http://www.english-for-students.com/Use-of-The-Double-Superlative.html – Diakses tanggal 14 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *