Memahami Dan Menggunakan Sentence Variety Dalam Tulisan


Kapan terakhir kali kamu membuat karangan atau tulisan dalam Bahasa Inggris ? Bagaimana hasilnya ? Apakah cukup panjang ? Bagaimana dengan kalimat yang kamu gunakan ? Apakah sudah menarik atau masih terasa monoton ? Dan bagaimana juga dengan ide pokok yang ingin kamu sampaikan ? apakah menurutmu pikiranmu sudah tertuang dengan baik melalui tulisanmu ? ataukah kamu sebenarnya juga masih ragu kalau orang yang membaca hasil tulisanmu mungkin menafsirkan kalimatmu dengan cara yang berbeda ? Nah, ternyata memang menulis itu tidak semudah yang kita bayangkan ya sobat. Bukan hanya kepintaran dan pengetahuan yang luas yang dibutuhkan dalam menulis, tapi juga keluwesan kita menggunakan berbagai pola kalimat, memilih kata, memberikan penekanan pada poin poin tertentu yang dikenal dengan sentence variety (variasi dalam kalimat). Dan semua ini tentunya perlu dipelajari dan dilatih, tidak mungkin tercapai secara instan.

Gimana sobat, penasaran nggak dengan pengertian sentence variety itu seperti apa ? Dan juga apa saja yang bisa kamu lakukan dalam sentence variety sehingga akan mebuat kualitas tulisanmu jadi lebih baik ? Lewat artikel ini, ayo kita pahami bersama apa itu sentence variety dan bagaimana cara menggunakannya dalam tulisan kita. – Bigbanktheories.com

Contoh Sentence Variety

Sentence Variety Dalam Tulisan

Memahami Pengertian Sentence Variety

Sentence variety artinya variasi kalimat, maksudnya disini adalah bagaimana cara kita menggunakan sentence pattern (pola kalimat) yang beragam dalam tulisan kita. Perlu kita ketahui bahwa tidak hanya memberikan variasi dalam sentence pattern saja yang bisa kita lakukan dalam sentence variety, namun juga variasi dalam hal panjang kalimat (length), dan irama (rhythm). Tujuan kita melakukan sentence variety ini adalah agar tulisan kita menjadi lebih baik, karena jika pola yang kita gunakan sama saja dari awal hingga akhir, misalnya semua kalimat dalam satu paragraph yang kita tulis merupakan kalimat yang panjang, ini akan menjadi membosankan untuk pembaca, kita perlu memvariasikannya dengan kalimat kalimat pendek yang sekaligus dapat menjadi penekanan untuk poin penting dari artikel yang kita tulis.

Related: Bedanya Made Of Dengan Made From Itu Apa Ya?

Nah, karena sentence variety ini berkaitan dengan kreatifitas kita dalam membuat sentence pattern, dan juga bermain dengan panjang kalimat dan irama, maka ada baiknya kita mengingat kembali dari awal tentang sentence. Karena dengan begini akan menjadi lebih jelas nantinya tentang hal hal apa saja yang bisa kita rubah atau tambahkan dalam proses melakukan sentence variety ini.

Sebagai awalnya ayo kita ingat kembali pengertian sentence yang pernah kita pelajari sebelumnya. Tentu kamu masih ingat, sentence adalah kelompok kata yang minimal harus memiliki subject dan predicate. Nah, berbagai variasi kombinasi antara subject dengan predicate inilah yang menghasilkan berbagai macam sentence pattern. Salah satu contoh sentence pattern yang umum misalnya : Subject + Verb (intransitive).

Beberapa Cara Menggunakan Sentence Variety Dalam Tulisan

Berikut ini kami akan coba memberikan beberapa contoh cara menggunakan sentence variety dalam tulisan. Nantinya jika sudah terbiasa kamupun pasti akan bisa membuat variasi dalam tilisanmu sendiri.

Cara Pertama

Jika terlalu banyak simple sentence atau kalimat yang pendek pendek dalam tulisan kita, kita bisa memberikan variasi berupa compound sentence, complex sentence atau pun compound-complex sentence. Jangan lupa conjunction agar transisi dalam kalimat terasa tidak kaku.

Contohnya :

Original Text : Blend the garlic, coriander, and Pepper. Put it in a bowl. Combine the spices with flour, egg, and salt. Stir them until completely mixed.

Sentence Variety : Blend the garlic, coriander, and pepper, and put it in a bowl. After that, combine the spices with flour, egg, and salt. Finally stir them until completely mixed.

Cara Kedua

Agar tulisan kita tidak terasa membosankan kita bisa mengawali kalimat dengan sebuah adverb atau prepositional phrase.

Contohnya :

Original Text : Don’t smoke in this room. It will trigger the smoke alarm.

Sentence Variety : Don’t smoke in this room. Automatically it will trigger the smoke alarm.

Cara Ketiga

Kita juga bisa menggunakan present participle (bentuk v-ing), atau past participle (bentuk v-ed) jika subject nya sama.

Contohnya :

Original Text : Yoannita is so friendly. She has many friends.

Sentence Variety : Being so friendly, Yoannita has many friends.

Masih banyak lagi tentunya sentence pattern yang bisa kita gunakan dalam membuat variasi kalimat pada tulisan kita. Namun untuk kali ini kami cukupkan contoh dan pembahasan tentang sentence variety sampai disini dulu ya sobat. Mudah mudahan pembahasan singkat yang kami sajikan kali ini bisa kamu pahami dengan baik. Terimakasih kunjungannya kali ini, sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Referensi :

  1. Pengertian Dan Penggunaan Sentence Variety – http://www.wordsmile.com/sentence-variety – Diakses tanggal 12 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *