Mana Yang Benar Antara Near Dan Near To Dalam Bahasa Inggris


Halo sobat, malam ini saya ingin berbagi pengetahuan yang menurut saya menarik. Sobat tau arti kata “near”? Ya benar sekali, near dalam Bahasa Indonesia artinya “dekat”. Bagaimana dengan “near to”, apa ada yang tau artinya? Mungkin artinya “dekat dengan” gitu ya hehe. Inilah yang menurut saya menarik sobat, saya juga baru tau bahwa ada yang mempertanyakan hal ini dalam sebuah diskusi grup Bahasa Inggris. Pertanyaannya kira kira seperti ini, kalau kita ingin mengungkapkan kata dekat, yang benar itu menggunakan kata “near” atau “near to”? Bagaimana menurutmu sobat? Mana yang benar antara “near” dan “near to” untuk mengungkapkan kata dekat?

Jujur saja, pada awalnya tidak pernah terlintas dipikiran saya untuk menanyakan atau membahas penggunaan kata near dalam Bahasa Inggris, karena selama ini yang saya tau ya cuman satu ini, saya tidak pernah mengenal penggunaan “near to” sebelumnya. Karena itulah waktu membaca head judul diskusi tersebut, saya jadi tertarik sekali untuk membaca lebih jauh. Dan dari sumber yang telah saya baca, ternyata seperti inilah penjelasan lengkap tentang penggunaan kata near atau near to dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Near Dan Near To Dalam Kalimat

Mana Yang Benar Antara Near Dan Near To

Penjelasan Lengkap Tentang Near dan Near To

Near dan near to adalah preposition, namun di beberapa situasi kata near juga bisa berfungsi sebagai adjective. Kedua kata tersebut ternyata sama sama bisa digunakan untuk mengungkapkan kata “dekat” dalam Bahasa Inggris, tapi yang lebih umum digunakan adalah kata “near”. Salah satu alasan mengapa kata near to jadi jarang digunakan adalah karena kata “near” sendiri sudah bermakna “close to” atau dalam Bahasa Indonesia nya “dekat dengan”, jadi tidak perlu lagi ada penambahan “to” setelah kata “near”. Bahkan sebagian orang beranggapan bahwa, kata “to” itu berpasangannya dengan kata “close” dan bukan dengan “near”.

Related: Ternyata Yoke Dan Yolk Itu Berbeda Lho Ini Contoh Kalimatnya

Contoh Penggunaan Kata Near dan Near To

Saat digunakan dalam kalimat, kata near dan near to maknanya “not far away in distance” atau dalam Bahasa Indonesia nya “jaraknya tidak jauh”. Berikut ini contoh penggunaan kata near dan juga near to dalam kalimat.

I come from a small village near Jayawijaya mountain.

(Saya berasal dari sebuah desa kecil di dekat gunung Jayawijaya.)

My sister likes to stand near the window.

(Saudara perempuan saya senang berdiri di dekat jendela.)

I live near to Bekasi.

(Saya tinggal di dekat Bekasi.)

Do you live near the post office?

(Apa kamu tinggal di dekat kantor pos?)

Is it near here?

(Apakah itu di dekat sini?)

Nah itulah tadi sobat beberapa contoh penggunaan kata near dan near to dalam kalimat. Oh ya, perlu kami sampaikan juga bahwa berdasarkan diskusi yang kami baca, beberapa native speaker dari Amerika menyatakan dengan tegas bahwa mereka sangat jarang mendengar penggunaan “near to” dalam keseharian mereka. Memang mereka tidak secara langsung menyatakan bahwa itu salah, namun ternyata di Amerika yang cenderung digunakan secara umum adalah “close to”. Ini penting untuk kamu ketahui juga, ya siapa tau kan salah satu dari sobat yang membaca artikel ini dapat rejeki untuk berkunjung ke Amerika, sebaiknya hindarilah penggunaan “near to” dan juga “near”, dan lebih baik gunakan “close to” saja.

Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi temen temen yang membacanya. Kami minta maaf jika ada kesalahan dalam materi yang kami sampaikan ini, dan semoga bisa dimaklumi. Sampai jumpa lagi di kesempatan lainnya.

Referensi:

  1. Near and near to – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/near-and-near-to – Diakses tanggal 27 Januari 2017
  2. Near to or near – https://forum.wordreference.com/threads/near-to-or-near.601446/ – Diakses tanggal 27 Januari 2017
  3. Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kalimat Near dan Near To – http://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-near-to – Diakses tanggal 27 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *