Kumpulan Contoh Penggunaan When Dalam Kalimat Bahasa Inggris


Penggunaan when sebagai conjunction (kata hubung) dalam suatu kalimat sangat sering kita jumpai saat kita memakai Bahasa Inggris. Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin menunjukkan kumpulan contoh penggunaan when dalam kalimat Bahasa Inggris yang ternyata sangat beragam pola nya, yang salah satu penyebabnya adalah macam atau jenis tenses yang digunakan. Dari contoh kalimat yang menggunakan kata when dibawah ini, kami juga akan menampilkan pola pola yang digunakan untuk contoh kalimat tersebut, maksudnya adalah agar sobat bisa membuat sendiri kalimat dalam Bahasa Inggris yang menggunakan kata when sebagai conjunction dengan mengikuti pola kalimat tersebut. Ayoo kita cermati bersama penggunaan when dalam kalimat Bahasa Inggris berikut ini. – Bigbanktheories.com

Penggunaan When

Contoh Penggunaan When Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Penggunaan When Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan when dalam kalimat Bahasa Inggris. Ingat lagi, fungsi when disini adalah sebagai conjunction (kata hubung), yang berarti kata when tersebut menghubungkan 2 bagian dari kalimat yaitu bagian main clause (induk kalimat) dengan subordinate clause (anak kalimat).

Penggunaan when yang pertama yaitu ketika kita ingin menunjukkan bahwa suatu kejadian atau tindakan akan dilakukan / terjadi saat tindakan lainnya dilakukan. Dalam hal ini berarti ada dua tindakan, dan salah satu tindakan menjadi syarat dilakukannya tindakan yang lain. Perhatikan contoh kalimat berikut ini.

Related: Zero Conditional Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Kalimat 1

Your mother will make baked fish when you come home.

Pola kalimat :

Your mother will make baked fish. – Main Clause (Simple Future Tense)

When you come home. – Subordinate Clause (When + Simpe Present Tense)

Subject + will / be going to + bare infinitive + when + Subject + V1 (s/es).

Penggunaan when yang kedua yaitu saat kita ingin menunjukkan bahwa aksi atau tindakan dalam subordinate clause (anak kalimat) akan selalu dilakukan setiap kali suatu tindakan dalam main clause (induk kalimat) terjadi. Perhatikan contoh berikut ini.

Kalimat 2

Sunito comes on time when the boss is around.

Pola kalimat :

Sunito comes on time. – Main Clause (Simple Present Tense)

When the boss is around. – Subordinate Clause (When + Simple Present Tense)

Subject + V1 (s/es) + When + Subject + V1 (s/es).

Penggunaan when yang ketiga yaitu pada saat tindakan atau aksi dalam subordinate clause (anak kalimat) merupakan sebuah interupsi dari aksi lain yang sedang terjadi dimasa lalu. Jika kita ingat ingat lagi, kita sudah pernah mempelajari bagian ini yaitu pada materi tentang Past Continuous Tense, cobalah baca lagi materi tersebut.

Kalimat 3

He was standing at the bus-stop when he witnessed the accident.

Pola kalimat :

He was standing at the bus-stop. – Main Clause (Past Continuous Tense)

When he witnessed the accident. – Subordinate Clause (When + Simple Past Tense)

Subject + was / were + V-ing + When + Subject + V2

Penggunaan when yang keempat yaitu saat kejadian dalam subordinate clause terjadi sebelum aksi lainnya di masa lampau. Dan dalam hal ini, tindakan dalam main clause merupakan kebiasaan di masa lampau. Perhatikan contoh berikut ini.

Kalimat 4

I often went fishing at the river when I lived in Kalimantan.

Pola kalimat :

I often went fishing at the river. – Main Clause (Simple Past Tense)

When I lived in Kalimantan. – Subordinate Clause (When + Simple Past Tense)

Subject + V2 + When + Subject + V2

Itulah tadi sobat beberapa pola penggunaan when dalam kalimat Bahasa Inggris. Sekarang kamu tentunya ingin melihat lebih banyak contoh kalimat menggunakan when sebagai conjunction bukan ? oke silahkan simak penjelasan berikut ini.

Kumpulan Contoh Penggunaan When Dalam Kalimat

I was studying geography when Andiol came.

I will buy a new house when I get the lottery.

She likes to be alone when she is sad.

I was having lunch when he entered my house.

Mojako and Kojiro were playing video games when their parents came back.

Oke deh sobat semua, mudah mudahan penjelasan dan contoh kalimat yang kami berikan cukup lengkap ya. Kami akhiri sampai disini dulu artikel tentang Kumpulan Contoh Penggunaan When Dalam Kalimat Bahasa Inggris ini. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *