Khusus Membahas Penggunaan Preposition Of Terlengkap


Welcome back sobat, dalam artikel kali ini kami ingin membahas tentang penggunaan preposition “Of”. Nah, sebelum masuk ke materi pembahasan, kami ingin bertanya dulu nih gengs, taukah kamu kalau kata “Of” merupakan salah satu preposition yang paling banyak digunakan dalam kalimat? Bahkan terkadang seseorang tanpa sadar bisa membuat sebuah kalimat yang mengandung terlalu banyak kata of sehingga kalimatnya menjadi terkesan tidak ringkas.

Tim kami pun sempat melakukan kesalahan ini kemarin saat sedang menyelesaikan sebuah job terjemahan. Akhirnya klien kami pun mengirimkan ulang file hasil terjemahan tersebut dan dengan tambahan pesan di dalamnya “tolong kata of nya dikurangin ya, di buat simple aja kalimatnya”, hehe begitu deh ceritanya. Kalau begitu, bagaimana sih cara penggunaan preposition “of” yang baik dalam kalimat? Untuk penjelasan itu, baca artikel kami ini sampai akhir ya sobat. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Lengkap Preposition Of Dalam Bahasa Inggris

Contoh Penggunaan Preposition Of

Penggunaan Preposition Of Dalam Kalimat

Pengertian kata “of” jika kita terjemahkan menggunakan kamus ternyata bisa bermacam macam, diantaranya: dari, kurang, akan, untuk, karena, diantara, dsb. Arti kata “of” ini akan menyesuaikan dengan kalimatnya. Dengan begini bisa kita asumsikan bahwa ada bermacam macam cara juga untuk menggunakan preposition “of” ini dalam kalimat. Berikut ini beberapa cara penggunaan kata “of” beserta contoh kalimatnya.

Related: Participial Phrase Dalam Grammar Dan Contoh Kalimatnya

Untuk menunjukkan “Possession” (kepemilikan)

Buat temen temen yang udah baca artikel sebelumnya tentang Perbedaan Of dan From pastinya sudah mengerti ya apa yang dimaksud dengan kepemilikan disini. Buat yang belum, begini penjelasan singkatnya, penggunaan preposition “of” dalam kalimat bisa juga diartiken sebagai “nya”, maksudnya disini adalah kata “of” ini bisa menunjukkan bahwa sesuatu itu milik-nya siapa atau merujuk kepada siapa kepemilikan sesuatu tersebut.

Contoh: This is the planet of the Apes. (Ini adalah planet nya para kera.)

Untuk menunjukkan bahan dasar penyusun suatu benda

Tentunya sobat sudah membaca dong tentang penggunaan frasa Made of dan Made From dalam kalimat. Nah, saat preposition “of” digunakan bersamaan dengan kata “Made” maka akan membentuk arti “terbuat dari”, sehingga frasa ini bisa kita gunakan untuk menunjukkan bahan material penyusun suatu benda.

Contoh: This door is made of wood. (Pintu ini terbuat dari kayu.)

Untuk menunjukkan “Cause” (penyebab) atas suatu kejadian

Dalam kalimat tertentu kata “of” juga bisa berarti “karena”, sehingga dapat digunakan untuk menunjukkan sebab dari suatu keadaan.

Contoh: They died of hunger. (Mereka meninggal karena kelaparan.)

Untuk menunjukkan kategori yang kurang/tidak jelas

Preposition “of” juga bisa digunakan untuk menunjukkan kelompok atau kategori dari hal hal yang tidak jelas dan mungkin agak sulit di jelaskan dengan kata kata.

Contoh: that kind of things (hal hal seperti itu)

Untuk menunjukkan suatu bagian/kawasan wilayah

Kita juga bisa menggunakan kata of ini sebagai cara untuk menunjukkan bagian wilayah dari daerah tertentu.

Contoh: North of Sumatera (wilayah utara dari Sumatera)

Untuk menunjukkan jumlah

Dalam beberapa situasi kata “of” tidak diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, inilah salah satu contoh dari situasi tersebut, yaitu saat kata “of” digunakan untuk menunjukkan jumlah.

Contoh: I drank two bottles of soda last night. (Saya minum dua botol soda tadi malam.)

Selanjutnya, ada beberapa frasa dalam Bahasa Inggris yang memang akan selalu berhubungan dengan kata “Of”. Penasaran apa saja yang termasuk di dalamnya? Yuk simak beberapa frasa tersebut beserta maknanya berikut ini.

Common Phrase With Of

All of – Semua / Seluruh

Contoh: All of the students in my class are happy. (Semua siswa dikelas saya gembira.)

Both of – Kedua duanya

Contoh: Both of the cars are broken. (Kedua mobil itu rusak.)

One of – Satu dari

Contoh: One of the girls in my class likes me. (Satu dari anak perempuan di kelas saya menyukai saya.)

Two of us – Kita berdua

Contoh: The fat guy is looking for the two of us. (Pria gemuk itu sedang mencari kita berdua.)

Oke deh sobat, mungkin itu saja yang bisa kami tampilkan seputar materi penggunaan preposition “of” dalam Bahasa Inggris. Sebenarnya masih banyak lagi contoh contoh penggunaan kata “of” yang lainnya, namun untuk sekarang kamu masih belum bisa menampilkannya. Akhir kata kami mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam materi yang kami sampaikan, terimakasih banyak untuk kunjungannya hari ini, semoga sobat bisa mendapatkan manfaat dari artikel yang kami sajikan di website kami.

Referensi:

  1. Penggunaan Dan Perbedaan Preposition Of dan From – http://kawahenglishclub.blogspot.co.id/2013/06/penggunaan-dan-perbedaan-preposition.html – Diakses tanggal 20 Desember 2016
  2. Penggunaan Preposisi “Of,”To,”For” – http://inggrisku.net/2014/09/penggunaan-preposisi-of-to-for/ – Diakses tanggal 20 Desember 2016
  3. Penggunaan ‘Of’, ‘To’, dan ‘For’ – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/penggunaan-of-to-dan-for.aspx – Diakses tanggal 20 Desember 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *