Kernel Sentence Dalam Bahasa Inggris


Kernel sentence adalah sebuah istilah dalam Bahasa Inggris yang mungkin asing ditelinga kita. Selama saya sekolah pun saya belum pernah mengenal apa itu kernel sentence, yang saya tau kernel itu adalah istilah yang berhubungan dengan os android atau komputer, jadi sayapun harus mengakui bahwa saya juga baru tau kalau ada istilah kernel dalam Bahasa Inggris.

Seiring dengan perkembangan jaman, ternyata mengetahui pengertian serta contoh kernel sentence menjadi cukup penting. Tapi sobat nggak perlu kuatir deh, karena setelah saya pelajari, materi tentang kernel sentence itu tidak sesulit atau se-asing namanya kok, bahkan sebenarnya kita pun sudah sering menggunakan kalimat yang bisa digolongkan kedalam jenis kernel sentence ini. Penasaran kan, langsung saja deh baca rangkuman berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Kernel Sentence

Kernel Sentence Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Kernel Sentence

Berdasarkan sumber yang kami temukan, kernel sentence adalah simple declarative construction atau dalam Bahasa Indonesianya adalah bentuk declarative sentence yang sederhana. Apa yang dimaksud dengan sederhana disini? Maksudnya adalah sebuah declarative sentence (kalimat pernyataan) yang terdiri dari satu verb (kata kerja) saja, tanpa adanya modifier. Kernel sentence biasa disebut juga dengan basic sentence (kalimat dasar), dengan begini bisa kita bilang bahwa kernel sentence itu sebenarnya adalah bentuk kalimat yang paling sederhana.

Related: Penjelasan Lengkap Word Order Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Meski di sebutkan di atas bahwa kernel sentence terdiri dari satu verb saja, tapi bukan berarti komposisi atau susunannya hanya berupa verb saja ya, tentu harus memenuhi unsur dasar sebuah kalimat yaitu adanya subject. Disamping itu, saat kata kerjanya berupa transitive verb, maka kernel sentence itu juga akan mengandung object, tapi perlu diingat object tersebut tidak boleh dalam bentuk gerund (V-ing) atau infinitive (to + verb).

Kernel sentence juga diktakan sebagai sentence atau kalimat yang tidak memiliki penanda voice (unmarked in voice) yang artinya akan selalu dalam bentuk active. Serta tidak memiliki penanda polaritas (unmarked in polarity), maka akan selalu dalam bentuk kalimat positive.

Itulah tadi sekilas penjelasan tentang kernel sentence, kami harap penjelasan yang kami berikan bisa dipahami dengan mudah ya. Sekarang untuk lebih memudahkan kamu memahami penjelasan di atas, ayo kita rangkum syarat atau cirri cirri sebuah kalimat bisa dimasukkan kedalam kernel sentence.

Ciri Atau Syarat Kernel Sentence

1.Terdiri dari subject dan satu verb dengan atau tanpa tambahan object.

2.Tidak disertai modifier

3.Selalu dalam bentuk active

4.Selalu dalam bentuk kalimat positive

Bagaimana sobat, sepertinya cukup mudah ya membuat sebuah kernel sentence itu. Tapi apa iya semudah itu? Hehe, daripada terlalu lama membayangkannya, coba lihat di bawah ini kami sudah menyediakan beberapa contoh kernel sentence.

Contoh Kernel Sentence

The goal keeper caught the ball.

(Penjaga gawang itu menangkap bola.)

This is honey.

(Ini adalah madu.)

I saw you.

(Saya melihatmu.)

They arrive.

(Mereka sampai)

Contoh Non-Kernel Sentence

The goal keeper successfully caught the ball.

(Penjaga gawang itu berhasil menangkap bola.)

This is not honey.

(Ini bukan madu.)

I didn’t see you.

(Saya tidak melihatmu.)

They didn’t arrive.

(Mereka tidak datang.)

Itulah tadi beberapa contoh kernel sentence dan juga non-kernel sentence, kami harap dengan contoh yang kami tampilkan di atas sobat akan bisa membandingkan dan memperhatikan perbedaan antara kalimat yang termasuk kedalam kernel sentence dan yang tidak.

Terimakasih banyak atas kunjungannya hari ini, semoga apa yang kami tampilkan kali ini bisa membawa manfaat bagi pembaca semua. Jika ada kesalahan dalam penjelasan yang kami berikan sehingga menyebabkan materi ini menjadi sulit untuk dipahami, kami minta maaf dan jangan ragu untuk memberitahukannya lewat kolom komentar. Sampai disini pembahasan materi tentang kernel sentence, sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kernel Sentence – http://www.wordsmile.com/pengertian-dan-contoh-kernel-sentence – Diakses tanggal 4 Februari 2017
  2. kernel sentence (transformational grammar) – http://grammar.about.com/od/il/g/Kernel-Sentence-term.htm – Diakses tanggal 4 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *