Kalimat Subjunctive Dalam Bahasa Inggris Serta Contohnya


Materi tentang subjunctive adalah salah satu materi dalam Bahasa Inggris yang sangat rawan kesalahan dalam penggunaannya. Inilah mengapa subjunctive agak jarang digunakan khususnya dalam modern English. Namun umumnya kita akan menemui bentuk bentuk subjunctive ini dalam American English dan juga dalam teks bacaan yang bersifat formal. Meskipun jarang digunakan karena tergolong sulit, namun bagi pelajar seperti kita tetap penting untuk mengetahui pengertian kalimat subjunctive ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Subjunctive

Kalimat Subjunctive Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Subjunctive Dalam Grammar

Dalam aturan grammar Bahasa Inggris, subjunctive adalah aturan bentuk kata kerja (verb) yang digunakan untuk mengungkapkan situasi yang bersifat imajinasi atau tidak benar benar terjadi. Hal ini meliputi wish (harapan), keraguan (doubt), penyesalan (regret), permintaan (request), dan juga saran (advice). Dengan begini bisa kita katakan bahwa umumnya makna yang terkandung dalam sebuah kalimat subjunctive akan berlawanan dengan fakta yang ada.

Materi Bahasa Inggris tentang subjunctive ini termasuk kedalam salah satu jenis verb moods selain imperative dan indicative. Dalam subjunctive kata kerja dibagi menjadi dua yaitu “Present Subjunctive” dan juga “Past Subjunctive”, yang masing masingnya memiliki cara penggunaan yang berbeda. Saat digunakan dalam sebuah complex sentence, bentuk subjunctive ini akan berada pada bagian dependent clause dan bukan di main clause.

Related: Subjective Case Dalam Grammar Bahasa Inggris

Berikut ini adalah aturan tentang penggunaan subjunctive dalam kalimat.

Present Subjunctive

Dalam bentuk present subjunctive, kita akan mengggunakan bentuk verb bare infinitive saja. Walaupun subjek kalimat tersebut adalah orang ketiga tunggal (Andi, miss Mona, dsb), atau juga pronoun (she, he, it).

Contohnya :

Tries (normal) – Try (subjunctive)

Goes (normal) – Go (subjunctive)

Sedangkan untuk verb be (is / are), dalam bentuk present subjunctive nya akan selalu digantikan dengan “be” saja.

Contohnya :

Is (normal) – Be (subjunctive)

Are (normal) – Be (subjunctive)

Past Subjunctive

Dalam past subjunctive, bentuk verb yang akan kita gunakan sama saja dengan bentuk normalnya yaitu masih tetap menggunakan bentuk verb 2. Perhatikan contoh berikut ini.

Contohnya :

Asked (normal) – Asked (subjunctive)

Told (normal) – Told (subjunctive)

Sedangkan untuk verb be (was / were), bentuk past subjunctive nya akan selalu berbentuk “were”.

Contohnya :

Was (normal) – Were (subjunctive)

Were (normal) – Were (subjunctive)

Itulah tadi aturan aturan seputar penggunaan subjunctive dalam kalimat. Sedikit ya ternyata aturannya, namun memang tidaklah mudah untuk membedakan suatu verb dalam sebuah kalimat merupakan subjnctive atau bukan. Karena pada umumnya bentuk kata kerja dalam subjunctive dengan indicative sama saja. Jadi seringnya kita tidak bisa mengenali apakah suatu verb itu sedang digunakan dalam bentuk subjunctive atau indicative mood. Penanda yang mungkin bisa kita perhatikan adalah tidak adanya penambahan huruf “s” dalam present subjunctive meskipun subjeknya adalah orang ketiga tunggal, serta bentuk verb be yang selalu digantikan dengan kata “be” untuk semua bentuk. Sekarang, ayo kita lihat beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang menggunakan subjunctive.

Contoh Kalimat Subjunctive

It is crucial that you be there before your sister arrives.

(Sebaiknya kamu berada di sana sebelum saudarimu datang.)

I wish, I were rich.

(Andai saja aku kaya.)

It is necessary that our team prepare for the next match.

(Sangat penting bagi tim kita bersiap untuk pertandingan selanjutnya.)

If I were you, I would go from the house.

(Andaikan aku adalah kamu, aku akan pergi dari rumah itu.)

Begitulah tadi penjelasan singkat seputar materi subjunctive dalam grammar Bahasa Inggris, semoga bisa dimengerti. Kami mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan kata dalam penjelasan kami kali ini, semoga tetap bisa membawa manfaat bagi pembaca semua. Sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *