Jenis Verb Mood Dalam Bahasa Inggris Serta Contoh Kalimatnya


Istilah Verb Mood terdengar lucu waktu pertama kali saya dengar. Karena saya pikir, masa sih verb ada mood nya segala, kayak orang aja deh hehe “lagi nggak mood” gitu. Tapi waktu saya tau kalau istilah verb mood ini sungguhan, saya jadi tertarik nih untuk membaca materinya, saya jadi ingin tau apa sih pengertian verb mood yang sebenarnya, dan seperti apa sih verb mood dalam suatu kalimat itu, apakah memang berhubungan dengan “mood” atau perasaan seseorang. Setelah saya baca beberapa materi tentang verb mood dalam Bahasa Inggris, akhirnya pertanyaan saya terjawab, dan inilah penjelasan tentang verb mood dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Verb Mood

Jenis Verb Mood

Mengenal Verb Mood Dalam Bahasa Inggris

Menurut pengertiannya, mood dalam verb mood ternyata memang berhubugan dengan perasaan seseorang. Dalam hal ini mood mengekspresikan perasaan Speaker (Pembicara) terhadap apa yang diucapkan atau dituliskan. Moods ini sangat penting dalam sebuah tulisan atau kalimat, sama pentingnya dengan mood dalam kehidupan kita, bayangkan saya kalau kita sedang tidak mood melakukan sesuatu, pasti akan berdampak dalam proses melakukannya kan. Nah ternyata mood suatu kalimat diekspresikan oleh verb atau kata kerja nya, itulah sebabnya muncul istilah verb mood dalam pelajaran Bahasa Inggris.

Terdapat beberapa jenis verb mood dalam Bahasa Inggris. Jenis jenis verb mood diantaranya adalah sebagai berikut ini : Indicative, Imperative, dan subjunctive. Simak penjelasan untuk masing masing jenis verb mood tadi beserta contoh kalimatnya dalam penjelasan berikut ini.

Related: Aturan Penggunaan Tanda Baca Slash Dalam Bahasa Inggris

Jenis Verb Mood Serta Contoh Kalimatnya

Indicative Mood

Indicative mood dikenal juga dengan istilah fact mood. Fungsinya adalah mengindikasikan atau menyatakan suatu fakta, menanyakan fakta, atau menolak fakta. Perhatikan contoh kalimat ini:

Contoh : Rain is falling. – Is rain falling ? – Rain is not falling.

Selain itu indicative mood juga bisa digunakan untuk menyatakan opini atau pendapat.

Contoh : That is a beautiful sculpture.

Karena fungsinya yang sudah kta jelaskan barusan, indicative mood menjadi bentuk mood yang paling sering kita gunakan dalam kalimat.

Imperative Mood

Imperative mood dikenal juga dengan istilah command mood. Fungsinya adalah untuk memberikan perintah, memohon, atau menyarankanmu untuk melakukan sesuatu. umumnya subject kalimat imperative adalah sebuah subject yang tidak dinyatakan atau kita kenal dengan sebutan tersirat, yakni subject “you”. Berikut contoh kalimatnya:

Contoh : Do not forget your homework. – Clean the table. – Close the door now.

Subjunctive Mood

Subjunctive mood menunjukkan sesuatu yang bersifat dugaan atau hipotesis. Hal ini dapat berbentuk keinginan, harapan, keraguan, atau situasi yang bersifat khayalan. Contoh berikut akan membantumu memahaminya.

Contoh : I wish school were over.

Subjunctive mood sering menggunakan kalusa berawalan kata if atau wish.

Bagaimana nih setelah membaca artikel tentang Jenis Verb Mood Dalam Bahasa Inggris Serta Contoh Kalimatnya, masih mood nggak nih untuk belajar Bahasa Inggris? Hehe. Penjelasan tentang verb mood ini memang singkat, jadi untuk memahaminya kamu bisa memperhatikan contoh contoh yang sudah kami sediakan diatas, atau kamu bisa juga mencari contoh penggunaan verb mood yang lain. Sampai disini dulu artikel kali ini, terimakasih sudah menyempatkan mampir untuk membaca artikel di website kami di saat liburan dan mudik seperti sekarang ini. Selamat mudik bagi kamu yang sedang dalam perjalanan ke kampung halaman, semoga perjalanan mu lancar dan aman. Selamat berlibur semuanya, tetap semangat belajar ya.

Referensi :

  1. Moods Of Verbs – http://englishgrammar101.com/module-3/verbs/lesson-12/moods-of-verbs – Diakses tanggal 2 Juli 2016
  2. Moods In Verbs – https://web.cn.edu/kwheeler/grammar_moods.html – Diakses tanggal 2 Juli 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *