Jenis Pronoun Case Dan Penjelasan Lengkapnya


Pronoun merupakan jenis kosakata yang sering digunakan secara tidak tepat. Jika kesalahan penggunan ini terjadi pada saat berbicara atau speaking, mungkin tidak mengapa karena masih bisa dimengerti maknanya. Namun jika sudah dalam penulisan hal ini akan jadi masalah serius. Karena jika tidak berhati hati dan melakukan kesalahan penggunaan pronoun dalam kalimat, maka selain kita dianggap tidak menguasai kaidah penulisan yang berlaku, kita juga bisa menyebabkan kesalahan pemahaman terhadap tulisan kita.

Dan masalah utama yang sering terjadi dengan pronoun adalah ketidak tepatan penggunaan “case” dari pronoun tersebut. Karena seperti yang telah dinyatakan dalam aturan grammar bahwa pronoun saat digunakan dalam kalimat akan ditampilkan dalam “Case”, dan case inilah yang nantinya menentukan bentuk pronoun seperti apa yang harus kita gunakan. Hal inilah yang dalam aturan grammar Bahasa Inggris disebut dengan pronoun case. Seperti apasih pronoun case itu? Simak penjelasan kami berikut ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Pronoun Case

Jenis Pronoun Case

Jenis Pronoun Case

Pronoun case adalah hal yang sangat mudah untuk dipahami, dan kami yakin sobat pun sebenarnya sudah mengenal jenis jenis pronoun case ini. Terdapat tiga jenis pronoun case dalam Bahasa Inggris yaitu:

Related: Perbedaan Whoever Dan Whomever Beserta Contoh Kalimatnya

Subjective Case : Saat pronoun digunakan sebagai “Subject”.

Objective Case : Saat pronoun digunakan sebagai “Object” dari Verb atau Preposition.

Possessive Case : Saat pronoun digunakan untuk menunjukkan kepemilikan.

Nah, sampai disini tentunya sobat sudah mengerti kan apa pengertian dari pronoun case itu. Oke sekarang saatnya kita menyegarkan ingatan lagi tentang pronoun apa saja yang termasuk kedalam masing masing jenis dari pronoun case di atas, serta memperhatikan pola bentuk perubahan pronoun antara satu case dengan case lainnya.

Subjective Case : I, You, He, She, It, We, They, Who

Objective Case : Me, You, Him, Her, It, Us, Them, Whom

Possessive Case : My/Mine, Your/Yours, His, Her/Hers, It/Its, Our/Ours, Their/Theirs, Whose

Bagaimana sobat, kamu tentunya sudah mengenal bentuk bentuk pronoun di atas bukan, hanya saja mungkin kamu tidak tau kalau itu termasuk dalam pronoun case. Sekarang ayo kita lihat beberapa contoh kalimat yang menggunakan pronoun case.

Contoh Kalimat Menggunakan Pronoun Case

I have a pen.

She gave the pen to me.

It is my pen.

The pen is mine.

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas penjelasan tentang jenis jenis pronoun case. Semoga penjelasan kami bisa dipahami dengan mudah sehingga akan kamu ingat dengan baik. Terimakasih untuk kunjungannya, kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian materi kali ini dan juga jika penjelasan kami masih banyak kekurangan. Tetap semangat, dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pronoun Case – http://englishplus.com/grammar/00000021.htm – Diakses tanggal 8 Desember 2016
  2. Pronoun Case – https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/595/02/ – Diakses tanggal 8 Desember 2016
  3. Pengertian, Macam, Dan Contoh Kalimat Pronoun Case – http://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-pronoun-cases – Diakses tanggal 8 Desember 2016

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *