Interrogative Pronoun Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat


Dari sekian banyak pronoun (kata ganti) dalam Bahasa Inggris, terdapat beberapa pronoun yang bisa digunakan untuk menanyakan suatu informasi. Kata ganti yang dapat berfungsi seperti ini kita kenal dengan sebutan interrogative pronoun.

Mungkin ini pertama kalinya sobat mendengar istilah interrogative pronoun. Tapi percayalah sebenarnya sobat sudah pernah menggunanan berbagai contoh interrogative pronoun dalam kalimat. Penasaran kan seperti apa penjelasan lengkap serta contoh penggunaan interrogative pronoun dalam Bahasa Inggris? Simak penjelasan materinya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Interrogative Pronoun

Interrogative Pronoun Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Pengertian Interrogative Pronoun

Interrogative pronoun artinya pronoun yang bisa digunakan dalam membuat pertanyaan untuk memperoleh informasi tertentu. Saat digunakan dalam kalimat, interrogative pronoun ini mewakili informasi atau hal yang sedang kita cari tau atau yang belum kita ketahui. Sama halnya dengan pronoun pada umumnya, masing masing interrogative pronoun memiliki fungsi untuk menanyakan informasi yang berbeda antara satu dan lainnya. Karena itu penggunaan interrogative pronoun haruslah menyesuaikan dengan informasi yang sedang kita cari tau.

Related: Penggunaan Kata Very Sebagai Adverb Of Degree Dalam Kalimat

Ada beberapa pendapat mengenai jumlah interrogative pronoun dalam Bahasa Inggris, jadi sobat jangan kaget jika nanti menemukan penjelasan di website atau sumber lain yang ternyata berbeda ya. Meskipun ada perbedaan, tapi pada umumnya pronoun yang termasuk kedalam interrogative pronoun jumlahnya ada lima yaitu: Who, Whom, What, Which, Whose.

Setelah kami sebutkan pronoun apa saja yang termasuk dalam interrogative pronoun di atas, kami yakin sobat sudah mengerti sekarang perbedaan masing masing pronoun tersebut dengan fungsinya. Supaya lebih jelas, bacalah penjelasan singkat tentang jenis interrogative pronoun dan fungsinya berikut ini.

Interrogative Pronoun Beserta Fungsi dan Contoh Kalimatnya

Who – Digunakan untuk menanyakan tentang orang

Contoh: Who is she? (Siapa dia?)

Whom – Digunakan untuk menanyakan tentang orang (di posisi object)

Contoh: Whom did you talk to? (Dengan siapa kamu bicara?)

What – Digunakan untuk menanyakan tentang benda atau hewan.

Contoh: What is that? (Apa itu?)

Which – Digunakan untuk menanyakan tentang benda, hewan, dan kadang juga orang. (lebih spesifik disbanding what)

Contoh: Which did you buy? (Yang mana yang kau beli?)

Whose – Digunakan untuk menanyakan kepemilikan atas sesuatu

Contoh: Whose did he take? (Milik siapa yang dia ambil?)

Itulah tadi sobat penjelasan untuk masing masing interrogative pronoun dalam Bahasa Inggris, semoga bisa dipahami dengan mudah ya. Selanjutnya kita akan membahas sedikit tentang materi yang memiliki kemiripan dengan interrogative pronoun yaitu interrogative adjective.

Apa Bedanya Interrogative Pronoun dengan Interrogative Adjective?

Interrogative adjective terdiri dari: what, which dan whose. Kita tau ketiganya juga termasuk kedalam interrogative pronoun, dan ini memang sering menimbulkan kekeliruan dalam pemahaman dan penggunaannya. Supaya tidak sulit dalam membedakan kedua istilah ini, cobalah untuk mengingat dua hal berikut:

Interrogative pronoun berfungsi layaknya pronoun pada umumnya yaitu untuk menggantikan noun. (Noun tidak muncul)

Interrogative adjective berfungsi layaknya adjective pada umumnya yaitu untuk menerangkan noun. (Noun muncul)

Contoh Perbandingan Interrogative Pronoun dan Interrogative Adjective

What do you want to buy? (Interrogative Pronoun)

(Apa yang ingin kamu beli?)

What toys do you want to buy? (Interrogative Adjective)

(Mainan apa yang ingin kamu beli?)

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas materi yang bisa kami sampaikan mengenai interrogative pronoun dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Kami minta maaf jika yang kami tampilkan masih belum lengkap dan mungkin terdapat kesalahan dalam penyampaian materi kali ini. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, semoga kamu bisa mendapatkan ilmu baru dengan membaca artikel di website kami, sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Interrogative Pronouns – https://www.englishclub.com/grammar/pronouns-interrogative.htm – Diakses tanggal 10 Februari 2017
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Interrogative Pronoun – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-interrogative-pronouns – Diakses tanggal 10 Februari 2017
  3. What Is an Interrogative Pronoun? – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/interrogative-pronouns/ – Diakses tanggal 10 Februari 2017
  4. Pengertian dan Contoh Kalimat Interrogative Adjective – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-interrogative-adjectives – Diakses tanggal 10 Februari 2017

2 THOUGHTS ON “Interrogative Pronoun Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat”

  1. Akhirnya ga bingung lagi..thanks.


    1. Halo Elvi, wah kami senang mendengarnya. Jangan lupa kunjungi kami setiap hari ya untuk dapetin update materi terbaru. Terimakasih untuk kunjungan dan komentarnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *