Inilah Yang Dimaksud Dengan Object Complement Dalam Grammar


Tidak sedikit orang yang belum mengerti apa sebenarnya object complement itu. Salah satunya ya saya hehe. Karena itu sebelum menulis artikel ini saya putuskan untuk mencari penjelasan materi tentang object complement dalam Bahasa Inggris. Jujur saja, memang begitu banyak sumber yang membahas tentang hal ini, terutama dalam sumber online, namun tidak semuanya bisa saya mengerti, bahkan ada yang semakin membuat saya bingung.

Setelah beberapa saat saya mencoba memahami pengertian object complement akhirnya saya menemukan penjelasan yang menurut saya cukup mudah untuk dipahami. Nah, berhubung saya suka dengan penjelasan yang simple ini, jadi saya memutuskan untuk berbagi cerita dengan sobat semua. Semoga dengan artikel ini, sobat juga jadi bisa memahami materi tentang object complement dengan mudah. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Object Complement

Inilah Yang Dimaksud Dengan Object Complement Dalam Grammar

Pengertian Object Complement

Object complement adalah noun atau adjective yang mengikuti direct object dan berfungsi melengkapi object tersebut dengan cara memodifikasi atau memberi keterangan baru terhadap direct object tersebut. Ada beberapa verb (kata kerja) yang umum digunakan bersama object complement, diantaranya adalah sebagai berikut: make, name, call, choose, elect, appoint. Perhatikan ilustrasi berikut ini:

Related: Penjelasan Singkat Dan Contoh Kalimat Indefinite Adjective

The board of the company appointed Mr.Merlin.

Apa yang terlintas dipikiranmu saat membaca contoh kalimat di atas? Kalimat tersebut sudah memiliki subject, verb dan juga object, namun apakah contoh tersebut bisa kita terima sebagai kalimat yang lengkap? Sepertinya belum ya, karna dengan membaca kalimat tersebut pasti timbul pertanyaan di pikiran kita tentang penunjukkan Mr.Merlin ini. Kita tau dari kalimat tersebut bahwa pengurus perusahaan menunjuk Mr.Merlin, tapi pasti kita akan bertanya, “menunjuk sebagai apa?”, inilah yang membuat kalimat tersebut tidak bisa kita terima sebagai kalimat yang lengkap, karena seperti ada informasi yang hilang.

Untuk melengkapi makna dari object kalimat seperti pada contoh di atas inilah kita membutuhkan kata atau frasa pelengkap yang kita sebut dengan object complement (pelengkap objek). Ayo kita coba lengkapi kalimat di atas dengan sebuah object complement.

The board of the company appointed Mr.Merlin their CEO.

Dalam contoh ini, “their CEO” adalah yang bertindak sebagai object complement. Bagaimana sekarang? Tentunya makna kalimat tersebut sudah terasa lengkap kan. Nah karena kamu sudah paham dengan pengertian object complement ini, sekarang saatnya kamu memperhatikan beberapa contoh penggunaan object complement dalam kalimat.

Contoh Kalimat Object Complement

The headmaster made me his secretary.

(Kepala sekolah menjadikanku sekertarisnya.)

Mr.Cullen named his son Leopold.

(Mr.Cullen menamai anak laki lakinya Leopold.)

Jemma called Elena beautiful.

(Jemma memanggil Elena si cantik.)

I chose them my lawyer.

(Saya memilih mereka sebagai pengacara saya.)

The citizen elected Mr. Mukidi their governor.

(Warga kota memilih Mr.Mukidi sebagai gubernur mereka.)

Oke deh sobat, itulah tadi pembahasan singkat tentang materi object complement dalam grammar Bahasa Inggris, semoga bisa dimengerti dengan mudah ya. Jika ada kesalahan dan juga kekurangan dalam materi yang kami bagikan kali ini, saya minta maaf. Terimakasih untuk kunjungannya setiap hari, selamat hari libur dan jangan lupa untuk bersiap siap kembali ke sekolah.

Referensi:

  1. Objective Complement – http://www.dailygrammar.com/Lesson-196-Objective-Complement.htm – Diakses tanggal 22 Januari 2017
  2. Object Complement – http://www.englishgrammar.org/object-complement/ – Diakses tanggal 22 Januari 2017
  3. Pengertian dan Contoh Kalimat Object Complement Bahasa Inggris – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-object-complement – Diakses tanggal 22 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *