Inilah Perbedaan Penggunaan Thing Dan Stuff Dalam Kalimat


Setelah sekian lama belajar Bahasa Inggris, kita tentunya menyadari tidak sedikit kosa kata yang bentuknya berbeda tapi memiliki arti yang sama dan begitu juga sebaliknya. Biasanya memang ada aturan tertentu tentang penggunaan kosa kata tersebut, dan kita tentunya harus mengetahui cara yang benar untuk menggunakannya agar bisa memakainya dengan tepat.

Salah satu contoh misalnya saja kita ingin mengungkapkan “jangan lupa bawa barang barang mu” dan “ini barang dagangan saya”. Cara kita mengungkapkan kata “barang dalam Bahasa Inggris untuk kedua contoh barusan ternyata akan berbeda. Salah satu yang bisa kita gunakan adalah kata “Thing” dan “Stuff”. Tapi bagaimanakah perbedan antara thing dan juga stuff ? lalu bagaimana juga contoh penggunaannya dalam kalimat ? Ayo kita pelajari bersama. – Bigbanktheories.com

Thing Vs Stuff

Beda Penggunaan Thing Dan Stuff

Apakah Perbedaan Antara “Things” Dan “Stuff” Dalam Bahasa Inggris ?

Ternyata tidak sedikit orang yang menanyakan beda penggunaan kata thing dan stuff dalam kalimat di forum forum Bahasa Inggris online. Dan ini pun sangat wajar karena, baik kata “Thing” dan juga “Stuff” memiliki kesamaan yaitu digunakan untuk mewakili noun, dan jika diartikan, keduanya bisa berarti “hal / barang”. Tapi sebenarnya terdapat perbedaan yang sangat jelas antara keduanya, yaitu : Kita bisa menghitung “Things”, tapi kita tidak bisa menghitung “Stuff”. Bagaimana sih maksudnya ? Nah agar lebih jelas, ayo kita bahas bersama. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang kata thing dan stuff ini agar kita bisa menggunakan keduanya dengan tepat dalam sebuah kalimat.

Related: 100 Kata Yang Paling Sering Digunakan Dalam Bahasa Inggris

Yang perlu kamu tau tentang kata “Thing” dan “Stuff” adalah :

Hal Penting Tentang Kata Thing

Kata “Things” kita gunakan sebagai barang atau benda yang bersifat countable. Jadi kita bisa mengatakan “Thing” maupun “Things”. Kata “Thing” digunakan untuk mewakili singular countable noun, dan “Things” digunakan untuk mewakili plural countable noun. Kata ini umumnya lebih formal penggunaannya dibandingkan “Stuff”, meskipun begitu umumnya kata ini lebih digunakan dalam speaking. Berikut ini contoh kalimat menggunakan kata “Thing” :

There are a lot of things I want to do in my life.

You are the most important thing in my life.

I want to go to Australia, but the thing is, my parents wouldn’t allow me.

Hal Penting Tentang Kata “Stuff”

Kata “Stuff” kita gunakan untuk mewakili uncountable noun atau sekumpulan countable noun. Kita tidak menambahkan “s” setelah kata “Stuff”, karena kata “stuff” itu sudah dalam bentuk plural, dan bermakna lebih dari satu barang atau benda, jadi kita tidak perlu memberikan imbuhan “s” dan merubahnya menjadi “Stuffs”. Contoh penggunaan yang benar misalnya :

You have a lot of stuff. (Benar)

You have a lot of stuffs. (Salah)

Kita juga bisa menggunakan kata “to stuff” sebagai kata kerja, yang artinya mengisi sesuatu dengan material atau komponen. Misalnya saja kita menggunakan ungkapan “stuffed animal” untuk menjelaskan boneka bentuk hewan yang diisi dengan kapas dan sebagainya.

Nah itulah tadi sobat beda antara kata thing dan stuff dalam kalimat. Keduanya bisa mewakili kata benda dan bisa digunakan untuk mengungkapkan “barang” dalam Bahasa Inggris namun digunakan dalam keadaan yang berbeda. Kami akhiri dulu sampai disini ya sobat, mudah mudahan artikel kali ini bisa menambah pengetahuanmu dalam Bahasa Inggris. Sampai jumpa lagi.

4 THOUGHTS ON “Inilah Perbedaan Penggunaan Thing Dan Stuff Dalam Kalimat”

  1. Terimakasih informasinya, membantu saya dalam mngerjakan tugas sekolah 🙂


    1. Sama sama ya, terimakasih juga sudah menyempatkan comment di artikel kami, semoga artikel yang kami sajikan bermanfaat.


  2. alhamdulillah akhirnya paham juga sekarang. Terima kasih atas ilmunya


    1. Halo Lynm, terimakasih untuk komentar nya ya. Kami juga senang mendengarnya jika informasi yang kami sajikan bisa membantumu memahami materi ini. Kami tunggu kunjunganmu selanjutnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *