Inilah Perbedaan During Dan While Dalam Bahasa Inggris


Penggunaan kata During dan While sering sekali tertukar dan menimbulkan kebingungan bagi sebagian orang. Salah satu penyebabnya mungkin karena kedua kata ini sama sama bisa digunakan untuk membicarakan kondisi dimana ada dua peristiwa yang terjadi diwaktu yang bersamaan. Karena pengertian inilah akhirnya banyak yang menganggap kedua kata ini sama saja cara penggunaannya, padahal ada perbedaan yang jauh lho antara kata During dan While dalam Bahasa Inggris.

Meskipun terkadang kita masih bingung dalam membedakan penggunaan During dan While dalam kalimat, namun saya yakin sebenarnya kita bisa menyadari bahwa kedua kata ini memang berbeda, ayo kita perhatikan sebentar contoh kalimat di bawah ini dan tanyakan dalam hati apakah kalimat tersebut sudah tepat?

“You can eat popcorn while the show.”

Related: Temukan Di Sini Cara Memahami Perbedaan Kata Lay Dan Lie

Bagaimana menurutmu sobat, apakah penggunaan kata “While” dalam kalimat di atas tepat? Sepertinya terdengar aneh ya. Tentu saja, karena itu adalah contoh yang salah, mengapa kita bisa merasakan bahwa contoh tersebut salah? Karena sebenarnya kita sudah sangat akrab dengan penggunaan kata “During” dan “While” ini dalam keseharian kita, namun mungkin kita belum tau penjelasan dan alasannya. Inilah yang akan kita pelajari bersama dalam artikel kali ini, silahkan disimak ya. – Bigbanktheories.com

Penggunaan During dan While dalam Kalimat

Inilah Perbedaan During dan While Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan During dan While

Meskipun memiliki arti yang mirip, namun sebenarnya tidaklah sulit dalam membedakan penggunaan During dan While. Kita hanya perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Kata “During” adalah sebuah preposition, karena itu yang akan muncul setelah nya adalah bentuk noun atau noun phrase. Dengan begini terjawab ya mengapa contoh kalimat “You can eat popcorn while the show” terasa janggal di telinga kita, karena yang seharusnya muncul adalah kata “During” dan bukan “While”, mengapa? Karena setelahnya yang muncul adalah bentuk noun phrase “the show”.

Beberapa contoh penggunaan kata During yang sering kita dengar misalnya:

During the day

During the weekend

During the holiday

During the examination

Saya yakin sobat pasti pernah deh mendengar atau bahkan menggunakan salah satu dari contoh di atas. Oh ya, ada satu lagi nih penggunaan kata During yang sempat viral tahun lalu karena dijadikan judul film horor Hollywood. Ada yang tau apa judul film tersebut? Yak, tepat sekali, judulnya adalah “Con During” (baca: conjuring) hehehe.

Kata “While” adalah sebuah conjunction, karena itu yang akan muncul setelahnya adalah sebuah clause (memiliki subject dan verb). Kalau begitu, pada kondisi seperti apa dong kata ini digunakan? Untuk itu, silahkan perhatikan beberapa contoh berikut ini:

While I was watching the television

While she was cleaning the window

While I was reading a book

While the movie played

Bagaimana sobat? Berbeda kan ternyata penggunaan kata During dan While itu. Memang mungkin saat diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, kita mendapatkan arti yang sama, namun perlu kita ingat bahwa setelah kata During yang mengikuti adalah noun, dan setelah kata While yang mengikuti adalah sebuah clause.

Contoh Penggunaan Kata During dan While dalam Kalimat

Berikut ini akan kami sajikan beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata During dan juga While. Silahkan dipelajari dan jadikan panduan untuk mengembangkan contoh kalimat buatanmu sendiri.

You are not allowed to use a cell phone during the examination.

(Kamu tidak diijinkan untuk menggunakan telepon genggam selama ujian.)

In Ramadan we are not allowed to eat and drink during the day.

(Di bulan Ramadan kita tidak dibolehkan untuk makan dan minum selama siang hari.)

I took a part time job during the weekend.

(Saya bekerja paruh waktu selama akhir pekan.)

Mr. Hidayat called me while I was watching the television.

(Bpk. Hidayat menelpon saya ketika saya sedang menonton televisi.)

She cut her finger while she was cleaning the window.

(Dia melukai jarinya ketika dia sedang membersihkan jendela.)

Oke deh sobat, itu saja yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat dan bisa membantumu dalam memahami penggunaan kata During dan While dalam kalimat. Terimakasih banyak atas kunjungannya hari ini, baca juga artikel terbaru kami yang berjudul Beda Penggunaan Each dan Every Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kalimat During / While – https://www.wordsmile.com/during-while – Diakses tanggal 13 September 2017
  2. Penggunaan During, For, Dan While Dalam Bahasa Inggris – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/penggunaan-during-for-while-dalam-bahasa-inggris.aspx – Diakses tanggal 13 September 2017
  3. How To Use During, For and While – https://www.ecenglish.com/learnenglish/lessons/how-use-during-for-and-while – Diakses tanggal 13 September 2017
  4. Difference Between During and While – http://www.differencebetween.net/language/difference-between-during-and-while/ – Diakses tanggal 13 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *