Inilah Penjelasan Singkat Tentang Perbedaan Good Dan Well


Kalau saat ini kita masih bingung saat akan menggunakan kata Good atau Well itu sangat wajar sobat. Alasan pertama tentu karena kata Good dan Well memiliki arti yang sama yaitu “baik”. Alasan yang kedua adalah karena ternyata perbedaan kedua kata ini tidak hanya membingungkan bagi kita orang Indonesia saja, namun penjelasan tentang cara penggunaan kata good dan well ini juga masih membingungkan bagi sebagian native speaker (penutur asli) Bahasa Inggris sekalipun.

Contoh umum yang sering membuat kita bingung dalam membedakan kata Good dan Well adalah saat kita ingin merespon pertanyaan “How are you?”. Menurutmu manakah jawaban yang tepat untuk pertanyaan itu, apakah “I’m good” atau “I’m well” ? Kalau dalam Bahasa Indonesia kita bisa saja menjawab pertanyaan seperti ini tanpa ragu, masalahnya saat kita harus merespon dalam Bahasa Inggris juga. Untuk itu, bagi sobat yang penasaran tentang perbedaan Good dan Well dalam kalimat, baca artikel ini sampai selesai. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Good dan Well

Perbedaan Good dan Well

Perbedaan Good dan Well

Meskipun kata Good dan Well memiliki pengertian yang sama yaitu “baik” atau “bagus”, namun pada umumnya kedua kata ini menempati fungsi yang berbeda dalam kalimat. Kata Good umumnya digunakan sebagai adjective (kata sifat), sedangkan kata Well umumnya digunakan sebagai adverb (kata keterangan). Tapi perlu kita ketahui juga bahwa terkadang kata Well juga berfungsi sebagai adjective dalam kalimat, yaitu saat yang sedang dibahas menyinggung tentang kondisi kesehatan.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Cuppa Dalam Bahasa Inggris

Setelah membaca penjelasan secara garis besar di atas tentu sekarang sobat sudah ada gambaran ya tentang perbedaan Good dan Well. Selanjutnya, ayo kita pelajari lebih jauh tentang penggunaan masing kata ini.

Good vs Well

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa kata Good secara umum berfungsi sebagai adjective (kata sifat), ini artinya kata ini berfungsi untuk menjelaskan noun (kata benda), seperti misalnya kata benda “job” dijelaskan dengan kata Good menjadi “good job”. Perhatikan beberapa contoh berikut ini:

“He is a good man.” Bukan “He is a well man.”

“That is a good car.” Bukan “That is a well car.”

Saat digunakan dengan cara seperti pada contoh di atas, mungkin akan sangat mudah ya bagi kita untuk mengenali kata Good sebagai adjective, karena kata tersebut terletak langsung di dekat atau di depan noun yang dijelaskan. Namun kita perlu ingat juga, bahwa ada cara lain dalam penempatan adjective di dalam sebuah kalimat yaitu dengan cara memunculkan adjective setelah noun yang diterangkannya atau yang kita kenal dengan istilah predicative adjective.

Saat menggunakan cara ini, kita akan memunculkan linking verb atau yang kadang dikenal juga dengan sebutan copular verbs yang meliputi: to be, seem, appear, look, become, dan verb yang berhubungan dengan indra kita seperti feel dan juga smell, diantara noun dan adjective yang menjelaskannya. Namun terpisahnya noun dengan adjective yang menerangkannya ini bukan berarti bahwa kata sifat tersebut tidak menerangkan noun. Perhatikan beberapa contoh berikut ini:

This fan is good.

(Kipas ini bagus) – Kata good menjelaskan noun (fan)

The cake smells good.

(Kue ini berbau sedap) – Kata good yang diterjemahkan sebagai “sedap” menerangkan noun (cake)

You look good in that outfit.

(Kamu terlihat bagus dengan pakaian itu.) Kata good menjelaskan noun (you)

Bagaimana sobat? Sudah jelas kan bahwa kata Good umumnya berfungsi sebagai adjective dalam kalimat. Sekarang saatnya kita membahas tentang penggunaan kata Well.

Sebelumnya telah kami nyatakan bahwa kata Well umumnya berfungsi sebagai adverb (kata keterangan), meskipun dalam beberapa kasus yang menyangkut soal kesehatan kata ini juga bisa berfungsi sebagai adjective, tapi tetap saja secara garis besar kata Well berfungsi sebagai adverb. Dan seperti adverb pada umumnya, kata Well ini bisa digunakan untuk menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat) dan adverb lainnya. Kehadiran kata Well dalam kalimat biasanya akan menerangkan bagaimana seseorang melakukan sesuatu misalnya saja pada kalimat berikut ini:

He did well on the quiz.

Dari contoh ini kita bisa melihat kata Well tidak menerangkan noun “he” maupun “the quiz”, namun menerangkan verb “did”. Inilah contoh penggunaan kata Well yang berperan sebagai adverb.

Dalam beberapa kondisi, kita bisa mengungkapkan hal yang sama dengan kata Good dan juga Well, namun tentunya dengan cara yang berbeda. Cobalah bandingkan kedua kalimat berikut ini:

You did a good job.

You did the job well.

Pada kalimat pertama, kata Good menjelaskan kata Job (noun), ini artinya kata Good berfungsi sebagai adjective. Dalam kalimat kedua, kata Well berfungsi sebagai adverb yang menjelaskan bagaimana pekerjaan tersebut dilaksanakan (did). Bagaimana sobat, sudah terlihat perbedaan antara Good dan Well? Kami harap contoh yang kami berikan bisa dipahami ya.

Itulah tadi beberapa aturan umum tentang penggunaan kata Good dan Well dalam Bahasa Inggris. Ternyata selain peraturan umum yang telah kami jelaskan, ada beberapa aturan khusus yang perlu untuk kamu ketahui juga. Perhatikan penjelasan berikut ini.

Gunakan Well, saat yang kita maksudkan adalah hal yang berhubungan dengan kesehatan.

Contoh:

Kamu terlihat tidak sehat. – You do not look well.

Saudara perempuan saya merasa tidak sehat tadi malam. – My sister didn’t feel well last night.

Gunakan Good, saat yang kita maksudkan adalah tentang kondisi emosional / perasaan seseorang.

Contoh:

Saya merasa tenang dengan hasil tes itu. – I feel good about the result of the test.

Oke deh sobat, itulah yang bisa kami sampaikan tentang perbedaan Good dan Well yang bermakna “baik”. Kami harap penjelasan yang kami berikan bisa dipahami dengan mudah ya. Oh ya, setelah membaca penjelasan yang kami sajikan, menurutmu apa respon yang akan kamu berikan untuk pertanyaan “How are you?” seperti yang kami tanyakan di awal? Ternyata jawaban “I’m good” ataupun “I’m well” sama sama bisa kita gunakan disini. Namun ingat, jika arah pertanyaan itu adalah tentang kondisi kesehatanmu, maka gunakanlah “I’m well / I feel well / I don’t feel well”, dan jika arah pertanyaan itu adalah kondisi emosional atau perasaanmu, maka gunakanlah “I’m good / I feel good / I don’t feel good” sebagai responnya. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat, terimakasih untuk kunjungannya, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Perbedaan Antara Good dan Well – https://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-good-well – Diakses tanggal 26 Maret 2017
  2. Good vs. Well – http://data.grammarbook.com/blog/adjectives-adverbs/good-v-well/ – Diakses tanggal 26 Maret 2017
  3. Good vs Well – http://www.elearnenglishlanguage.com/blog/english-mistakes/good-vs-well/ – Diakses tanggal 26 Maret 2017
  4. Good vs Well – http://grammarist.com/usage/good-or-well/ – Diakses tanggal 26 Maret 2017
  5. Good versus Well – http://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/good-versus-well – Diakses tanggal 26 Maret 2017
  6. Word Fact: Well vs. Good – http://blog.dictionary.com/well-vs-good/#comment-539007 – Diakses tanggal 26 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *