Inilah Daftar Intransitive Verb Serta Contoh Kalimatnya


Setelah mempelajari Materi Transitive Dan Intransitive Verb, tentunya kita ingin tau ya kata apa saja yang termasuk kedalam daftar intransitive verb. Dan seperti yang kita ketahui, ciri khas yang membedakan antara transitive verb dan intransitive verb adalah, transitive verb selalu diikuti oleh object sedangkan intransitive verb tidak. Wah kalau begitu mudah sekali dong mengenali sebuah intransitive verb, karena semua kata kerja yang tidak termasuk kedalam Daftar Transitive Verb berarti adalah Intransitive Verb.

Kebetulan banget nih, untuk membantu sobat mempelajari daftar intransitive verb, kali ini kami akan membagikan cara mudah untuk mengingatnya. Setelah membaca daftar intransitive verb serta contoh kalimatnya dalam artikel ini, semoga pembaca semua bisa lebih mudah membedakan intransitive verb dengan transitive verb. Semangat ya belajarnya hehe. – Bigbanktheories.com

Intransitive Verb List

Daftar Intransitive Verb

Daftar Intransitive Verb Serta Cara Mudah Mengingatnya

Taukah kamu kalau intransitive verb bisa dibagi kedalam beberapa kelompok? Nah dengan cara pengelompokan inilah kita akan lebih mudah mengingat daftar intransitive verb tersebut. Karena nantinya antara satu kata kerja dengan kata kerja lainnya yang berada dalam satu kelompok akan memiliki hubungan kesamaan, dan inilah yang membuat kita mengingatnya dengan lebih cepat. Penasaran ingin tau bagaimana pengelompokan tersebut? Cekidot aja deh langsung.

Related: Verb Derivation Dan Contoh Pemakaiannya Dalam Kalimat

Untuk memudahkanmu menghafal daftar intransitive verb, cobalah mengelompokkan kata kerja tersebut kedalam beberapa golongan berikut ini :

Existence

Intransitive Verb : Appear, disappear, live, die, happen, remain.

Human Body

Intransitive Verb : Ache, bleed, blush, faint, shiver, smile.

Human Noises

Intransitive Verb : Cough, cry, laugh, speak, snore, scream, yawn.

Light, Smell, Vibration

Intransitive Verb : Glow, shine, sparkle, stink, throb, vibrate.

Position, Movement

Intransitive Verb : Arrive, come, depart, fall, flow, go, kneel, run, sit, sleep, stand, swim, wait, walk, work.

Masih banyak lagi lho sebenarnya kata kerja yang termasuk kedalam intransitive verb, dan kamupun bisa menambah panjang daftar diatas hehe, tapi yang jelas sebagian besar verb atau kata kerja tersebut bisa kita kelompokkan kedalam kategori diatas, jika kamu menemukan kata kerja yang menurutmu termasuk kedalam intransitive verb, cobalah untuk memasukkannya kedalam salah satu kategori tersebut, supaya lebih mudah untuk mengingatnya nanti. Sekarang kita akan melihat bagaimana contoh intransitive verb saat digunakan dalam sebuah kalimat. Cekidoot yooow.

Contoh Penggunaan Intransitive Verb Dalam Kalimat

Temen temen, kali ini kami akan contohkan bagaimana penggunaan intransitive verb dalam sebuah kalimat. Kita perhatikan sama sama ya, dan ingat bahwa intransitive verb TIDAK diikuti oleh Object. Sekali lagi ingat INTRANSITIVE VERB = No Object.

Intransitive Verb : Happen

Contoh Kalimat : The accident happened a week ago.

Intransitive Verb : Glow

Contoh Kalimat : The phosphorus paint glow in the dark.

Intransitive Verb : Arrive

Contoh Kalimat : When will the bus from Semarang arrive?

Intransitive Verb : Laugh

Contoh Kalimat : All of the audience laughed uncontrollably of his story.

Intransitive Verb : Disappear

Contoh Kalimat : The magician disappear in front of the audience.

Oke deh sobat, itulah tadi beberapa contoh kalimat menggunakan intransitive verb. Sudah cukup ya contoh kalimatnya, meskipun mungkin tidak terlalu banyak namun kami berharap dengan contoh kalimat dan penjelasan dalam artikel ini bisa membantu pembaca semua untuk tau dan mengenal daftar intransitive verb dalam Bahasa Inggris. Saya akhiri sampai disini artikel kali ini, terimakasih sudah meluangkan waktu membaca artikel berjudul Daftar Intransitive Verb Serta Contoh Kalimatnya ini, semoga bermanfaat. Ketemu lagi di artikel lainnya ya sobat.

Referensi :

  1. What Is An Intransitive Verb? (With Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/intransitive_verbs.htm – Diakses tanggal 25 Juli 2016
  2. Daftar Common Intransitive Verbs (Umum Digunakan) – http://www.wordsmile.com/daftar-common-intransitive-verbs-umum-digunakan – Diakses tanggal 25 Juli 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *