Inilah Alasannya Mengapa Belajar Bahasa Inggris Itu Penting


Kamu pasti pernah berfikir kenapa sih kita harus belajar Bahasa Inggris? Padahal kan kita tinggal di Indonesia yang mayoritas warganya nggak memakai Bahasa Inggris dalam percakapan sehari hari. Kalau alasanya buat jaga jaga kalau ketemu bule dari luar negeri, bule juga nggak dateng setiap hari kan, kecuali buat kamu yang tinggal di Bali ya hehe. Kalau begitu belajar Bahasa Inggris nggak penting dong. Udah nggak penting, sulit lagi hehe.

Kita sebagai pelajar mungkin belum menyadari nih alasan kenapa belajar Bahasa Inggris itu penting. Itulah sebabnya terkadang di sekolah kita kurang semangat saat sedang belajar Bahasa Inggris. Dalam artikel kali ini kami akan membagikan alasan mengapa belajar Bahasa Inggris itu penting buat kamu. Jadi setelah membaca artikel ini, mudah mudahan kita akan sama sama menyadari pentingnya mempelajari Bahasa Inggris, dan akan lebih semangat lagi saat belajar. – Bigbanktheories.com

Study Englsih

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Itu Penting

Alasan Mengapa Belajar Bahasa Inggris Itu Penting

Buat kamu yang masih merasa belajar Bahasa Inggris itu nggak penting, coba deh baca penjelasan di bawah ini. Setelah itu coba tanyakan lagi ke diri kamu apa kamu masih berfikir kalau belajar Bahasa Inggris itu tidak penting ataukah setelah membaca artikel ini kamu jadi tau alasan belajar Bahasa Inggris itu penting bagi kehidupanmu di masa mendatang.

Related: Berbagai Respon Untuk Ucapan Thank You Dalam Bahasa Inggris

Beberapa alasan tentang pentingnya belajar Bahasa Inggris berikut ini kami kumpulkan dari beberapa pengalaman pribadi dan tidak mutlak terjadi di setiap orang. Namun dengan membaca cerita pengalaman pribadi yang kami bagikan ini mudah mudahan akan memberimu alasan untuk mulai belajar Bahasa Inggris dengan serius.

Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Alasan yang pertama mengapa belajar Bahasa Inggris itu penting adalah karena di masa depan, terutama mulai dari kamu lulus SMA akan ada banyak sekali tes yang berhubungan dengan Bahasa Inggris. Misalnya saja tes penerimaan masuk Universitas atau Tes SBMPTN, kamu pastinya pengen dong bisa kuliah, nah sayang banget kan kalau kamu harus nggak lulus dan nggak jadi kuliah karena tes kemampuan Bahasa Inggris kamu hasilnya jeblok hehe. Contoh lain misalnya kalau kamu ingin melamar kerja, akan selalu ada test kemampuan Bahasa Inggris. Karena seiring perkembangan zaman, perusahaan perusahaan yang ada di Indonesia pun ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusianya agar mampu bersaing.

Selain tes masuk Universitas dan tes melamar kerja, ada juga nih tes yang setiap tahunnya diikuti oleh ratusan bahkan ribuan orang dan dalam test tersebut terdapat tes kemampuan Bahasa Inggris juga sebagai penentu kelulusan seseorang, sobat ada yang tau tes apa yang saya maksud? Ya, benar sekali test yang saya maksud adalah tes tes resmi dari instansi pemerintah seperti tes ikatan dinas, tes kepegawaian pajak, dan tidak ketinggalan tes yang paling banyak pesertanya yaitu tes masuk kepolisian atau test Akpol. Jika kamu tidak menyiapkan diri dari sekarang untuk menghadapi tes tes seperti ini, kamu akan mengalami kesulitan kawan, karena belajar Bahasa Inggris itu tidak instan. Belajar Bahasa Inggris itu investasi, jadi mulailah dari sekarang.

Misalnya saja kamu dan orang tuamu sudah setuju selesai SMA kamu tidak akan kuliah tapi langsung ikut ujian masuk kepolisian. Mungkin dalam bayanganmu sekarang, yang penting punya tinggi dan berat badan ideal, mampu bela diri, dan tidak ada cacat fisik itu semualah yang perlu kamu persiapkan untuk masuk dalam akademi kepolisian. Tapi tidak hanya itu lho sobat, cobalah ikuti cerita singkat saya berikut ini.

Setiap tahunnya saya dapet permintaan membimbing private Bahasa Inggris untuk beberapa anak yang ingin ikut tes akpol, ini karena nilai hasil tes Bahasa Inggris merupakan salah satu nilai dengan sumbangsih besar terhadap keputusan lulus atau tidaknya mereka dalam tes tersebut. Sebagian besar dari mereka ternyata benar benar harus mulai dari awal, mereka tidak punya perbendaharaan kata yang cukup, masih bingung tentang to be, apalagi membahas masalah tenses, langsung pada angkat tangan semua (pengen Tanya maksudnya hehe). Dan mereka menuntut untut bisa dipersiapkan menghadapi soal test akpol hanya dalam waktu 1 bulan, bahkan kadang kurang. Uwoow, memangnya ini les masak tempe goreng tepung hehe.

Lalu apakah mereka berhasil lulus tes tersebut? Sebagian dari mereka pada akhirnya masih kesulitan saat menghadapi soal tes tersebut, dan seperti yang bisa kita duga, beberapa orang akhirnya gugur dalam tes tersebut. Yah kalo gugur berarti belum rejeki, ya memang benar, tapi bukankah sebaiknya kita mempersiapkan diri secara optimal jika memang ingin  mengikuti tes seperti yang saya ceritakan di atas? Dan jika memang ingin optimal, mulailah belajar Bahasa Inggris dari sekarang. Kamu tidak harus jago sekarang, tapi jika kamu sudah punya dasar pengetahuan Bahasa Inggris, akan lebih mudah bagi kamu nantinya.

Belajar Bahasa Membuatmu Lebih Pintar

Kamu pengen nggak jadi lebih pintar? Nah salah satu caranya adalah dengan belajar bahasa baru. Karena dengan belajar bahasa, otak kita akan lebih aktif, terutama saat kita harus mengganti dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Kamu percaya dengan yang barusan saya bilang? Hehe itu sebenarnya mengutip sebuah artikel yang saya temukan saat sedang browsing, tentang benar atau tidaknya saya nggak berani komentar, saya bukan ahlinya. Tapi menurut pendapat saya pribadi, saya sangat setuju jika ada pernyataan bahwa belajar bahasa akan membuat kita lebih pintar, terutama Bahasa Inggris. Mengapa begitu? Ini karena Bahasa Inggris adalah bahasa yang di akui secara internasional dan digunakan hampir di seluruh negara di dunia. Ini menyebabkan begitu banyak tulisan dalam bentuk buku ataupun ebook diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris. Nah bisa kamu bayangkan kalau kamu jago Bahasa Inggris, berapa banyak informasi yang bisa kamu serap jika dibandingkan dengan kamu tidak bisa Bahasa Inggris. Inilah yang memungkinkan kamu untuk jadi lebih pintar.

Mudah Untuk Mengikuti Perkembangan Teknologi

Siapa sih yang nggak mau tau tentang teknologi terbaru, semua orang tentunya juga ingin bisa menguasai teknologi paling baru yang ada. Ini mungkin disebabkan karena perkembangan teknologi akan membuat pekerjaan yang kita lakukan menjadi lebih mudah. Lalu apa hubungannya dengan Bahasa Inggris? Ya sebenarnya balik lagi ke alasan yang sudah kami jelaskan diatas, teknologi terbaru kadang datang dari berbagai negara yang tentunya memiliki perbedaan bahasa. Jika masing masing negara bersikeras menjelaskan cara penggunaan teknologinya dengan Bahasa Asli negara mereka, wah mungkin saja akan ada salah cara dalam menggunakan saat teknologi tersebut dipakai oleh orang dari negara lain yang tidak mengerti bahasanya, untuk itulah manual operation atau petunjuk penggunaan umumnya di buat dalam Bahasa Inggris.

Mempermudah Sosialisasi

Kalau punya uang yang banyak, pastinya kita ingin bisa jalan jalan ke negara lain bukan? Ah nggak juga hehe. Ya mungkin jalan jalan keluar negeri bukan mimpi semua orang, tapi sebagian besar orang termasuk saya punya mimpi yang sama, yaitu melancong ke negara lain dan punya kesempatan melihat dan merasakan pengalaman baru di lingkungan yang berbeda dengan negara kita. Namun terlepas dari ingin atau tidaknya kamu ke luar negeri, menguasai suatu bahasa memanglah sangat membantu kita dalam bersosialisasi. Contoh nya saja kamu berasal dari medan dan kamu berbahasa batak, kamu kemudian dapat kesempatan kuliah di jogja yang masyarakatnya berbahasa jawa. Bayangkan jika kamu tidak bisa berbahasa jawa dan masyarakat di jogja tidak bisa berbahasa batak, bagaimana kamu mau berkomunikasi dengan orang lain di sana? Untung saja kita dipersatukan dengan Bahasa Indonesia, bahasa nasional yang dikuasai hampir seluruh orang Indonesia. Nah hal yang sama juga berlaku dalam Bahasa Inggris sobat.

Okedeh sobat, itulah tadi beberapa Alasan Mengapa Belajar Bahasa Inggris Itu Penting menurut kami. Mudah mudahan sobat pembaca semua setuju dengan apa yang kami jelaskan dalam artikel ini dan jadi lebih bersemangat untuk belajar Bahasa Inggris. Jika ada kata kata kami dalam artikel ini yang kurang berkenan dihati kami mohon maaf lahir batin hehe. Terimakasih sudah menjadi pembaca setia di Bigbanktheories.com, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *