Ini Lho Perbedaan Dan Pengertian Direct And Indirect Objects


Tau nggak sih istilah direct and indirect objects dalam Bahasa Inggris? Apa ya pengertiannya? Hmm, kalau kita lihat dari arti kata nya, “Direct” artinya adalah “Langsung”, sedangkan “Indirect” artinya adalah “Tak Langsung”. Jadi “Direct Object” bisa kita artikan sebagai “Objek Langsung” sedangkan “Indirect Object” adalah “Objek Tak Langsung”. Kalau dari arti katanya sih mungkin kita bisa mengartikannya lewat kamus ya, tapi sebenarnya seperti apa sih direct and indirect objects itu?

Untuk menjawab rasa penasaran sobat seputar pengertian dan contoh kalimat direct and indirect objects, kali ini kami sudah marangkum beberapa informasi yang akan kami sajikan dalam artikel ini. Jadi buat kamu yang penasaran dan ingin mempelajari materi direct and indirect objects dalam Bahasa Inggris, baca terus artikel ini sampai selesai ya. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Direct And Indirect Objects

Pengertian Direct And Indirect Objects

Perbedaan Dan Pengertian Direct And Indirect Objects

Pengertian Object Dalam Sebuah Kalimat

Related: Jenis Pronoun Case Dan Penjelasan Lengkapnya

Sebelum kita membahas pengertian direct and indirect objects, kita perlu tau pengertian object terlebih dahulu. Menurut teman teman, object dalam suatu kalimat itu yang seperti apa? Dan dimanakah letak object dalam sebuah kalimat? Nah, perlu kita ketahui ya sobat, object dalam sebuah kalimat adalah si penerima aksi. Object dapat berupa orang, benda atau pun hewan, dan ini berarti object adalah orang, benda, atau hewan yang menjadi sasaran dari sebuah kata kerja.

Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

Contoh : Marjoko kicked the Ball. (Marjoko = Subject, kicked = Verb, the Ball = Object)

Kita perhatikan dari contoh diatas ya, “Marjoko/Subject” adalah sang pelaku. Aksi dalam kalimat ini adalah “Kicked/Verb”, dan aksi ini dilakukan terhadap “the Ball/Object”. Gimana, sudah lebih jelas tentang pengertian object? Mudah mudahan sudah ya hehe.

Dalam contoh kalimat diatas, kita lihat bahwa object nya terletak setelah kata kerja atau verb. Tapi apakah pasti setalah sebuah kata kerja akan ada object? Ternyata belum tentu sobat, karena ada beberapa kata kerja yang ternyata tidak memerlukan object, kata kerja seperti ini disebut dengan Intransitive Verb. Sedangkan kata kerja yang selalu diikuti object disebut dengan Transitive Verb.

Pengertian Dan Contoh Direct Object

Direct object adalah object yang secara langsung menerima aksi atau terkena dampak langsung dari verb. Direct object ini dapat berupa noun, dan bisa juga berupa pronoun. Cara mudah mengetahui jika suatu object dalam kalimat adalah direct object yaitu dengan membuat pertanyaan berawalan “Whom” atau “What”, jika kalimat tersebut dapat menjawab pertanyaan berawalan “Whom” atau “What” maka object dalam kalimat tersebut adalah direct object. Contohnya :

Satoshi caught a pokemon. – What did Satoshi catch? A Pokemon.

Ingat, jika sebuah kalimat mengandung informasi yang dapat menjadi jawaban untuk pertanyaan berawalan “What & Whom”, maka kalimat tersebut memiliki Direct Object.

Pengertian Dan Contoh Indirect Object

Indirect object adalah bagian dari sebuah kalimat yang menerangkan untuk siapa sesuatu dilakukan. Indirect object dapat juga berfungsi sebagai penerima direct object dalam sebuah kalimat. Ini berarti harus ada sebuah direct object dalam sebuah kalimat agar indirect object bisa dimunculkan. Dengan begini, sebuah indirect object dapat menjadi jawaban untuk pertanyaan “to whom, for whom, dan for what”. Contohnya :

Mr. Takeshi bought his daughter a Pokemon doll. – For whom did Mr.Takeshi buy a Pokemon doll? His daughter.

Dengan contoh diatas, bisa kita lihat Indirect Object dalam kalimat tersebut adalah “his daughter”, karena “his daughter” merupakan penerima direct object “a Pokemon doll”.

Bagaimana temen temen, sudah bisa dimengerti penjelasan direct and indirect object diatas? Mudah mudahan materi yang kami suguhkan bisa dimengerti dengan mudah ya. Untuk membantu pembaca semua dalam memahami materi kali ini, berikut ini kami tampilkan beberapa contoh kalimat menggunakan direct dan juga indirect object. Silahkan diperhatikan dan dipahami.

Contoh Kalimat Menggunakan Direct And Indirect Object

Mr. Agus invited Mr. Marjuki to his office. (Direct Object = Mr. Marjuki)

Mr. Marfuah ate oatmeals for breakfast. (Direct Object = Oatmeals)

Miss Maemunah bought pineapple in the supermarket. (Direct Object = Pineapple)

Jukino builds a sand castle everyday. (Direct Object = a sand castle)

Mr. Sutekno killed the snake. (Direct Object = the snake)

Mr. Jakiro sent him an email. (Indirect Object = him)

Rakadus gave me a smartwatch. (Indirect Object = me)

Oke deh sobat, kami akhiri dulu pembahasan tentang Perbedaan Dan Pengertian Direct And Indirect Objects. Kami harap dengan penjelasan yang kami berikan, rekan pembaca semua bisa mengerti dengan mudah materi ini. Mohon maaf jika ada salah kata dalam penjelasan kami kali ini, terimakasih sudah selalu setia mengunjungi website kami, semoga kita bisa sama sama mendapat manfaat dari artikel yang ada di website ini. Kami tunggu kunjungan selanjutnya dan sampai jumpa.

Referensi :

  1. Direct And Indirect Object – http://www.myenglishpages.com/site_php_files/grammar-lesson-direct-indirect-object.php – Diakses tanggal 27 Juli 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *