Ini Lho Penjelasan Tentang Perbedaan Home Dan House


Kata home dan house masih sering dianggap sama oleh sebagian orang hingga saat ini. Hal ini sangat wajar sih sebenarnya, coba deh sobat cek di kamus kata house artinya apa? Jawabannya pasti “rumah”, sekarang coba cek juga arti kata home di kamus, saya rasa sobat juga akan menemukan arti yang sama yaitu “rumah”. Karena kedua kata tersebut memiliki arti yang sama, wajar saja kan banyak orang yang tidak tau perbedaannya.

Padahal jika kita sudah tau, perbedaan home dan house itu sangat jelas lho, dan tentunya kami yakin tidak sulit sebenarnya untuk mengingatnya. Berhubung kami sudah tau cara mudah untuk membedakan penggunaan kedua kata tersebut, kali ini kami ingin membagikannya melalui artikel ini. Jadi buat sobat yang belum tau perbedaan antara kata home dan house, silahkan baca artikel ini sampai habis. – Bigbanktheories.com

Idiom Tentang Home Dan House Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Home Dan House

Perbedaan Home dan House

Meski memiliki pengertian yang sama, kata home dan house digunakan dengan cara yang berbeda pada awalnya, tapi beberapa sumber yang kami temukan menyebutkan bahwa saat ini keduanya bisa digunakan secara bergantian. Terlepas dari benar atau tidaknya pernyataan tersebut, kami masih meyakini bahwa kata home dan house memanglah berbeda, dan mengetahui perbedaannya merupakan hal yang cukup penting untuk kita lakukan.

Related: Hear Dan Listen Itu Berbeda Pengertian Dan Penggunaannya Lho

Kata “House” dalam Bahasa Inggris artinya “the building where the majority of people live. It normally has roof, bedrooms, bathroom, a living room, a dining room, and a kitchen” jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan “House” adalah “bangunan yang secara umum digunakan sebagai tempat tinggal. Biasanya bangunan ini memiliki atap, kamar, kamar mandi, ruang keluarga, ruang makan dan dapur.” Dengan begini bisa kita simpulkan bahwa kata house kita gunakan untuk merujuk kepada bangunan fisik rumah yang bisa kita lihat dan pegang. Coba bandingkan dengan pengertian kata “home” berikut ini.

Kata “Home” dalam Bahasa Inggris artinya “a place where someone lives”, jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya “sebuah tempat dimana seseorang tinggal”. Disini kita tidak sedang membicarakan sebuah “bangunan” namun sebuah “tempat”, ini artinya pengertian kata “rumah” disini menjadi lebih luas, tidak selalu harus merujuk kepada sebuah “bangunan rumah”, namun bisa juga tempat lain seperti “sebuah kapal” yang ternyata dijadikan tempat tinggal oleh seseorang misalnya, atau bisa juga berbentuk sebuah “mobil caravan” dan berbagai tempat lain yang tidak harus berbentuk rumah namun merupakan sebuah tempat tinggal bagi seseorang.

Selain perbedaan di atas, sebagian orang juga beranggapan kalau “house” hanyalah sebuah bangunan fisik tanpa adanya ikatan perasaan terhadap penghuninya, sedangkan home adalah suatu tempat dimana kita sebagai penghuni merasa nyaman untuk tinggal dan merasa memiliki ikatan terhadap tempat tersebut, inilah sebabnya kata home sering dihubung hubungkan dengan keluarga atau suatu tempat yang memiliki ikatan bagi kita.

Contoh: This place feels like home. (tempat ini terasa seperti rumah.)

Kita bisa saja mengatakan kalimat seperti contoh di atas meski kita baru pertama kali mendatangi suatu tempat. Dan ingat, tempat yang kita bicarakan ini tidak harus merujuk kepada sebuah bangunan rumah (dengan atap, jendela, pilar, dan bagian rumah pada umumnya), kita bisa saja sedang merujuk sebuah desa yang sejuk, penuh rumput hijau dan anak anak bermain di taman, yang bagi kita saat berada di sana mengingatkan kita pada kampung halaman kita yang memiliki suasana yang sama.

Bagaimana sobat? Sudah bisa dipahami kan perbedaan antara home dan house? Kami harap sudah ya. Berikut ini kami akan membagikan sedikit informasi tambahan lagi yang berhubungan dengan kata home dan house, silahkan di simak.

Hewan tidak memiliki “house” namun memiliki “home”, kecuali untuk anjing peliharaan. Terdapat berbagai sebutan untuk rumah hewan, dan pada umumnya kita menyebutnya dengan “sarang”, sarang atau rumah hewan ini merupakan contoh “home” dan bukan “house”, tapi terkhusus untuk anjing, kadang kita pernah melihat rumah anjing yang bentuknya seperti bangunan rumah mini, lengkap dengan atap, pintu dan ruangan, nah untuk contoh yang seperti ini, kita bisa mengelompokkannya kedalam “house”.

Beberapa Istilah Rumah Hewan (home) Dalam Bahasa Inggris

Den = Lobang di tanah yang biasanya jadi sarang rubah.

Lair = Sarang belatung

Warren = Terowongan bawah tanah yang biasanya jadi sarang kelinci.

Nest = Sarang burung

Hive = Sarang lebah

Cobweb = Sarang laba laba

Phrase dan Idiom tentang Home dan House

Home sweet home

Artinya: Tempat yang paling nyaman adalah rumah kita. Biasanya expression ini kita ucapkan saat sampai di depan pintu rumah setelah seharian lelah bekerja, sebagai ungkapan bahwa kita sangat bersyukur bisa sampai rumah dengan selamat.

My home is my paradise

Artinya: rumahku adalah surgaku. Expression ini tidak jauh berbeda dengan contoh di atas. Maknanya yaitu bahwa rumah kita adalah tempat ternyaman bagi kita.

Make a house a home

Artinya: “membuat rumah menjadi nyaman”, umumnya ada ungkapan dalam budaya barat “it takes a woman to make a house a home” yang artinya “dibutuhkan seorang wanita untuk mengubah “house” menjadi “home” ”.

To move house

Artinya: pindah rumah.

Hometown

Artinya: kota asal atau tempat tinggal.

Itulah tadi sobat sekilas informasi yang bisa kami sampaikan tentang perbedaan home dan house dalam Bahasa Inggris, semoga bisa dipahami dengan mudah. Kami juga berharap informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat pembaca semua, khususnya mengenai bidang pelajaran Bahasa Inggris. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, sampai jumpa lagi di kesempatan lainnya.

Referensi:

  1. The difference between House and Home – http://www.woodwardenglish.com/house-vs-home-difference/ – Diakses tanggal 12 Maret 2017
  2. Penggunaan dan Contoh Kalimat Home dan House – https://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-home-house – Diakses tanggal 12 Maret 2017
  3. what is the difference between home and house? – https://www.grammarly.com/answers/questions/5729-what-is-the-difference-between-home-and-house/ – Diakses tanggal 12 Maret 2017
  4. What’s the difference between a house and a home? – http://www.learnersdictionary.com/qa/what-s-the-difference-between-a-house-and-a-home – Diakses tanggal 12 Maret 2017
  5. House or Home? – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/house-or-home – Diakses tanggal 12 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *