Ini Lho Cara Praktis Membedakan Penggunaan A, An Dan The


Halo temen-temen, kali ini kita akan mempelajari tentang penggunaan article dalam Bahasa Inggris. Mungkin beberapa dari temen-temen ada yang sedang bertanya-tanya nih ya, apa sih pengertian article itu? Mungkin temen-temen taunya article itu ya artikel atau tulisan dalam majalah seperti itu ya, hehe tapi dalam materi Grammar Bahasa Inggris article itu memiliki pengertian lain temen-temen.

Mempelajari pengertian dan contoh penggunaan article dalam Bahasa Inggris bagi pembelajar bahasa seperti kita sangat penting lho temen-temen. Ada yang tau kenapa? Ya karena dengan menambahkan article kedalam suatu kalimat, itu juga akan mengakibatkan perubahan makna pada kalimat tersebut. Tentunya temen-temen sekarang penasaran ya tentang pengertian dan contoh penggunaan article dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris, ayoo simak penjelasan berikut ini. Oh ya, temen-temen juga bisa menemukan banyak informasi menarik lainnya lho seputar Bahasa Inggris di website ini – Bigbanktheories.com.

Contoh Soal Tentang Penggunaan Articles

Penggunaan Articles Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Pengertian Dan Penggunaan Articles Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Article adalah kata yang kita gunakan untuk memberi makna berbeda terhadap kata benda. Secara teknis, berdasarkan definisinya, article juga tergolong kedalam kata sifat (adjective) yang juga berfungsi untuk merubah atau meberi makna berbeda terhadap kata benda. Namun bedanya adalah, kata sifat merubah makna dari kata benda melalui deskripsinya, sedangkan Article digunakan untuk menandai atau merujuk ke kata benda tertentu. Untuk menguji pemahaman temen-temen tentang kata benda dan vocabulary lainnya, temen-temen juga bisa mencoba mengerjakan Contoh Soal Vocabulary di website ini.

Related: Penjelasan Dan Macam Macam Contoh Kalimat Adjective Clause

Ada dua jenis article yang sering digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris yaitu definite dan indefinite articles. Yang termasuk kedalam definite article adalah kata “The”. Sedangkan yang termasuk kedalam indefinite articles adalah kata “A dan An”. Perbedaan mendasar antara definite dan indefinite articles adalah, kita menggunakan definite article di depan kata benda yang kita yakini antara pembicara dan pendengar mengetahui secara pasti apa yang sedang dituju, atau bisa dikatakan, “The” digunakan pada kata benda yang spesifik. Sedangkan indefinite article digunakan untuk kata benda yang umum.

Kapankah kita harus menggunakan article The? Berikut ini sudah saya rangkum beberapa situasi dimana temen-temen harus menggunakan kata The. Poin-poin dibawah ini sengaja saya rangkum untuk memudahkan temen-temen dalam memahami contoh penggunaan kata The dalam kalimat Bahasa Inggris, sudah saya sertakan contoh juga lho, hehe semoga mudah dimengerti.

Contoh Penggunaan Kata The Atau Definite Article Dalam Kalimat.

  1. Gunakanlah kata The untuk merujuk kepada sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya.

Contoh : He is getting married to a beautiful girl. The girl is his neighbor.

  1. Gunakanlah kata The saat kamu yakin bahwa yang akan kamu sebutkan hanya ada satu dan hanya tertuju pada satu benda itu saja.

            Contoh : The moon is not very bright tonight.

  1. Gunakanlah kata The didalam kalimat atau klausa dimana kamu menjelaskan atau mengidentifikasi seseorang atau objek tertentu.

            Contoh : I scratched the black car parked outside.

  1. Gunakanlah kata The untuk merujuk kepada orang atau objek yang unik.

            Contoh : Two birds fly to the sky.

  1. Gunakanlah kata The sebelum tingkatan superlatives dan ordinal number.

            Contoh : It is the oldest library in my town.

                              My sister is the first runner up of miss Indonesia 2016

  1. Gunakanlah kata The bersama kata sifat untuk merujuk ke sekelompok orang.

            Contoh : Do not underestimate the poor.

  1. Gunakanlah kata The dalam klausa yang diawali dengan kata “only”.

            Contoh : You are the only person she will listen to.

  1. Gunakanlah kata The bersama dengan kawasan-kawasan geografis, sungai-sungai, kawasan pegunungan, kepulauan, kanal, dan samudra.

            Contoh : Traveling to The Krakatoa Islands require a lot of money.

  1. Gunakanlah kata The dengan Negara yang memiliki kata “republic, kingdom, atau states” dalam namanya.

            Contoh : My girl friend is from The United Kingdom.

  1. Gunakanlah kata the bersama dengan nama bangunan terkenal atau monument.

            Contoh : I want to take a picture in front of The Eiffel tower.

Temen-temen, itulah tadi beberapa penggunaan kata The dalam kalimat Bahasa Inggris yang telah saya rangkum. Sekarang saatnya kita mempelajari tentang contoh penggunaan kata “A dan An” dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris.

Contoh Penggunaan Kata A Dan An Atau Indefinite Article Dalam Kalimat.

Kata “a” dan “an” tergolong kedalam Indefinite Articles. Indefinite articles adalah kelompok article yang digunakan sebelum kata-kata benda tunggal atau Singular yang dapat diperkirakan jumlahnya atau Countable. Lalu apakah beda antara article “a” dan “an” ? Penting sekali untuk diingat ya temen-temen, article “a” digunakan sebelum kata benda yang berawalan huruf atau bunyi konsonan, sedangkan kata “an” digunakan sebelum kata benda yang berawalan huruf atau bunyi vokal (a, I, u, e, o).

Contoh : I have a car.

                   The doctor suggest me to eat an apple everyday.

Bagaimana temen-temen, sekarang sudah mengerti ya tentang article dan penggunaannya dalam kalimat. Sekarang saatnya kita menguji pemahaman tentang penggunaan article dengan mengerjakan beberapa soal latihan berikut ini, jangan lupa, temen-temen bisa langsung cek jawabannya di akhir artikel.

Soal Latihan Tentang Penggunaan Articles (a, an, the)

  1. Mom, can I borrow . . . . . motorcycle?
  2. Reading . . . . . book is good for our brain.
  3. My brother enjoyed . . . . . movie you gave him.
  4. Anita is . . . . . tallest girl in my class.
  5. . . . . . apple . . . . . day keeps you healthy.

Jawaban :

  1. The
  2. A
  3. The
  4. The
  5. An, A

Sekian dulu pembahasan kita tentang Penggunaan Articles Dalam Kalimat Bahasa Inggris, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Referensi :

  1. The Definite Article – http://www.edufind.com/english-grammar/definite-article/ – diakses tanggal 18 Februari 2016
  2. Definite Article : The – http://learnenglish.britishcouncil.org/en/english-grammar/determiners-and-quantifiers/definite-article – diakses tanggal 18 Februari 2016
  3. Articles – http://esl.fis.edu/grammar/rules/article.htm – diakses tanggal 18 Februari 2016
  4. What Are Articles In English Grammar? Definition, Use & Examples – http://study.com/academy/lesson/what-are-articles-in-english-grammar-definition-use-examples.html – diakses tanggal 18 Februari 2016
  5. Perbedaan Article Dalam Bahasa Inggris : A, An, The – http://www.carabelajarbahasainggrisoke.com/2014/06/perbedaan-article-dalam-bahasa-inggris-a-an-the.html – diakses tanggal 18 Februari 2016
  6. Pengertian Dan Contoh Kalimat Articles (a, an, the) – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-articles-a-an-the – diakses tanggal 18 Februari 2016
  7. All About Grammar – 1. Articles (Artikel) – ( Pratiwi, Andhika., Fitria, Mayasari & Gartika, Rahmasari. (2010). 100% Best Guide To TOEFL. Jakarta: Laskar Aksara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *