Ini Lho Bedanya Discreet Dan Discrete Dalam Bahasa Inggris


Discreet dan Discrete adalah dua kata yang berasal dari sebuah kata yang sama dalam bahasa latin yaitu “discretus” yang berarti “terpisah”. Namun hal ini tidak membuat kedua kata ini memiliki pengertian yang sama lho. Dari segi pengucapan memang sama karenanya kata Discreet dan Discrete ini termasuk kedalam kata yang bersifat homophone (kosakata yang pelafalannya sama namun berbeda arti, ejaan, atau keduanya). Namun dari segi arti kata, keduanya ternyata merujuk pada hal yang sangat berbeda, meski keduanya memang berfungsi sebagai adjective (kata sifat) dalam kalimat.

Melalui artikel kali ini, kita akan mempelajari bersama mulai dari pengertian Discreet dan Discrete, perbedaan antara kedua kata tersebut, hingga cara atau contoh penggunaan keduanya dalam kalimat. Hal ini penting untuk kita lakukan karena umumnya kata yang tergolong kedalam homophone sering kali menimbulkan kekeliruan baik dalam penggunaannya dalam kalimat maupun dalam penulisan ejaannya yang benar. Sekarang, ayo langsung saja kita simak penjelasan singkat seputar perbedaan Discreet dan Discrete ini. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Discreet dan Discrete

Ini Lho Bedanya Discreet Dan Discrete Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Discreet dan Discrete

Saat ini sepertinya sudah lebih mudah bagi kita dalam membedakan antara kata Discreet dan Discrete dalam Bahasa Inggris. Karena dengan bermodalkan aplikasi kamus gratis yang bisa kita instal di komputer kita di rumah, kita sudah bisa menemukan pengertian dari kedua kata ini dengan tepat dan jelas.

Related: Key Of English Crossword Puzzle Exercise For Beginner

Jika kita terjemahkan dengan menggunakan kamus, maka pengertian Discreet dan Discrete yang akan kita temukan adalah sebagai berikut:

Discreet artinya bijaksana, berhati hati atau dalam Bahasa Inggris nya biasa diartikan dengan “careful” atau “circumspect”. Kata ini sering juga digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang bersifat private atau rahasia yang dalam Bahasa Inggris nya dihubungkan juga dengan kata “inconspicuous” yang berarti “tidak menyolok mata”. Perhatikan contoh penggunaan kata “Discreet” dalam kalimat berikut ini:

Mr. Parker deliver his speech in a very discreet manner.

(Mr. Parker menyampaikan pidato nya dengan cara yang sangat berhati hati.)

Discrete artinya mempunyai ciri ciri tersendiri, dapat dibedakan, terpisah, berlainan atau dalam Bahasa Inggris nya biasa diartikan dengan “separate” atau “distinct”. Jika kita perhatikan sepertinya kata “Discrete” inilah yang mempertahankan pengertian dari kata asalnya dalam Bahasa Latin ya. Sekarang, perhatikan contoh penggunaan kata “Discrete” dalam kalimat berikut ini:

An apple and a banana are discrete.

(Sebuah apel dan sebuah pisang adalah benda yang berlainan / bisa dibedakan / jelas bedanya.)

Bagaimana sobat, ternyata kata Discreet dan Discrete itu jauh berbeda kan meski berasal dari sumber kata yang sama. Oh ya, sedikit menambahkan informasi baru ya, dulu sekitar tahun 1700 an penggunaan kedua kata ini muncul dalam banyak variasi ejaan lho, mulai dari discrete, discreet, dyscrete, discreete dan sebagainya. Sekarang untung saja hanya tersisa dua kata yang digunakan ya, kalau nggak wah bisa panjang pembahasan kita hehe.

Contoh Penggunaan Kata Discreet dan Discrete dalam Kalimat

I prefer to use SMS than a phone call, because I think texting is more discreet and can’t be overheard.

(Saya lebih suka menggunakan SMS daripada telepon, karena menurut saya mengirim pesan itu lebih aman (rahasia) dan tidak bisa didengar secara tidak sengaja (oleh orang lain).)

This building has five discrete section that will support your activity as CEO.

(Bangunan ini memiliki lima bagian yang berbeda yang akan menunjang aktivitas anda sebagai CEO.)

Oke deh sobat, segita aja yang bisa kami sampaikan mengenai perbedaan antara kata Discreet dan Discrete dalam Bahasa Inggris, semoga bisa dipahami. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan kami kali ini, jangan lupa baca juga artikel sebelumnya yang berjudul Bedanya Disinterested dan Uninterested Dalam Bahasa Inggris.

Referensi:

  1. Perbedaan antara Discreet dan Discrete – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-discreet-discrete – Diakses tanggal 25 September 2017
  2. ‘Discreet’ or ‘Discrete’? – https://en.oxforddictionaries.com/usage/discreet-or-discrete – Diakses tanggal 25 September 2017
  3. What’s the difference between “Discreet” and “Discrete”? – http://www.dictionary.com/e/discreet-and-discrete/ – Diakses tanggal 25 September 2017
  4. Discrete or Discreet? – http://www.grammar-monster.com/easily_confused/discrete_discreet.htm – Diakses tanggal 25 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *