Ini Lho Beda Clean Dan Clear Dalam Bahasa Inggris


Masih bingung menentukan beda clean dan clear ? Jangan kuatir, kamu nggak sendirian hehe. Barusan saja saya browsing ke beberapa forum Bahasa Inggris, ternyata memang masih banyak yang bingung nih tentang penggunaan clean dan clear dalam kalimat, karena kedua kata ini sepertinya sama dan bisa saling menggantikan. Nah, karena masih banyak yang ingin tau tentang perbedaan clean dan clear namun belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, kali ini kami akan mencoba memberikan sedikit penjelasan tentang hal tersebut berdasarkan opini kami dan juga contoh contoh yang sebenarnya sudah sangat sering kita temui di keseharian kita. Semoga dengan penjelasan singkat ini kamu bisa mengerti ya beda kata clean dan clear dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Kata Clean Dan Clear

Beda Clean Dan Clear Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Dan Perbedaan Kata Clean Dan Clear

Menurut kamu kata clean dan clear itu sama atau tidak ? tentunya tidak sama ya sobat. Kita ambil contoh nih, kamu tau kan ada produk kosmetik pembersih wajah yang namanya “Clean and Clear” nah, kita lihat dari nama produk ini, kedua kata itu dipakai secara bersamaan, artinya memang kedua kata tersebut makna nya berbeda. Lalu apa dong perbedaan antar clean dan clear ?

Untuk membahas perbedaan clean dan clear kita masih akan menggunakan contoh produk kosmetik “Clean and Clear” ya sobat, bukan mau promosi nih hehe, tapi menurut kami ini cara yang mudah untuk memahami perbedaan keduanya. Oke, karena kita sedang menggunakan contoh produk kosmetik untuk wajah, coba kamu bayangkan wajah mu dulu, apakah bersih ? apakah berjerawat ? ataukah ada komedo ?

Related: Beda Leach Dan Leech Dibahas Secara Singkat Di Sini

Nah kita anggap saja sekarang wajahmu masih kotor dan berminyak karena baru pulang sekolah dan juga ada beberapa jerawat yang merah dibagian pipi. Kemudian kamu mencuci mukamu dengan sabun pencuci muka, kotoran pun hilang dan wajahmu bersih dan segar. Inilah yang disebut dengan “Clean” atau jika diartikan dalam kamus artinya bersih dan tak berdebu. Tapi, jerawat di pipimu masih ada kan ? bagian permukaan kulit diatas kerawatmu mungkin bersih sekarang, tapi jerawat dan komedo mu masih disana kan ? nah ini artinya wajah kamu sekarang sudah “Clean” tapi belum “Clear”. Karena jika kita artikan dalam kamus, kata “Clear” meskipun artinya juga bersih namun bisa diibaratkan sebagai keadaan kosong atau tidak ada apa apa. Inilah yang yang ingin disampaikan oleh nama produk “Clean and Clear” tersebut sobat, hehe wah dalam sekali ya.

Sekarang, ayoo kita tinjau dari contoh lainnya. Misalnya saja nih kita nonton film Hollywood, ada adegan Presiden atau orang penting ingin lewat dengan arak arakan pengawalan super ketatnya, tim pengawal pun ingin membersihkan lalu lintas agar arak arakan kendaraan ini tidak terkena macet. Manakah yang akan digunakan, “Clean the path” atau “Clear the path”? Yak, benar sekali, tentunya yang “Clear the path” ya sobat, karena disini maksudnya menyingkirkan semua halangan yang ada di jalur lintas arak arakan presiden tersebut. Oh ya selain “Clear the path” mungkin kamu juga sering mendengar kalimat “Clear the street” atau “Clear the building” untuk kasus seperti ini dalam film.

Sekarang kita lihat dari contoh yang lebih mudah lagi nih, pilih mana “Clean tha class” atau “Clear the class” ? Nah, kedua duanya benar dan bisa dipakai ya sobat, namun memang mengarah ke tindakan yang berbeda. Jika kamu menggunakan “Clean the class” maka yang akan terjadi adalah menyapu, mengepel, membersihkan kaca dan sebagainya. Namun saat kamu menggunakan “Clear the class” maka yang mungkin terjadi adalah, semua orang di dalam kelas tersebut keluar atau bahkan semua barang dalam kelas tersebut dikeluarkan.

Nah gimana sobat, sudah jelas kan perbedaan clean dan clear dalam Bahasa Inggris. Jika sudah jelas, pastinya kamu sekarang tau deh, kenapa pekerjaan bersih bersih itu disebut “Cleaning Service” dan bukan “Clearing Service”, hehe kalau kamu sudah mengerti beda clean dan clear pastinya contoh ini akan terdengar lucu ya sobat. Karena kalau kamu pakai jasa “Clearing Service” dirumahmu, wah bisa bisa barang barang di rumahmu lenyap semua haha.

Oke deh sampai disini ya penjelasan kami tentang Beda Clean dan Clear dalam Bahasa Inggris. Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penyampaian kami kali ini, kami mohon maaf. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan pengetahuan baru bagi kamu dan bisa menambah daftar kosakata yang kamu kuasai. Sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *