Ini Dia Penjelasan Tentang Penggunaan Apply For Vs Apply To


Apa temen-temen pernah mendengar atau melihat penggunaan frasa “Apply for” dan juga “Apply To”? mungkin sudah ya, umumnya kita menjumpai penggunaan frasa ini dalam sebuah lowongan pekerjaan atau juga informasi beasiswa. Tapi apakah temen-temen sudah mengetahui tentang perbedaan dalam menggunakan apply for dan apply to? Bagi sebagian orang mungkin hal ini sudah dikenal dan sering digunakan ya, tapi mungkin ada yang belum tau atau belum mengerti dengan jelas tentang perbedaan keduanya.

Dalam artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan sedikit gambaran ataupun penjelasan tentang penggunaan apply for dan apply to, beserta contoh dan maknanya. Jadi, bagi temen-temen yang ingin mengetahui penjelasan tentang penggunaan frasa apply for dan juga apply to, silahkan baca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa untuk memperhatikan contoh-contoh kalimat yang diberikan dibawah ini, karena dengan memperhatikan contoh-contoh tersebut, akan sangat membantu temen-temen memahami materi ini. – Bigbanktheories.com

Penggunan Apply For Dan Apply To Dalam Kalimat

Apply For Vs Apply To

Penjelasan Mudah Tentang Penggunaan Apply For Dan Apply To

Mungkin sebelumnya temen-temen pernah bingung ya saat ingin melamar sebuah pekerjaan atau ingin memasukkan berkas untuk mendapatkan beasiswa ke luar negri apakah harus menggunakan “Apply For” atau “Apply To”. Cobalah temen-temen perhatikan contoh kalimat berikut ini.

Related: Penjelasan Serta Contoh Inherent Dan Non-Inherent Adjective

I apply for a scholarship abroad.

I apply to the US Embassy for a scholarship.

Dari dua contoh kalimat diatas, bisa kita lihat ya ada perbedaan antara apply for dan apply to. Setelah frasa “apply for” maka yang muncul setelahnya adalah berupa sesuatu yang ingin didapatkan oleh subject “I”. Sedangkan pada kalimat kedua, setelah frasa “apply to” maka yang muncul adalah kata benda yang merupakan tempat yang dituju oleh subjek “I”.

Gunakanlah frasa “apply for” sebagai sebuah ungkapan jika niatan kamu atau si subjek adalah untuk memperoleh sesuatu. Seperti contoh kalimat pertama, yang ingin diperoleh subjek adalah “Scholarship abroad”, oleh karena itu kita menggunakan “Apply For”.

Gunakanlah frasa “apply to” saat kita memposisikan diri kita sebagai kandidat (pekerja/pelamar beasiswa) dan mengajukan lamaran tersebut ke suatu tempat/seseorang. Seperti contoh kalimat kedua, subjek “I” menujukan lamaran beasiswanya ke kedutaan Amerika.

Contohnya seperti kalimat berikut ini : We apply to a school for a job as a teacher.

Bagaimana temen-temen penjelasan singkat tentang Penggunaan Apply For VS Apply To diatas? Mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan temen-temen yang awalnya masih bingung membedakan penggunaan kedua frasa diatas ya. Terimakasih sudah berkunjung lagi ke bigbanktheories.com, temukan artikel-artikel menarik lainnnya yang bisa membantu temen-temen dalam belajar Bahasa Inggris. Sekian dulu artikel kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi :

  1. Apply to, Apply for, and Apply with – http://www.dailywritingtips.com/apply-to-apply-for-and-apply-with/ – diakses tanggal 6 Maret 2016
  2. “apply for” or “apply to” – https://www.englishforums.com/English/ApplyForOrApplyTo/zjzrj/post.htm – diakses tanggal 6 Maret 2016
  3. “Apply for” vs “Apply to” – http://english.stackexchange.com/questions/72490/apply-for-vs-apply-to – diakses tanggal 6 Maret 2016

13 THOUGHTS ON “Ini Dia Penjelasan Tentang Penggunaan Apply For Vs Apply To”

  1. Sangat membantu sekali dalam belajar Bahasa Inggris. Thank u admin. Izin share ya min. Ditunggu materi-materi selanjutnya. Keep it up! : )


    1. Waah terimakasih banyak Angga, semoga bermanfaat ya artikelnya


  2. pengartiannya hampir sama yaa apply for sama apply to


    1. hehe iya, BeTi (Beda Tipis) hehe, thanks kunjungan nya.


  3. hahahan baru tahu saya kira sama maksudnya 😀


    1. Cuma beda sedikit bro, hehe tapi lumayan penting untuk diketahui.



    1. Okee sama -sama gan, thanks kunjungan nya


  4. keren gan infonya sangat bermanfaat dan sangat membantu ditnggu materi berikutnya


    1. Thanks Dewiq, mudah-mudahan artikelnya bermanfaat ya


  5. meski kayanya beda arti dikit ini info yang sangat bermanfaat gan thanks 😀


    1. hahaha iya gan, thanks kunjungan nya ya


  6. Saya baru tau nih, artikelnya bagus !


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *