Imperative Sentence Dan Penggunaannya Dalam Keseharian Kita


Imperative sentence merupakan salah satu sentence types dalam Bahasa Inggris yang penggunaannya sangat erat dengan berbagai aktifitas kita sehari hari. Karena jenis sentence yang satu ini merupakan salah satu bentuk kalimat yang akan sering kita jumpai, maka mempelajarinya adalah hal yang penting bagimu. Terutama jika saat ini kamu belum tau pengertian dan juga contoh imperative sentence itu seperti apa.

Melalui artikel ini, kami mencoba memberikan sedikit ulasan tentang imperative sentence serta kaitannya dengan kegiatan kita sehari hari. Kami berharap, setelah membaca artikel ini sobat akan mengerti, seperti apa yang disebut dengan imperative sentence dalam Bahasa Inggris itu serta dapat menggunakannya dengan tepat. Ayo kita simak bersama penjelasan tentang imperative sentence serta berbagai contoh penggunaannya yang akan sering kita jumpai di keseharian kita. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Imperative Sentence Sehari Hari

Imperative Sentence Dan Penggunaannya Dalam Keseharian Kita

Pengertian Imperative Sentence

Pada dasarnya yang dimaksud dengan imperative sentence adalah jenis kalimat yang kita gunakan untuk memberikan perintah (command), tapi makna ini bisa dilihat secara lebih luas menjadi tipe kalimat yang digunakan untuk memberi request (permintaan), command (perintah) serta instruction (petunjuk). Dalam Bahasa Indonesia nya, selain dengan sebutan kalimat imperatif kita juga mengenalnya dengan istilah kalimat perintah.

Related: Penggunaan Used To Dan Would Dalam Mengungkapkan Past Habit

Sebuah imperative sentence bisa kita cirikan dengan bentuknya yang berupa eliptical construction, atau dengan kata lain subject dari sebuah kalimat imperatif biasanya tidak dimunculkan, karena dianggap sudah jelas yaitu : you. Oleh karena itulah, sebuah kalimat imperatif akan diawali langsung dengan sebuah verb (kata kerja), yang berupa bare infinitive (kata kerja dasar tanpa penambahan apapun). Dengan begini bisa kita simpulkan bahwa rumus imperative sentence adalah sebagai berikut:

Rumus Imperative Sentence:

Positive: Verb + Object / Complement

Negative: Don’t + Verb + Object / Complement

Contoh kalimat imperative positive:

Kick the ball!

Come here!

Contoh kalimat imperative negative:

Don’t forget your promise.

Don’t go there.

Itulah tadi contoh imperative sentence positive dan negative, lalu bagaimana dengan yang interrogative? Perlu kita ketahui bahwa kalimat perintah tidak memiliki bentuk tanya atau interrogative.

Terkadang kita akan menemukan kata “please” ditambahkan di bagian awal atau akhir dari sebuah imperative sentence, namun jangan tertipu, kata tersebut hanyalah tambahan agar perintah atau permintaan yang kita sampaikan terdengar lebih sopan, dan bukan berarti bahwa kalimat tersebut tidak di awali dengan sebuah verb.

Tanda baca atau punctuation mark yang bisa mengikuti imperative sentence ini ada dua, yaitu full stop (tanda titik) atau exclamation mark (tanda seru). Jika command atau perintah tersebut membutuhkan penekanan yang kuat, atau melibatkan strong emotion (emosi yang kuat), maka gunakanlah tanda seru untuk mengakhiri kalimat imperatif tersebut.

Penggunaan Imperative Sentence Sehari Hari

Seperti yang telah kami sampaikan di awal bahwa ada begitu banyak aktifitas kita sehari hari yang berhubungan dengan penggunaan imperative sentence ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang berhubungan dengan penggunaan imperative sentence yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Memberi Perintah Secara Langsung

Hal pertama yang tentu bisa kita lakukan dengan menggunakan imperative sentence adalah memberi perintah secara langsung. Hal ini bisa kita lakukan secara tertulis maupun lisan. Jika kita sadari, setiap harinya kita pasti menggunakan kalimat imperatif walau hanya satu kali, contohnya saja saat kita ingin membangunkan anggota keluarga kita yang masih tidur pulas di waktu subuh tentu kita akan menggunakan imperative sentence disini.

Contoh Kalimat Perintah Dalam Bahasa Inggris

Close the curtain!

Clean the whiteboard!

Hit the brake!

Drop your weapon!

Give me the spoon!

Memberi Larangan (Prohibition)

Imperative sentence bisa kita gunakan juga dalam memberikan larangan. Biasanya kita akan menemui contoh larangan seperti ini di tempat tempat umum. Kami telah mengumpulkan beberapa contoh penggunaan imperative sentence sebagai larangan, beberapa contoh yang kami tampilkan berikut ini mungkin sudah tidak asing bagimu.

Contoh Kalimat Prohibition Dalam Bahasa Inggris

Do not enter!

Don’t step on the grass!

Do not cross this line!

Don’t touch the surface of the oven!

Memberi Tahu Arah (Showing Direction)

Jika kita sedang jalan jalan ke Amerika dan bertanya lokasi suatu tempat kepada penduduk lokal, maka mereka akan menggunakan imperative sentence untuk menunjukkan arah yang harus kamu tuju untuk menemukan tempat yang kamu cari.

Contoh Kalimat Showing Direction Dalam Bahasa Inggris

Go straight to Elm street, and then turn left, walk for about two hundred metres and the building is right accross the street.

Memberi Petunjuk (Giving Instruction)

Imperative sentence juga akan sering kita jumpai dalam teks procedure yang berisi petunjuk (instruction) untuk melakukan sesuatu. Dalam penggunaannya di dunia nyata, contoh procedure text bisa kita jumpai dalam manual book dari sebuah alat elektronik serta dalam berbagai contoh procedure text Bahasa Inggris yang bisa kita jumpai di internet.

Contoh Kalimat Giving Instruction Dalam Bahasa Inggris

To turn on your new device for the first time, follow these following instruction:

1.Open the back cover of the phone.

2.Place the battery in the back side of the phone.

3.Close the back cover.

4.Press the power button for about three seconds until the phone vibrate.

5.Wait until the home screen show up.

Itulah tadi beberapa contoh penggunaan imperative sentence yang sering kita jumpai dalam kegiatan kita sehari hari. Tentunya masih banyak lagi contoh lain yang bisa kita temui dalam keseharian kita, namun kami harap beberapa contoh yang kami tampilkan telah mewakili contoh nyata penggunaan imperative sentence.

Sekarang sobat sudah mengerti kan apa itu imperative sentence dan seberapa pentingnya pengetahuan tentang materi ini dalam kehidupan kita sehari hari. Semoga dengan membaca informasi yang kami sajikan dalam artikel ini, sobat akan bisa menggunakan atau membuat sendiri contoh kalimat perintah dalam Bahasa Inggris. Terimakasih banyak untuk kunjungannya, semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat dan sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Imperative Sentence (Kalimat Imperatif Bahasa Inggris) – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-imperative-sentence – Diakses tanggal 27 Februari 2017
  2. Imperative Sentence – http://englishsentences.com/imperative-sentence/ – Diakses tanggal 27 Februari 2017
  3. Pengertian, Rumus Dan Contoh Kalimat Imperative Terlengkap – http://www.studybahasainggris.com/pengertian-rumus-dan-contoh-kalimat-imperative-terlengkap/ – Diakses tanggal 27 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *