Hindari Kesalahan Umum Penggunaan Preposition Berikut Ini


Hingga saat ini, tidak sedikit orang yang masih sering melakukan kesalahan dalam menggunakan preposition Bahasa Inggris. Salah satu penyebabnya mungkin karena belum banyak yang memperhatikan materi tentang preposition dengan serius. Sebagian orang bahkan menganggap preposition sebagai kata kata singkat yang tidak begitu bermakna, dan meski penggunaannya tertukar antara satu preposition dengan yang lainnya, tidak begitu mengganggu dalam penyampaian informasi khususnya pada saat berbicara.

Pendapat tersebut mungkin ada benarnya, namun aturan penggunaan preposition sudah ada dalam tatanan grammar Bahasa Inggris, jadi suatu saat kita akan menemui soal Bahasa Inggris yang menguji pengetahuan kita tentang aturan penggunaan preposition yang benar. Apa jadinya jika kita belum siap? Pastinya kita akan kesulitan menyelesaikan soal tersebut.

Mempelajari cara penggunaan preposition satu persatu mungkin akan memakan waktu yang cukup lama. Karena jumlah preposition dalam Bahasa Inggris sangat banyak, bahkan ada beberapa preposition yang bisa berperan ganda (memiliki arti lebih dari satu). Jika sobat belum sempat mempelajari semuanya, paling tidak hindarilah beberapa kesalahan umum penggunaan preposition dalam Bahasa Inggris berikut ini. – Bigbanktheories.com

Related: Split Infinitive, Cara Lama Yang Masih Digunakan Hingga Kini
Kesalahan Dalam Menggunakan Preposition

Contoh Penggunaan Preposition Yang Salah

Contoh Penggunaan Preposition Yang Salah

Beberapa contoh preposition di bawah ini adalah kumpulan preposition yang memiliki makna yang mirip sehingga banyak sekali orang yang sering keliru dan tertukar saat menggunakannya dalam kalimat. Pelajarilah contoh dan penjelasan yang kami berikan agar sobat jadi pelajar yang Smart gitu lho.

In atau At

Baik “In” dan juga “At” keduanya memiliki arti yang sama yaitu “Di”. Kedua preposition ini sama sama bisa digunakan untuk menunjukkan tempat, namun ingat ada aturannya lho untuk masing masing kata tersebut, berikut penjelasannya.

Preposition “In” biasanya digunakan di depan nama negara, kota besar, atau bisa juga digunakan untuk menunjukkan tempat dimana pembicara sedang berada. Perhatikan contoh berikut:

Ericson lives in Jakarta. (Benar)

Ericson lives at Jakarta. (Salah)

Preposition “At” biasanya digunakan di depan nama kota kecil, desa, nomer alamat, atau bisa juga digunakan untuk membicarakan suatu lokasi yang letaknya jauh dari si pembicara. Perhatikan contoh berikut:

I visited my aunt and uncle at Condet. (Benar)

I visited my aunt and uncle in Condet. (Salah)

Beside atau Besides

Perbedaan “Beside” dan “Besides” terlihat sepele spertinya ya sobat, sangat wajar jika masih banyak yang salah dalam menggunakannya. Tapi taukah kamu sebenarnya pengertian “Beside” dan “Besides” itu berbeda jauh? Perhatikan contoh dan penjelasan berikut ini, kamu pasti akan terkejut, Uwoow.

Beside artinya di samping atau di sebelah (by the side). Contoh penggunaan kata Beside yang tepat adalah seperti berikut ini:

Who is the tall man standing beside you in this photo?

(Siapa pria tinggi yang berdiri di samping kamu dalam foto ini?)

Besides bermakna tambahan atau selain (in addition to). Contoh penggunaan kata Besides yang tepat adalah seperti berikut ini:

We learn Archery besides Fencing.

(Kami juga belajar Panahan selain Anggar.)

Between atau Among

Kata “Between” dan “Among” jika kita terjemahkan memiliki arti yang sama yaitu “Diantara”. Namun kita perlu tau bahwa perbedaan antara Between dan Among terletak pada kondisi yang digambarkannya. Penjelasan singkat dan contoh berikut ini akan membantumu dalam memahami cara penggunaan kata Between dan Among yang tepat.

Between hanya digunakan untuk mengungkapkan posisi diantara dua benda saja. Jadi saat sesuatu berada ditengah atau diantara dua hal gunakanlah Between. Berikut ini adalah contoh penggunaan kata Between dalam kalimat yang tepat.

Somewhere between your heart and mine.

(Di suatu tempat diantara hatimu dan hatiku.)

Kata Among digunakan untuk membicarakan kondisi diantara beberapa benda yang jumlahnya lebih dari dua. Berikut ini adalah contoh penggunaan kata Among dalam kalimat yang tepat.

Nowadays, drugs abuse among students is still a major problem.

(Saat ini, penyalahgunaan obat obatan diantara para siswa masih menjadi masalah utama.)

For atau At

Preposition “For” dan “At” juga bisa digunakan dalam menyatakan harga. Jika kita carikan padanan katanya dalam Bahasa Indonesia, maka terjemahan yang tepat untuk keduanya adalah “Seharga” dan “Dengan harga”. Penjelasan dan contoh di bawah ini akan membuatmu mengerti apa perbedaan antara For dan At saat digunakan untuk menyatakan harga suatu barang.

For kita gunakan saat jumlah atau nominal harga nya disebutkan dalam kalimat. Berikut ini adalah contoh penggunaan For dalam kalimat yang tepat.

I bought this shoes for ten dollar.

(Saya membeli sepatu ini seharga sepuluh dolar.)

At kita gunakan saat jumlah atau nominal harganya tidak disebutkan. Berikut ini adalah contoh penggunaan At dalam kalimat yang tepat.

The citizen will not be able to buy the medicine at such a price.

(Masyarakat tidak akan mampu membeli obat itu dengan harga seperti itu)

Beda In dengan Into Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Preposition In dan Into

In atau Into

Salah satu preposition dalam Bahasa Inggris yang masih sering membingungkan bagi sebagian besar orang adalah perbedaan “In” dan “Into”. Hingga saat ini, masih banyak yang menganggap keduanya mengandung pengertian yang sama. Tapi apa memang begitu? Baca penjelasan berikut ini.

Preposition “In” jika kita terjemahkan artinya adalah “Di dalam”. Penggunaan preposition ini dalam kalimat menunjukkan bahwa kita sedang membicarakan suatu benda yang berada di dalam benda lain. Dengan kata lain, saat kita menggunakan kata “In” maka yang menjadi fokus kita adalah posisi atau letak suatu benda. Berikut ini adalah contoh penggunaan In dalam kalimat yang tepat.

The ring is in the box.

(Cincin itu di dalam kotak.)

Preposition “Into” jika kita terjemahkan artinya adalah “Ke dalam”. Penggunaan preposition ini dalam kalimat bukan menunjukkan posisi atau letak, namun menunjukkan pergerakan menuju ke arah dalam. Dengan kata lain saat kita kita menggunakan kata “Into” maka yang menjadi fokus kita adalah proses perpindahan nya. Berikut ini adalah contoh penggunaan Into dalam kalimat yang tepat.

The cat walk slowly into the cage.

(Kucing itu berjalan perlahan kedalam kandang.)

In, On atau At

Ketiga preposition In, On dan At sama sama bisa digunakan untuk menunjukkan waktu, namun tentu ada aturan tersendiri yang membedakan penggunaan ketiganya. Simak penjelasan singkatnya di bawah ini.

Preposition On jika kita terjemahkan artinya adalah “Pada”. Kita bisa menggunakan preposition On jika informasi yang dikenalkan adalah nama nama hari dan nama bulan. Berikut ini adalah contoh penggunaan kata On dalam kalimat yang tepat.

I have a job interview with Sakura Company on Monday.

(Saya ada interview pekerjaan dengan perusahaan Sakura pada hari senin.)

Preposition At jika kita terjemahkan artinya adalah “Pada”. Kita bisa menggunakan preposition At ini jika informasi yang dikenalkan berkaitan dengan keterangan waktu yang pasti (jelas dan rinci), misalnya saja: at three o’clock, at dawn, at noon, at sunset, at midnight. Berikut ini adalah contoh penggunaan kata At dalam kalimat yang tepat.

The train usually arrives at three o’clock.

(Kereta itu biasanya tiba pada jam tiga.)

Preposition In jika kita terjemahkan artinya adalah “Pada”. Kita bisa menggunakan preposition In ini jika informasi yang akan kita kenalkan berupa sebuah rentang masa atau periode waktu, misalnya saja: in October, in Summer, in 1991, in the afternoon, dsb. Beberapa yang kami contohkan tersebut dianggap sebagai periode waktu karena memang ada durasi nya, contohnya saja saat kita menyebutkan in October, hal ini karena bulan oktober memiliki durasi yang bisa kita ukur dengan jumlah hari misalnya, dan biasanya penggunaan preposition In ini akan menunjukkan kejadian yang akan muncul atau telah muncul selama rentang waktu tersebut. Berikut ini adalah contoh penggunaan kata In dalam kalimat yang tepat.

I was born in October.

(Saya lahir pada bulan Oktober.)

Ada sedikit tambahan, berikut ini adalah aturan khusus dalam menunjukkan waktu: at night (pada malam hari) dan by day (pada siang hari).

By atau With

Meski sebenarnya cukup jelas perbedaan antara preposition By dan With, namun tidak sedikit yang masih sering keliru dalam menggunakannya. Hal ini karena, jika tidak berhati hati dalam menerjemahkan, kedua kata ini bisa memiliki arti yang sama yaitu “Dengan”. Baca penjelasan singkatnya di bawah ini.

Preposition By saat digunakan dalam kalimat fungsinya adalah untuk menunjukkan pelaku suatu aksi atau perbuatan. Dengan begini terjemahan yang lebih baik kita gunakan sebagai arti dari By adalah “Oleh”. Berikut ini adalah contoh penggunaan kata By dalam kalimat yang tepat.

The bear was caught by the Ranger.

(Beruang itu telah ditangkap oleh polisi hutan.)

Preposition With digunakan untuk menunjukkan cara atau alat yang digunakan dalam melakukan suatu aksi. Terjemahan yang cocok untuk kata ini adalah “Dengan”. Berikut ini adalah contoh penggunaan kata With dalam kalimat yang tepat.

The Ranger caught the bear with a large net.

(Polisi hutan itu menangkap beruang dengan sebuah jaring yang besar.)

Except atau Besides

Kata Except dan Besides terkadang membingungkan bagi kita saat kita ingin mengungkapkan sebuah pengecualian. Padahal seperti yang telah kita bahas di atas bahwa meskipun bisa di artikan “Selain” namun penggunaan kata Besides dalam kalimat mengandung makna penambahan. Sedangkan makna yang di ungkapkan dengan penggunaan kata Except adalah “kurang” atau juga bermakna “menghilangkan” sesuatu. Perhatikan contoh berikut ini.

I have other Naruto figures besides these.

(Saya punya patung Naruto yang lain selain yang ini.)

Dalam kalimat ini, yang dimaksud oleh pembicara adalah selain patung karakter Naruto yang sedang dia bicarakan dengan pendengar saat itu, dia masih punya patung lainnya. Bandingkan dengan contoh berikut.

I have other Naruto figures except these.

(Saya punya patung Naruto yang lain kecuali yang ini.)

Di sini, jika kita ilustrasikan situasinya adalah si pembicara sedang jalan jalan ke toko yang menjual patung karakter naruto, kemudian dia melihat lihat koleksi patung di toko itu, tiba tiba dia melihat ada patung karakter naruto yang “belum” dia miliki dari sekian banyak koleksi nya di rumah. Ibaratnya si pembicara mengatakan “yang lain saya sudah punya, tapi yang ini saya belum punya.”

In atau Within

In dan Within sama sama sering digunakan untuk menyatakan durasi atau rentangan waktu. Namun kita perlu tau bahwa ada perbedaan dari segi makna yang terkandung dalam penggunaan kedua preposition ini. Berikut penjelasan singkatnya.

Saat kita menggunakan preposition “In” maka yang kita maksudkan adalah keadaan setelah durasi waktu yang kita sebutkan berakhir (after the end of). Misalnya saja “in 15 minutes” ini artinya jika ada suatu hal yang akan terjadi, hal tersebut akan terlaksana setelah 15 menit itu habis atau berakhir. Perhatikan contoh kalimat berikut:

Mr. Dominic Toretto will be back to his office in 15 minutes.

(Tuan Dominic Toretto akan kembali ke kantornya dalam 15 menit.)

Jika kita menggunakan preposition “Within” maka yang kita maksudkan adalah keadaan sebelum durasi waktu yang kita sebutkan berakhir (before the end of). Dengan begitu “within 15 minutes” bararti dalam kurun waktu 15 menit itu suatu hal yang akan terjadi mungkin saja terjadi di menit ke 5, ke 10 bahkan ke 14. Perhatikan contoh kalimat berikut:

I believe they will score a goal within 2 minutes.

(Saya yakin mereka akan mencetak gol dalam 2 menit.)

Itulah tadi sobat beberapa kesalahan umum penggunaan preposition dalam Bahasa Inggris. Kami harap setelah membaca artikel ini sobat bisa menghindari kesalahan kesalahan tersebut. Terimakasih banyak atas kunjungannya hari ini, semoga informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat, sampai ketemu lagi dalam materi menarik lainnya.

Referensi:

  1. Penggunaan Preposisi Yang Sering Salah – Kahar, Joko S. (2015). Kesalahan – Kesalahan Fatal Penggunaan Kata Dalam Bahasa Inggris.Yogyakarta: Araska.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *