Hear Dan Listen Itu Berbeda Pengertian Dan Penggunaannya Lho


Meskipun sedikit saja tapi kata hear dan listen itu memang berbeda lho sobat. Perbedaan ini tidak hanya dalam pengertian dari masing masing kata tersebut saja, namun penggunaannya juga berbeda. Oleh karena itu hal ini wajib kamu ketahui, karena kalau tidak, kamu bisa saja salah lho dalam menggunakan kata tersebut.

Kata hear dan listen keduanya merupakan verb yang berhubungan dengan indera pendengaran. Inilah yang menyebabkan keduanya sering dianggap memiliki arti yang sama yaitu mendengar. Padahal ternyata tidak seperti itu lho sobat, ada kegunaan khusus untuk masing masing kata tersebut. Ayo kta pelajari bersama perbedaan hear dan listen dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Pengertian Dan Contoh Penggunaan Kata Hear Dan Listen

Perbedaan Hear Dan Listen

Perbedaan Hear Dan Listen

Untuk memahami perbedaan antara kata “hear” dan “listen” kita harus mengetahui terlebih dulu penjelasan dan pengertian masing masing kata tersebut. Berikut ini sudah kami sediakan penjelasan untuk masing masing kata beserta contoh kalimat menggunakan kata hear dan listen.

Related: Nama Hari Dalam Bahasa Inggris Dan Istilah Unik Tentang Hari

Pengertian Kata Hear

Arti hear dalam Bahasa Indonesia adalah “mendengar”. Sedangkan saat kami mencari penjelasan maknanya dengan menggunakan kamus Inggris-Inggris pemaparan yang kami dapatkan adalah sebagai berikut : Hear – to be aware of sounds coming through your ears (you are not paying attention to the sounds), atau penjelasannya dalam Bahasa Indonesia adalah “menyadari adanya bunyi/suara datang melewati telingamu (kamu tidak memperhatikan bunyi tersebut)”.

Contoh Penggunaan Kata Hear

She can’t hear you. She is deaf.

(Dia tidak bisa mendengarmu. Dia tuli.)

Speak louder please! I can’t hear you.

(Tolong bicara dengan lebih nyaring! Saya tidak bisa mendengar kamu.)

I was laying on the floor when I heard a knock at the door.

(Saya sedang berbaring di atas lantai ketika saya mendengar suara ketukan di pintu.)

Itulah tadi beberapa contoh penggunaan kata hear dalam kalimat yang akan sering kamu jumpai dalam aktivitasmu sehari hari. Dari beberapa contoh di atas kita bisa melihat bahwa kata hear inilah yang berhubungan dengan kemampuan atau fungsi salah satu alat indera kita yaitu telinga. Dalam penggunaannya kata “hear” ini bisa berfungsi sebagai transitive verb dan juga intransitive verb. Dan sebagai sebuah verb tentunya kata hear juga memiliki perubahan bentuk. Bentuk ke 2 dan 3 dari hear adalah “heard”.

Pengertian Kata Listen

Arti listen dalam Bahasa Indonesia adalah “mendengarkan”, nah dari sini kita bisa lihat ya sobat ada sedikit perbedaan dalam arti kata antara hear dan listen, tapi mungkin belum cukup ya untuk membuat kita paham perbedaan antara keduanya. Untuk itu kamipun mencari pemaparan maknanya dengan menggunakan kamus Inggris-Inggris dan inilah yang kami dapatkan: Listen – to concentrate on a sound that you can hear / to make an effort to hear someone or something, atau penjelasannya dalam Bahasa Indonesia adalah “berkonsentrasi pada suara yang bisa kamu dengar / melakukan suatu usaha untuk mendengar seseorang atau sesuatu”.

Contoh Penggunaan Kata Listen

Manda is listening to the radio when I came.

(Manda sedang mendengarkan radio ketika saya datang.)

Listen to me! Everything is going to be all right.

(Dengarkan saya! Semuanya akan baik baik saja.)

I listen to the news about earthquake in Aceh on the radio.

(Saya mendengarkan berita tentang gempa bumi di Aceh melalui radio.)

Itulah sobat beberapa contoh penggunaan kata listen dalam kalimat. Perlu diketahui ya sobat, dalam penggunaannya di dalam kalimat, kata listen ini berperan sebagai intransitive verb. Bentuk ke 2 dan 3 dari listen adalah “listened”, dan ini artinya kata listen termasuk kedalam regular verb.

Sampai disini apakah sudah bisa dimengerti sobat perbedaan hear dan listen dalam Bahasa Inggris? Jika kamu masih belum yakin baca dulu penjelasan paling sederhana tentang perbedaan hear dan listen berikut ini, semoga bisa membantu.

Penjelasan Paling Sederhana Tentang Perbedaan Hear Dan Listen

Selama kita punya telinga dan kita tidak tuli maka kita bisa mendengar (hear). Kita tidak bisa mengontrolnya (hear) apakah kita ingin atau tidak ingin, selama kita memiliki telinga yang baik dan kita berada dekat dengan sumber suara (dalam jarak suara masih mungkin di dengar) maka kita akan mendengarnya. Inilah kondisi yang digambarkan dengan kata “Hear”.

Berbeda dengan kata “hear”, situasi yang diwakili oleh kata “listen”adalah sebuah keadaan dimana kita bisa mengontrol apakah kita ingin mendengarkan (listen) suara tersebut atau tidak, ini juga mewakili situasi dimana kita secara sengaja atau berniat untuk mendengarkan sesuatu dan memfokuskan perhatian terhadap seseorang atau sesuatu yang merupakan sumber bunyi tersebut.

Jadi bisa dikatakan bahwa perbedaan dasar antara hear dan listen adalah ada atau tidaknya unsur kesengajaan. Kalau listen itu sengaja dilakukan, sedangkan hear secara tidak sengajapun kita mendengar. Contoh berikut ini mungkin akan mengilustrasikan penjelasan di atas dengan baik.

Contoh:

I was listening to music when I heard a knock at the door.

(Saya sedang mendengarkan music ketika saya mendengar suara ketukan di pintu.)

Dalam contoh tersebut “listening to music” merupakan kegiatan yang dengan sengaja dilakukan oleh subject, kemudian ada suara “a knock at the door” dan subject pun mendengarnya tanpa melakukan apa apa.

Sekarang bagaimana sobat, sudah mengertikan beda antara kata hear dan listen itu seperti apa. Secara umum penjelasan yang telah kami berikan barusan akan bisa membantumu dalam menggunakan kata hear dan listen dengan tepat, namun masih ada beberapa penggunaan khusus untuk kedua kata ini. Mari kita simak sebentar sebagai penutup materi kali ini.

Penggunaan Khusus Kata Hear Dan Listen

Kata hear umumnya tidak digunakan dalam continuous tense.

Contoh: I am hearing you. (Salah)

Kata hear untuk “public performances”

Berkaitan dengan public performance seperti concerts, talks, dan lectures kita menggunakan kata “hear”.

Contoh: Our family went to Lapangan Merdeka to hear the governor’s speech yesterday.

Kata listen untuk “non public performances”

Contoh: Have you ever listen to your mother?

Dengan melihat contoh di atas kita jadi tau bahwa makna yang terkandung dalam kata hear dan listen pun bisa berubah sesuai dengan kalimatnya contohnya saja pada kalimat “listen to your mother”, tentunya terbayang di pikiran kita, kata “listen” disini tidak hanya bermakna si subject diam dan mendengarkan ibunya, namun tentunya lebih dari itu. Mudah mudahan pemahaman ini bermanfaat bagimu ya, jangan lupa untuk membagikan artikel ini di sosmed kamu jika kamu merasa artikel ini menarik dan bermanfaat. Terimakasih untuk kunjungannya.

Referensi:

  1. How To Use the English Verbs “Listen” and “Hear” – http://www.englishteachermelanie.com/how-to-use-the-english-verbs-listen-and-hear/ – Diakses tanggal 16 Desember 2016
  2. Perbedaan antara Hear dan Listen – http://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-hear-listen – Diakses tanggal 16 Desember 2016
  3. Hear or Listen? – https://www.englishclub.com/vocabulary/cw-hear-listen.htm – Diakses tanggal 16 Desember 2016
  4. Perbedaan antara kata “hear” dan “listen” – http://hermawayne.blogspot.co.id/2009/02/perbedaan-antara-kata-hear-dan-listen.html – Diakses tanggal 16 Desember 2016
  5. Perbedaan “Listen” dan “Hear” Beserta Contoh Kalimatnya – http://belajarbahasainggrisonline-gratis.blogspot.co.id/2015/10/perbedaan-listen-dan-hear-contoh-kalimatnya.html – Diakses tanggal 16 desember 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *