Go vs Get Dan Berbagai Penggunaannya Dalam Bahasa Inggris


Saat berdiri sendiri sebagai sebuah kata, go dan get memang sangat jauh berbeda. Terutama dari arti masing masing kata tersebut, “go” yang artinya “pergi” dan “get” yang artinya “memperoleh”. Namun taukah kamu bahwa ada beberapa ungkapan atau expression yang menggunakan kedua kata ini dan memiliki kemiripan dari segi makna? Kalau kamu belum tau jangan khawatir sobat, karena kita akan membahasnya bersama dalam artikel ini.

Beberapa expression seperti “Go To dan Get To”, “Go There dan Get There” serta beberapa penggunaan adjective bersama kata go dan get seperti “Go Wrong dan Get Angry” memiliki makna yang mirip, sehingga masih sering membingungkan bagi sebagian orang. Supaya kita tidak bingung lagi dalam menentukan penggunaan kata go dan get dalam kalimat, ayo kita pelajari bersama materi baru ini. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Go Dan Get Dalam Berbagai Expressions Bahasa Inggris

Go Vs Get Dan Berbagai Penggunaannya Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Go dan Get Dalam Berbagai Expression Bahasa Inggris

Go dan Get sering digunakan dalam beberapa common expressions (ungkapan umum) dalam Bahasa Inggris yang bermakna mirip. Meski menentukan perbedaan antara expressions tersebut tidak mudah, namun dalam artikel kali ini, kita akan mencoba mempelajari bersama apa perbedaan antara go dan get dalam berbagai ungkapan tersebut. Berikut ini adalah beberapa common expressions menggunakan kata go dan get beserta penjelasannya.

Related: Beda Penggunaan Few Dan Little Yang Perlu Kita Ketahui

Go To vs. Get To

Jika berdiri sendiri, ucapan “Go to” bisa diterjemahkan sebagai “pergi ke” atau dalam Bahasa Inggris nya “travel to”, sedangkan “Get to” bisa kita artikan sebagai “sampai di” atau dalam Bahasa Inggris nya sama dengan “arrive at”. Namun saat digunakan dalam kalimat, keduanya bisa menghasilkan makna yang berbeda tergantung dengan kalimat yang sedang digunakan, untuk itu kita akan membahasnya dengan menampilkan beberapa contoh kalimat. Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

I go to school by car. (Saya pergi ke sekolah dengan mobil.)

I will get to school at 7.30. (Saya akan tiba di sekolah pukul 7.30.)

Dalam kedua contoh kalimat di atas, pola “go to” dan “get to” sama sama digunakan untuk membicarakan hal yang berhubungan dengan perjalanan. Namun yang membedakannya adalah, pada kalimat pertama expression “go to” lebih fokus kepada proses perjalanannya, sedangkan pada kalimat kedua ungkapan “get to” lebih fokus pada akhir perjalanan tersebut. Agar lebih jelas, kami akan menambahkan satu contoh kalimat lagi yang mirip dengan kalimat di atas:

I will get to the station at 09.00. (Saya akan tiba di stasiun pukul 09.00)

I will go to the station at 09.00. (Saya akan pergi ke stasiun pukul 09.00)

Bagaimana, lebih terlihat ya perbedaannya, jika kita menggunakan “go to” seperti pada kalimat kedua, ini artinya kita baru akan berangkat pukul 09.00, sedangkan saat kita menggunakan “get to” seperti dalam kalimat pertama, ini artinya pada pukul 09.00 kita sudah berada di stasiun. Mari kita lihat contoh kalimat lainnya.

How do you go to work?

How do you get to work?

Kedua contoh kalimat ini sekilas terlihat sama ya, dan jika kita belum pernah mempelajarinya, mungkin kita juga akan menerjemahkannya dengan arti yang sama yaitu “bagaimana kamu pergi bekerja?”. Hal ini sangat wajar, karena ternyata hingga saat ini masih ada perbedaan pendapat tentang makna pertanyaan di atas. Ada sebagian yang menganggap bahwa kedua kalimat di atas sama saja dan bisa digunakan secara bergantian dan ada juga yang percaya bahwa ada unsur custom atau kebiasaan dari native speaker Bahasa Inggris yang menentukan atau mempengaruhi makna kedua pertanyaan di atas.

Kami pun baru mengetahui hal ini setelah membaca beberapa sumber di internet yang mendiskusikan makna expression go to dan get to. Bagi yang menganggap bahwa kedua kalimat tanya di atas berbeda, kalimat pertama digunakan untuk menanyakan jenis kendaraan atau transportasi apa yang digunakan, sedangkan kalimat kedua digunakan untuk menanyakan rute atau jalur yang ditempuh untuk pergi ke tempat bekerja.

Go to it! (pergi kesana)

Get to it! (mulai kerjakan)

Ini juga merupakan salah satu common expression dalam Bahasa Inggris yang menggunakan kata go dan get. Jika kita lihat dari kata kata lain yang menyertainya, kedua kalimat tersebut sama persis, namun ternyata makna yang dihasilkan berbeda jauh.

Go There vs. Get There

Saat berdiri sendiri sebagai sebuah expression, “Go there” bisa diartikan sebagai “pergi kesana” sedangkan “get there” bisa diterjemahkan sebagai “tiba disana”, namun saat digunakan dalam kalimat yang lebih panjang, keduanya juga bisa menghasilkan makna yang berbeda tergantung dengan kalimat yang sedang digunakan, untuk itu kita akan membahasnya dengan menampilkan beberapa contoh kalimat. Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

You can go there by car.

You can get there by car.

Untuk kedua kalimat di atas, ternyata keduanya dianggap sama dan bisa digunakan secara bergantian. Namun hal yang sama tidak berlaku untuk kalimat berikut ini:

I will kiss my daughter once I go there.

I will kiss my daughter once I get there.

Dari kedua contoh kalimat ini, kalimat pertama ternyata tidak tepat jika dilihat dari makna yang ingin di ungkapkan. Karena situasi yang diceritakan dalam kalimat tersebut adalah seorang ayah atau ibu yang berada di suatu tempat yang berbeda dengan lokasi anak perempuannya saat ini, maka ia pun melakukan perjalanan untuk menemui sang anak, lalu ia pun mengatakan “saya akan mencium anak perempuan saya segera setelah saya tiba disana” dan bukan “segera setelah saya pergi kesana”.

Bagaimana sobat? Sudah bisa dipahami? Kami harap penjelasan yang kami berikan tentang perbedaan go dan get dalam berbagai common expression in English di atas bisa dimengerti dengan mudah ya.

Beberapa Adjective Yang Sering Digunakan Bersama Kata Go dan Get

Ada beberapa adjective (kata sifat) yang sering digunakan bersama kata go dan get, dan umumnya gabungan kata ini akan membentuk makna baru. Dengan mengetahui pasangan adjective dan kata go serta kata get ini akan membuat penggunaan Bahasa Inggrismu terkesan lebih natural, jadi cobalah untuk berlatih menggunakannya dalam kalimat baik saat berbicara maupun saat menulis.

Adjective Yang Bisa Dipakai Bersama Kata Go

Go bad, Go bald, Go blind, Go flat, Go crazy, Go deaf, Go grey, Go brown, Go mad, Go wrong.

Adjective Yang Bisa Dipakai Bersama Kata Get

Get angry, Get dark, Get hot, Get ill, Get late, Get light, Get old, Get older, Get ready, Get sick, Get tired, Get warm, Get wiser.

Oke deh sobat, itulah sekilas materi yang bisa kami tampilkan seputar penggunaan kata go dan get dalam berbagai expression dalam Bahasa Inggris. Jika informasi yang kami tampilkan belum lengkap dan terdapat kesalahan, kami mohon maaf dan harap bisa dimaklumi karena kami bukan ahli dan masih perlu banyak belajar. Sekian artikel tentang go vs get kali ini, semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat pembaca semua, terimakasih atas kunjungannya.

Referensi:

  1. Perbedaan dan Contoh Kalimat Go dan Get – https://www.wordsmile.com/perbedaan-contoh-kalimat-go-get – Diakses tanggal 20 Maret 2017
  2. go to vs. get to – http://forum.thefreedictionary.com/postst2549_go-to-vs–get-to.aspx – Diakses tanggal 20 Maret 2017
  3. get to vs go to – https://forum.wordreference.com/threads/get-to-vs-go-to.2657169/ – Diakses tanggal 20 Maret 2017
  4. go there vs get there – https://www.italki.com/question/136262 – Diakses tanggal 20 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *