Gerund Phrase Dibahas Lengkap Dengan Arti Dan Contohnya


Gerund phrase itu sebenarnya nggak sulit lho sobat, asalkan kita sudah pernah mempelajari tentang Gerund dalam Bahasa Inggris dan juga kita tau apa yang dimaksud dengan Phrase, maka dengan mendengar namanya saja kita mungkin langsung bisa membayangkan seperti apa contohnya yang pernah kita jumpai dalam keseharian kita. Masalahnya adalah sampai sekarang, membahas materi Gerund di sekolah itu masih dianggap materi tingkat atas yang sulit bagi sebagian orang, apalagi ditambah dengan ekor dibelakangnya menjadi Gerund Phrase, waduh membayangkannya aja sudah ngeri haha, pasti bikin pusing deh pokoknya.

Tapi taukah kamu, jika kita bahas secara lengkap, rinci dan bertahap mulai dari pengertian Gerund dan Phrase serta contohnya, materi ini akan menjadi enak untuk dipahami, bahkan mungkin bisa menjadi salah satu materi favorit kamu. Karena dengan menggunakan sebuah Gerund Phrase dalam kalimat, kita akan mampu membuat bagian kalimat tersebut menjadi lebih panjang, lebih jelas dan memiliki deskripsi, sehingga kalimat yang kita ciptakan pun akan terdengar lebih menarik. Nah, kalau sudah begitu, kita pasti akan merasa jago deh menggunakan Bahasa Inggris, dan inilah yang akan membuat kamu menyukai materi ini. Sip ya sobat, langsung saja kita masuk ke pembahasan tentang Gerund Phrase di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Gerund Phrase Dalam Kalimat

Gerund Phrase Dibahas Lengkap Dengan Arti Dan Contohnya

Gerund Phrase Dan Penjelasan Lengkapnya

Gerund Phrase merupakan salah satu jenis phrase dalam Bahasa Inggris. Untuk bisa memahaminya, kita perlu memantapkan pemahaman kita dulu tentang pengertian Gerund dan juga pengertian Phrase itu sendiri. Untuk itu kami telah menyiapkan penjelasan singkat yang akan membantu menyegarkan kembali ingatan kita akan kedua materi tersebut.

Related: Prepositional Verb Dan Cara Mudah Memahaminya

Gerund adalah salah satu jenis verbal yang terbentuk dari sebuah verb (kata kerja) yang diberi akhiran –ing dan berfungsi sebagai noun (kata benda) dalam kalimat. Bagi sebagian orang, Gerund lebih dikenal dengan istilah verb –ing. Beberapa contoh Gerund misalnya: singing, traveling, taking, eating, talking, helping, having, making, spending, giving, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Phrase atau yang dalam Bahasa Indonesia nya kita sebut dengan frasa merupakan kumpulan kata kata yang mengekspresikan suatu konsep yang bermakna, berfungsi sebagai suatu unit dalam kalimat atau klausa, namun tidak mengandung pasangan subject- verb, jadi tidak bisa dikategorikan klausa atau kalimat. Sebuah phrase bisa terdiri dari sangat banyak kata sehingga terlihat panjang namun bisa juga terlihat pendek. Contoh pengembangan sebuah unit atau bagian kalimat menjadi Phrase yang lebih panjang misalnya: “a dog” berubah menjadi “A wet and stinky dog”.

Nah sekarang saatnya kita memahami apa itu Gerund Phrase. Untuk memahami pengertiannya, ingatlah bahwa sebuah Gerund Phrase akan selalu mengikuti aturan berikut ini:

1.Selalu diawali dengan Gerund.

2.Selalu terdiri dari modifier, dan seringnya terdiri dari object lain juga.

3.Selalu berfungsi sebagai noun.

4.Selalu menempati posisi subject, atau object, atau subject complement dalam sebuah kalimat.

Bagaimana sobat, sekarang sudah mulai terbayang kan seperti apa kira kira bentuknya sebuah Gerund Phrase dalam kalimat itu. Agar semakin mantap pemahamanmu, coba perhatikan contoh Gerund Phrase berikut ini:

Driving a car without a driving license is a big mistake in my country.

Meskipun terlihat sangat panjang, namun “Driving a car without a driving license” merupakan sebuah Gerund Phrase yang menempati satu posisi dalam kalimat tersebut yaitu “subject” dan berfungsi sebagai noun. Bila kita jabarkan, maka:

“Driving” merupakan contoh Gerund nya.

“a car” merupakan object dari Gerund.

“without a driving license” adalah modifier nya.

Perlu kita ingat bahwa sebuah noun akan selalu bisa digantikan oleh pronoun, maka untuk membuktikan bahwa frasa panjang di atas sebenarnya hanyalah sebuah unit dari kalimat tersebut yang berfungsi sebagai kata benda, maka kita bisa menguji nya dengan menggantikan Phrase tersebut dengan pronoun yang tepat, dalam hal ini adalah “it”. Maka kalimatnya akan menjadi:

It is a big mistake in my country.

Bagaimana sobat bisa dipahami kan penjelasan yang kami berikan. Selanjutnya kami akan menampilkan berbagai contoh Gerund Phrase yang lebih banyak lagi agar pemahaman sobat akan materi ini semakin luas.

Contoh Gerund Phrase Dalam Kalimat

Cooking for my family is my daily activity.

I like taking picture with my camera.

Spending some time with your family is very important.

Taking precaution is one of my duty as the security of the President.

My hobby is dancing in front of a mirror.

Itulah tadi beberapa contoh penggunaan Gerund Phrase dalam kalimat. Tidak sulit kan ternyata materi ini. Contoh kalimat ini sekaligus menjadi penutup artikel kali ini, jika ada yang masih bingung, jangan ragu untuk menanyakannya kepada tim kami melalui email atau kolom komentar di bagian bawah. Oh ya, artikel kami sebelumnya yang berjudul Daftar Verb Yang Bisa Diikuti Oleh Infinitive juga berisi informasi menarik lho untuk dibaca, pastikan kamu sempat mempelajarinya setelah ini ya. Terimakasih banyak atas kunjungannya hari ini, semoga pelajaran yang kami sajikan bermanfaat, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Gerund Phrase – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/nouns/gerund-phrase/ – Diakses tanggal 8 Mei 2017
  2. Pengertian dan Contoh Kalimat Gerund Phrase – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-gerund-phrase – Diakses tanggal 8 Mei 2017
  3. What is a Gerund Phrase? (With Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/gerund_phrase.htm – Diakses tanggal 8 Mei 2017
  4. Gerund Phrase – http://englishsentences.com/gerund-phrase/ – Diakses tanggal 8 Mei 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *