Generic Structure, Language Features Dan Jenis Recount Text


Recount text adalah teks yang kita gunakan saat kita akan menceritakan pengalaman atau peristiwa yang kita alami di masa lalu. Berbeda dengan narrative text, didalam recount text tidak terdapat konflik. Fokus recount text adalah menceritakan kejadian – kejadian yang kita alami di dalam peristiwa atau pengalaman yang kita ceritakan tersebut.

Recount text tentunya juga memiliki generic structure yang berbeda dengan teks lainnya. Begitu pula dengan language features dan jenis – jenis dari recount text, semuanya akan kita bahas dan pelajari dalam artikel ini. Buat sobat yang sudah penasaran, seperti apa sih generic structure, language features dan jenis recount text dalam Bahasa Inggris itu? Simak pemaparan berikut ini. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Lengkap Tentang Recount Text Dalam Bahasa Inggris

Pengertian, Generic Structure, Language Feature Dan Jenis Recount Text

Penjelasan Lengkap Tentang Recount Text Dalam Bahasa Inggris

Telah dijelaskan diatas bahwa recount text berisi tentang pengalaman kita di masa lalu. Dalam membuat cerita tentang pengalaman masa lalu kita ini, kita perlu memperhatikan Generic Structure dari recount text berikut ini:

Related: Generic Structure Dan Language Features Procedure Text

Generic Structure Recount Text

Orientation : An introduction that provides the setting and introduce participant. Pada bagian orientation awal inilah kita akan mengenalkan materi cerita kita beserta siapa kah yang terlibat dalam cerita ini.

Events : Telling the event in a sequence (Event 1, Event 2, Event 3, and so on). Dalam bagian inilah kita akan merangkai cerita dengan menceritakan kajadian – kejadian secara berurutan.

Reorientation : Optional, containing conclusion of the story. Bagian ini biasanya bersifat optional, yang artinya kita bisa memilih untuk tidak memakainya dalam cerita kita, jika dipakai, maka bagian ini akan berisi kesimpulan cerita dari recount text yang kita buat.

Language Features Recount Text

Seperti yang sudah kita pelajari bahwa sebuah teks akan memiliki cirri kebahasaan atau dalam istilah Bahasa Inggrisnya Language Features. Berikut inilah language features dari recount text:

Recount text fokus pada rentetan kejadian yang saling berhubungan dengan satu kejadian atau event yang lebih besar. Contohnya saja, yang sedang diceritakan adalah pengalaman saat hari raya idul fitri, maka kita bisa menceritakan, ada kejadian apa saja selama idul fitri tersebut.

Penggunaan simple past tense dan past continuous tense sangat sering. Tentu saja ya, karena dalam recount text kita menceritakan kejadian dimasa lampau.

Adanya penggunaan “temporal sequencer” seperti : Before, after, when, while, until, during dan sebagainya.

Jenis Recount Text Dalam Bahasa Inggris

Yang tidak ketinggalan untuk dibahas adalah jenis recount text, kita perlu mengenal ini karena memang ada beberapa jenis recount text dalam Bahasa Inggris.

Personal Recount : Dalam jenis ini, kisah dalam recount text melibatkan secara langsung sang penulis cerita sebagai salah satu tokoh dalam cerita tersebut. Contohnya : diary entries, interview, dan conversation.

Factual Recount : Ini adalah jenis recount text yang melaporkan tentang sebuah kejadian yang benar – benar terjadi. Contohnya: scientific experiment report, police report, dan newspaper report.

Imaginative Recount : Adalah jenis recount text yang menceritakan kejadian yang tidak nyata atau tidak benar – benar terjadi. Contohnya : teks contoh recount dalam buku – buku pembelajaran dan lainnya yang sebenarnya hanya karangan dan tidak berasal dari pengalaman nyata.

Okedeh, itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Generic Structure, Language Features Dan Jenis Recount Text dalam Bahasa Inggris. Silahkan dibaca berulang – ulang bila masih belum jelas, karena mungkin bahasa tulisan yang kami gunakan masih terdapat kekurangan dan tidak begitu jelas. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan langsung melalui kolom komentar dibagian bawah artikel ini. Untuk contoh recount text dalam Bahasa Inggris, kalian juga bisa menemukannya dalam website bigbanktheoires.com ini, yang akan kami sediakan pada kesempatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *