Generic Structure Dan Language Features Report Text


Mempelajari pengertian report text mungkin akan sedikit membingungkan kita. Karena berdasarkan pengertiannya, report text memang agak mirip dengan descriptive text. Kemiripan ini pun muncul pada generic structure dan language features dari report text. Lalu bagaimana sebenarnya penjelasan mengenai report text beserta generic structure dan language featuresnya yang tepat agar mudah memahaminya? Dan apa perbedaan antara report text dan descriptive text?

Menurut pengertiannya, report text adalah teks bacaan yang berisi fakta logis dan bertujuan untuk menjelaskan serangkaian fakta logis tersebut, misalnya seperti fenomena alam, benda buatan manusia, serta fenomena sosial. Terkadang, memang ada report text yang terkesan mirip sekali dengan descriptive text, namun perlu kita ingat, perbedaan antara report text dan descriptive text adalah, report text akan menggambarkan atau menjelaskan sesuatu secara umum, sedangkan descriptive text menggambarkan atau menjelaskan tentang satu hal yang spesifik saja. Contohnya saja, sebuah report text dapat dibuat dengan judul “Cat” sedangkan sebuah descriptive text dibuat dengan judul “My Cat”, dalam report text, kita akan membicarakan “Cat” secara umum, sedangkan dalam descriptive text, kita menjelaskan hanya tentang “My Cat” atau kucing saya.

Sekarang, mari kita simak penjelasan tentang generic structure dan language features dari report text berikut ini. – Bigbanktheories.com

Related: Surat Perjanjian Bisnis Dalam Bahasa Inggris Yang Formal
Penjelasan Lengkap Tentang Report Text Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan Report Text

Penjelasan Generic Structure Dan Language Features Report Text

Perhatikanlah penjelasan tentang generic structure dan language features dari report text dalam Bahasa Inggris berikut ini:

Generic Structure Report Text

General Classification : Tells what the phenomenon under discussion is. Bagian ini mengenalkan apa yang akan dibahas dalam teks report tersebut.

Description : Explain the phenomenon in terms of : parts (and their function), qualities, and habits or behavior. Pada bagian ini kita akan membuat pemaparan atau penjelasan tentang tema yang sedang dibahas dalam teks report tersebut, bagianinilah yang terkadang cenderung terlihat mirip dengan descriptive text, namun bedanya adalah dalam report text menjelaskan secara global atau umum.

Kedua bagian diatas itulah yang merupakan generic structure dari report text dalam Bahasa Inggris. Sekarang saatnya kita mengetahui tentang language features dari report text.

Language Features Report Text

Dalam hal penggunaan tenses, report text umumnya menggunakan simple present tense, namun sesekali juga bisa menggunakan past tense disaat hal yang dibahas merupakan suatu hal yang sudah punah.

Bahasa dalam sebuah report text haruslah bersifat netral dan objektif. Tidak boleh ada ekspresi yang menunjukkan opini kita terhadap hal yang sedang dibicarakan.

Penggunaan kalimat passif atau Passive Sentence sangat sering.

Umumnya dilengkapi dengan foto, diagram, peta dan juga ilustrasi.

Menggunakan “be” : is, am, are, was, were dalam klasifikasi.

Menggunakan kata kerja “have, has atau had” untuk memberikan deskripsi yang lebih detil.

Menggunakan adjectives atau kata sifat dalam menjelaskan qualities (kualitas).

Nah, itulah penjelasan tentang Generic Structure Dan Language Features Report Text yang bisa kami sediakan untuk sobat pembaca semua, semoga bermanfaat. Setelah mengetahui pengertian, generic structure dan juga language features dari report text, tentunya kita juga perlu melihat dan memperhatikan secara langsung contoh report text dalam Bahasa Inggris. Untuk itu, kami akan menyediakannya di website bigbanktheories.com ini, namun tentunya pada kesempatan lain. Terimakasih kunjungannya hari ini, semoga artikel – artikel kami bermanfaat dan disukai sobat semua, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *